Sukses

Fashion

Cara rayakan Hari Batik Nasional dari desainer Chitra Subyakto

Fimela.com, Jakarta Hari Batik Nasional menjadi agenda publik yang kini dirayakan. Untuk merayakannya, banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dengan bangga memakainya saat beraktivitas sehari-hari, hingga mencari tahu apa itu batik.

Seperti yang diungkapkan desainer brand Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakyo kepada Fimela. Menurutnya, hal pertama dilakukan untuk merayakan Hari Batik Nasional, yaitu mencari tahu tentang batik dan cara pembuatannya. Lewat momen ini, Chitra ingin batik lebih dikenal tidak hanya sebagai fashion, namun juga mulai dari proses pembuatannya.

"Bagus sekali saat ini batik sudah menjadi fashion dan masyarakat sudah menghargai batik. Banyak juga yang sudah pakai batik sehari-hari. Selain itu, yang terpenting, semua masyarakat tahu apa itu batik dan cara pembuatannya," kata Chitra Subyakto kepada Fimela.com, Senin (1/10) saat diwawancara via telepon.

 
 
 
View this post on Instagram

💛🙏🏽😇 #sejauhbatik #sejauhtextiles #haribatiknasional www.sejauh.com

A post shared by Sejauh Mata Memandang (@sejauh_mata_memandang) on

Batik merupakan sebuah proses dan teknik yang digunakan membentuk motif tertentu. Menurut Chitra, motif batik bisa apa saja, selama dibuat dengan proses batik, baik itu tulis maupun cap atau celup.

"Batik bisa menggunakan motif tradisional dan modern, dengan catatan dibuat dengan proses yang benar, menggunakan tangan-tangan dari pengrajin. Dengan mengetahui hal ini sebelum menggunakan batik sehari-hari, tentu bisa memupuk rasa menghargai budaya sendiri," tambah Chitra.

 

Proses pembuatan batik

Proses yang panjang dan teliti dari pembuatan batik, menjadi alasan kain tradisional ini memiliki harga yang sebanding. Hal ini menjadi apresiasi bagi para pengrajin. Untuk itu, Chitra Subyakto konsisten menggunakan hasil karya para pengrajin, sebagai bentuk melestarikan budaya membatik.

 
 
 
View this post on Instagram

The act of contemplation is often filled with love 🙏🏽😇❤️ #bambuindah #sejauhtextiles

A post shared by Sejauh Mata Memandang (@sejauh_mata_memandang) on

Setelah mengetahui makna dan proses pembuatannya, batik juga bisa menjadi wadah mengekspresikan diri lewat fashion. Batik bisa dipadupadankan senyaman mungkin. Perkembangan jaman bahkan membuat batik semakin fleksibel dan fashionable.

"Seiring perkembangan zaman, batik semakin fleksibel digunakan. Bisa di-mix anda match dengan busana apa saja senyaman mungkin," kata Chitra.

 

Chitra Subyakto mengajak mencari tahu arti batik

Chitra Subyakto juga mengajak bersama-sama untuk mengetahui makna batik lewat video singkatnya di media sosial. Video yang digarap bersama fotografer Davy Linggar ini bisa menjadi salah satu sarana memaknai perayaan Hari Batik Nasional.

 
 
 
View this post on Instagram

❤️🙏🏽😇 #sejauhbatik #sejauhtextiles #haribatiknasional www.sejauh.com

A post shared by Sejauh Mata Memandang (@sejauh_mata_memandang) on

"Jadi bisa dimulai dengan mencari tahu batik dari dunia maya dan media sosial. Sejauh Mata Memandang sendiri juga membagikan video singkat bersama Davy Linggar tentang batik. Harapannya batik lebih dikenal lagi mulai dari proses pembuatannya," tutup Chitra.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading