Ada yang Mempermasalahkan Gaun Pengantin Meghan Markle Tak Berpayet?

Stanley Dirgapradja21 Mei 2018, 10:50 WIB

Jakarta Image: people.com

Salah satu momen paling penting dari Royal Wedding Sabtu kemarin sudah pasti adalah saat semua orang akhirnya bisa melihat gaun pengantin yang dikenakan Meghan Markle. Siapa yang merancangnya, dari brand mana, untuk level pernikahan kerajaan di era sosial media ini menjadi momen marketing tak ternilai.

Dan seperti yang kita saksikan, Meghan memilih gaun putih bergaya minimalis dari Givenchy, rancangan Clare Waight Keller. Digambarkan oleh sang desainer, kebangsaan Inggris dan perempuan pertama yang menjadi creative director untuk Givenchy, gaun putih itu berestetika bersih, dan potongannya sangat rapi, membingkai leher dengan sedikit terbuka dan memberi aksen di pinggang yang cukup jelas. Sebagian orang mengatakan gaun ini sangat modern, tapi justru gaun ini mirip dengan model gaun pernikahan aktris Audrey Hepburn yang juga dirancang oleh Givenchy.

“Gaun ini setia pada DNA Givechy,” jelas Clare Waight Keller yang bahkan harus menyembunyikan kabar ia membuat gaun untuk Duchess of Sussex sampai hari pernikahan pada keluarganya sendiri. Dengan permintaan Meghan pula, kerudung sepanjang 16 kaki di gaun pengantin itu dihiasi motif bunga dari seluruh negara persemakmuran (commonwealth) Inggris di seluruh dunia. Jumlahnya ada 53. Ada nuansa konvensional, tapi juga modern di gaun ini. Sesuai untuk sebuah pernikahan kerajaan di waktu sekarang.

Selain anting dan bangles yang memancarkan gemerlap, tentu yang paling berkilau adalah tiara yang dipakai oleh Meghan. Tiara bertabur berlian ini dipinjamkan oleh Ratu Elizabeth. Its so huge and unavoidable. Dan saat melangkah ke luar gereja, Meghan membawa buket bunga Forget-Me-Not, dipilih oleh Harry, yang merupakan bunga favorit mendiang putri Diana.

Untuk resepsi lebih intim, yang hanya dihadiri oleh 200 undangan khusus, Meghan kemudian berganti ke gaun putih lainnya. Gaun bergaya backless dari Stella McCartney. Feminin, dan nampak siap berpesta. Lagi-lagi gaun ini punya potongan yang bersih, namun lebih mengalir.

Banyak komentar di media sosial yang mengatakan pilihan gaun Meghan Markle untuk menikahi seorang pangeran termasuk sangat biasa. Bahkan ada yang mengatakan gaun Givenchy itu harusnya agak lebih ketat lagi. Ada pula yang mengatakan harusnya gaunnya lebih wow. Mungkin dengan taburan payet, renda, bordiran yang pantas untuk seorang putri. Jika puterinya adalah orang Indonesia mungkin gaun pilihannya seperti itu, tapi ini Meghan Markle yang minat fashionnya cukup jelas pada pakaian-pakaian dengan desain bersih, klasik, tak neko-neko.