Calvin Klein, Oscar de la Renta Sudah Tak Seperti Dulu Lagi

Stanley Dirgapradja20 Feb 2017, 15:15 WIB

Jakarta Calvin Klein Fall 2017

Dua situasi awam yang bisa mengubah tampilan sebuah fashion house ke level cukup fundamental: sosok utama yang memiliki nama fashion house tersebut sudah cukup tua dan ingin melakukan hal lain (atau sakit keras), atau otak kreatifnya berganti terus-menerus.

Situasi itu dihadapi oleh Calvin Klein dan Oscar de la Renta. Calvin Klein ditinggalkan oleh creative director untuk menswear dan womenswear sekaligus – lini perempuan ditangani oleh Fransisco Costa selama 12 tahun hingga tahun lalu. Sementara Oscar de la Renta sempat ditangani oleh Peter Copping hanya 2 musim, lalu tak memiliki siapapun di kemudi kreatif.

Beberapa sumber menulis, lini pakaian perempuan Calvin Klein yang ditangani Costa tak terlalu diharapkan untuk menjadi pendongkrak popularitas mau pun penghasilan brand itu. Estetika minimalis yang menjadi DNA Calvin Klein bagi beberapa pihak menciptakan kebosanan. Jadi, saat nama sebesar Raf Simons dipilih menjadi creative director begitu banyak prediksi muncul.

Calvin Klein Fall 2017

Sementara itu, tak sedikit pihak yang menganggap Peter Copping tak mampu melanjutkan kesuksesan mendiang Oscar de la Renta. Koleksinya sunyi senyap. Meski, gaun-gaun dari fashion house ini tetap dipilih banyak artis mau pun first lady untuk hadir di event-event penting. Pamor Oscar de la Renta memang sebanding dengan kekayaan kelas atas, serta nilai ikonik yang diwariskan sang pendiri yang kini sudah tiada.

Sepeninggal Costa, Raf Simons yang sudah sangat dinantikan di New York membuat perubahan besar-besaran. Gaya minimalis Calvin Klein mendapat sentuhan lebih berani, baik pada warna, detail, dengan paduan semangat 70 dan 90-an yang subtle. Warna-warna yang dipilih pun cenderung kalem, meski pada palet kontras. Jelas terlihat pants suit dan coat mendapat momen oleh Simons di debutnya untuk Calvin Klein ini. Gaya tailoring bertemu dengan aksen Americana yang cukup genderless. Koleksi ini nampak mampu berbicara lebih komersial.

Oscar de la Renta fall 2017

Oscar de la Renta Fall 2017

Creative director terbaru Oscar de la Renta yaitu Laura Kim dan Fernando Garcia melakukan langkah radikal dengan menggabungkan runway brand pribadi mereka, Monse, sebagai pembuka untuk koleksi debut mereka di Oscar. Langkah yang berisiko dan di beberapa pihak disinggung, karena dianggap tidak hormat. Tapi ini jelas memberi kejutan. Menjadi sebuah runway yang lama dan panjang, 20 menit!

Oscar de la Renta versi Laura Kim dan Fernando Garcia terlihat lebih muda, lebih sleek, dengan banyak hadirnya celana (dan setelan) dan siluet bervolume baik itu coat mau pun bagian rok, terlihat sebuah ikonisasi floral yang muncul dalam bentuk kepala sabuk berukuran sangat besar dalam warna emas, yang kemudian juga muncul sebagai brouche, bahkan detail di handbag. Detail gemerlap bertaburan, termasuk di gaun penutup yang dikenakan oleh Bella Hadid. Gaun hitam strapless dengan aksen di pinggang dan belahan tinggi berdetail mengilap. Bila dibandingkan dengan Oscar de la Renta terdahulu, lebih banyak items yang street style friendly di debut Kim dan Garcia ini. We definitely could see Melania Trump dalam koleksi ini.

Oscar de la Renta Fall 2017

image: New York Times Fashion, Business of Fashion