Kolaborasi Vivi Zubedi dan Bank Indonesia wujudkan halal lifestyle Indonesia

Meita Fajriana07 Okt 2018, 11:00 WIB
Kolaborasi Vivi  Zubedi dan Bank Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kolaborasi Vivi Zubedi dan Bank Indonesia wujudkan halal lifestyle IndonesiaVivi Zubedi dan Bank Indonesia menciptakan IKRA sebagai wadah bagi halal lifestyle tanah air mendunia. Indonesia sedang menjadi sorotan dunia dengan halal lifestyle-nya. Bagaimana tidak, negeri ini memiliki pasar yang besar, sayang untuk hanya menjadi konsumen. Dibutuhkan langkah bersama untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat halal lifestyle dunia.

Selain memiliki masyarakat yang didominasi muslim, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan tingkat kreativitas generasi mudanya yang menakjubkan. Bahkan beberapa diantaranya sudah memamerkan karya di luar negeri.

Melihat hal ini, berawal dari kegelisahannya melihat produk halal yang masih dikuasai dunia luar, desainer Vivi Zubedi menggandeng Bank Indonesia (BI) membentuk Industri kreatif Indonesia (IKRA).

IKRA dibentuk hasil kerjasama Vivi Zubedi Foundation dengan Bi yang memfasilitasi industri kreatif halal di Indonesia semakin berkembang dan mendunia. Dengan cara merangkul UKM syariah ini, Vivi Zubedi yakin dapat menjadikan halal lifestyle Indonesia berstandar internasional.

"Awalnya Vivi Zubedi Foundation ini hadir pada awal tahun 2018 berawal dari keresahan saya melihat bangsa kita dibombardir produk halal yang datangnya bukan dari Indonesia, tapi malah dari luar negeri," kata Vivi Zubedi kepada Fimela di JCC, pada Kamis (4/10).

 

Vivi Zubedi ingin mendukung UKM Syariah ke kancah global

Kolaborasi Vivi  Zubedi dan Bank Indonesia
Kolaborasi Vivi Zubedi dan Bank Indonesia. (Foto: Fimela/ meita fajriana)

Desainer yang sukses membawa kain dan tradisi Indonesia ke kancah dunia lewat fashion ini, mengungkapkan bahwa jika menciptakan halal lifestyle Indonesia harus secara berjamaah. Berbagai sektor harus terlibat agar prosesnya berjalan lancar.

“Dilihat dari perannya, usaha syariah di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Usaha syariah dapat mengangkat seseorang dari kemiskinan, kerentanan, dan ketimpangan. Terbukti saat krisis moneter 1998, usaha kecil dan menengah justru yang bertahan ketika perusahaan-perusahaan raksasa rontok,” tambah Vivi Zubedi.

IKRA memiliki visi dan misi untuk memajukan perekonomian Indonesia melalui pengembangan usaha syariah di sektor food and fashion industri kreatif Indonesia. Program-program pengembangan tersebut meliputi pembinaan usaha syariah daerah dalam inovasi produk mereka supaya bisa lebih inovatif dan diterima di pasar global.

 

Sistem IKRA mendukung UKM syariah

Kolaborasi Vivi  Zubedi dan Bank Indonesia
Kolaborasi Vivi Zubedi dan Bank Indonesia. (Foto: Dok. Vivi Zubedi)

Tidak hanya pengembangan dari sisi produk, IKRA juga membantu para pelaku usaha syariah tersebut dari sisi pemasarannya sehingga produk tersebut bisa bersaing secara global. Salah satu caranya dengan cara membawanya ke kancah internasional melalui branding yang dilakukan oleh desainer dan pengusaha yang bekerja sama dengan IKRA.

Program-program tersebut akan dilakukan oleh IKRA di beberapa daerah di Indonesia. Dari rangkaian program tersebut, diharapkan IKRA dapat meningkatkan potensi dan kualitas usaha syariah dalam bidang industri kreatif. Serta menaikkan pertumbuhan ekonomi nasional melalui produk yang menembus pasar global.

Lanjutkan Membaca ↓