Sukses

Fashion

Rahasia Penampilan yang Bikin Job Interview Sukses

Fimela.com, Jakarta Skill is important but sometimes look is matter, too. Setelah apa yang dipamerkan di surat lamaran kerja, selanjutnya adalah first impression yang tampak ketika job interview, dan salah satu penunjang first impression yang baik adalah penampilan.

Sedikit banyak, penampilan menunjukkan seberapa kita memahami profesi yang sedang kita incar. Penampilan juga menunjukkan kesiapan dan kesungguhan. So, jangan pernah sepelekan soal penampilan yang 'tepat' untuk menghadiri job interview.

Keep it simple, tapi tetap harus ada something yang membuatmu terlihat menarik. Lebih lengkapnya, simak tips memilih outfit yang tepat untuk job interview di bawah ini.

Jangan kenakan sesuatu yang tidak nyaman

Mini skirt is a big no. Jangan pula pamerkan cleavage saat job interview. Bagaimanapun, naluri manusia memang akan selalu mendorongnya untuk menilai seseorang dari penampilan. Jadi jangan kenakan outfit yang tidak layak jika kamu sangat mengharapkan pekerjaan tersebut, karena penilaian awalmu akan jelek.

 

 

 

 

Cari tahu budaya perusahaan tersebut

Ini juga akan berkaitan dengan posisi apa yang kamu lamar dan bagaimana dress-code untuk pekerjaan tersebut. Jika perusahaan dan posisi yang kamu lamar mengharuskan pegawainya berbusana formal, pakailah pakaian yang formal. Jika perusahaan dan posisi tersebut membebaskan pegawainya bergaya kasual, jangan sampai outfitmu jadi distraksi yang membuat pewawancara berpaling dari skill-mu. Mengetahui kebudayaan di perusahaan yang kamu lamar adalah kunci.

Kenakan blazer

Dengan apapun kamu memadupadankannya, trousers, celana, rok, atau dress, blazer akan menyelamatkan penampilanmu. Pilih warna-warna solid, namun harus selalu bernuansa monokrom. Add a little color jika ingin lebih stand out tapi tetap hindari motif plaid atau pattern yang ramai.

Pilih blouse

Blouse dengan ragam model dan potongan leher adalah pakaian yang harus dimiliki perempuan di lemari pakaiannya. Ini juga pilihan bagus untuk job interview. Kamu bisa padu-padankan dengan blazer ataupun kenakan begitu saja. Jangan lupa selipkan di rok, celana, atau apapun bawahan yang kamu pilih untuk dikenakan.

Aksesoris

Jangan pakai terlalu banyak perhiasan kecuali kamu ingin pewawancara lebih fokus pada kemilaunya dibanding skill dan personalitimu. Aksesoris hanya sebagai pemanis, kenakannya seperlunya.

Sepatu

Sepatu ber-hak tinggi, rendah, atau flat shoes sekalipun tak masalah dikenakan saat job interview. Pastikan saja sepatu itu nyaman dikenakan dan tidak membuatmu terlihat saltum.

Makeup

Riasan yang minimal dan natural adalah pilihan terbaik untuk job interview. Hindari eyeliner yang mencolok, eyeshadow yang berwarna dan segala sesuatu yang berefek kemilauan! Tata rambut serapi mungkin agar terlihat profesional, tida perlu sesuatu yang mencolok atau berlebihan.

Jika Sahabat Fimela akan melakukan job interview dalam waktu dekat, jangan lupa perhatikan tips tadi, ya. Good luck!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading