4 Tas tangan paling populer sepanjang masa, sempurna untuk investasi

Monica Dian24 Okt 2018, 13:30 WIB
chanel timeless

Fimela.com, Jakarta Jika ingin berinvestasiĀ sesuatu yang sekaligusĀ you enjoy wearing it, serahkan saja pada handbag. Tas desainer mewah dapat dijadikan investasi, artinya dapat diuangkan kembali. Bisa jadi modal untuk beli tas baru, bila bosan dengan tas lama.

Menurut Soohee Cho, Director of Supply di Vestiaire Collective, kepada Zoe Report, nilai jual tas tertentu bahkan bisa lebih tinggi, tergantung dari nilai tas itu sendiri. Misalnya, Hermes Birkin dari tahun 2012 yang memiliki kondisi baik, bisa dijual dengan harga melebihi harga aslinya. Tidak heran, karena Birkin adalah ratunya tas tangan.

Sebenarnya tak masalah menghabiskan banyak uang untuk tas mewah. Selain bisa dijadikan investasi, tas-tas ini dapat meningkatkan gaya pemakainya karena kualitas, model, dan keindahannya yang timeless. Meski tak dijual lagi, harganya yang (jika dijual lagi) selangit akan memberi definisi tersendiri pada tampilan kita.

hermes birkin
Hermes Birkin

Jika ingin beli tas mewah dan mempertimbangkan sisi investasinya, Cho menyarankan untuk memperhatikan kualitas, kepopuleran, dan jumlah tas itu di pasaran. Saat dijual, ada dua aturan yang digarisbawahi Cho. Pertama, menjaga dan merawat tas dengan menyimpannya di tempat penyimpanan aslinya (berikut dengan aksesorinya, seperti dustbag dan authenticity card) saat tidak dipakai. Kedua, juallah di tempat terpercaya, seperti online store yang khusus menjual branded items, agar tas yang kita jual dengan mudah diakses oleh komunitas yang sama.

Lalu, tas mewah apa yang bernilai timeless dan nilai jualnya semakin meningkat dari waktu ke waktu? Ada empat tas teratas, seperti yang dikatakan Cho. Mereka adalah Chanel Timeless, Louis Vuitton Speedy, Hermes Birkin dan Kelly, serta Balenciaga City. Empat tas ini yang sebaiknya dibawa pulang nanti jika berencana beli dan menjadikannya investasi.