Kereta Api Khusus Wanita di India Dilengkapi Jeruji Pengaman, Wow..

Fimela15 Jan 2013, 20:30 WIB
Berlomba masuk ke gerbong wanita | Foto. Navesh Chitrakar/Reuters

Semenjak kasus pemerkosaan seorang gadis India berusia 23 tahun mencuat, warga India semakin sadar bahwa wanita seringkali dalam kondisi tidak aman saat bepergian, khususnya saat naik kendaraan umum. Saat sang gadis korban pemerkosaan meninggal dunia, wanita India mengalami trauma dan ketakutan mendalam. Mau tidak mau, harus ada langkah tegas untuk menjaga wanita-wanita India dari hal serupa. Inilah hasilnya, kereta khusus untuk wanita.

Navesh Chitrakar/Reuters

Foto. Navesh Chitrakar/Reuters

Ada dua kereta khusus wanita yang beroperasi setiap hari, kecuali hari Minggu. Dalam setiap gerbong, ada gambar wanita yang menjadi tanda bahwa kereta tersebut memang dikhususkan untuk wanita. Agar semakin aman, pada setiap kaca jendela dalam gerbong diberi jeruji. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya wanita nekat keluar dari jendela atau ada pria yang nekat masuk ke dalam gerbong wanita.

Navesh Chitrakar/Reuters

Foto. Navesh Chitrakar/Reuters

Kondisi di dalam kereta hampir sama dengan kereta di India pada umumnya. Hanya saja, Anda tidak akan menemukan pria di dalamnya (tetapi hal ini tampaknya tidak berlaku untuk pedagang). Kondisi ini hampir sama dengan kereta ekonomi di Indonesia, masih ada beberapa penjual yang masuk ke dalam gerbong. Para penjual tampaknya mengambil kesempatan ini, karena wanita memiliki kebiasaan belanja lebih banyak dibandingkan pria. Barang yang ditawarkan antara lain camilan, air minum, bahkan sayur mayur. 

Navesh Chitrakar/Reuters

Foto. Navesh Chitrakar/Reuters

Untuk menjaga kereta api khusus wanita dari pria-pria yang nekat masuk, ada beberapa polwan yang ditugaskan menjaga kereta. Sehingga perjalanan lebih aman dan kekerasan serta pelecehan pada wanita India diharap bisa berkurang. Selain kereta, pemerintah India menyediakan gerbong khusus wanita. Gerbong ini mirip dengan kereta di Indonesia, hanya saja, ada pagar besi besar yang memisahkan tiap gerbong, sehingga tidak akan ada kesempatan pria untuk masuk ke gerbong wanita.

Navesh Chitrakar/Reuters

Foto. Navesh Chitrakar/Reuters

Upaya ini menjadi angin segar bagi wanita India. Setidaknya, mereka tidak perlu khawatir akan tindak kejahatan dan pelecehan seksual saat menggunakan jasa kereta api. Sayangnya, jumlah kereta dan gerbong tampak masih kurang. Banyak wanita yang berjejalan dan berlomba masuk ke dalam kereta khusus wanita. Semoga saja pemerintah India menambah jumlah kereta khusus ini.

Bagaimana pendapat Anda, ladies, apakah kereta serupa bisa diterapkan di Indonesia? Mengingat ada banyak kejahatan pada wanita yang terjadi di kendaraan umum. Silakan bagi pendapat cerdas Anda di kolom komentar :)

(vem/yel)
short desc
5Y Ago

Tidak tahan dengan bau kaos kaki? Coba intip kaos kaki keluaran terbaru ini!

Selengkapnya
short desc
short desc
5Y Ago

Bunga Citra Lestari, mommy kece yang selalu fashionable tapi nggak lupa ngurus anak dan suami. Intip serunya fashion BCL yuk. 

Selengkapnya
short desc
short desc
5Y Ago

Cuaca yang tidak bersahabat terjadi di banyak negara. Jika Indonesia sedang mengalami banjir di berbagai daerah, gunung meletus dan gempa, negara lain juga mengalami hal yang sama. Turunnya salju melebihi tahun-tahun sebelumnya, banjir, angin kencang dan badai melanda Inggris. Iklim yang terus berputar kadang membuat manusia takut akan bencana yang datang. Anda bisa melihat sendiri seramnya pengaruh iklim dan cuaca buruk di Inggris dari foto-foto ini.

Selengkapnya
short desc
short desc
5Y Ago

Gaun-gaun ini kelihatan cantik dan megah, ternyata dipadukan dengan lukisan sehingga nampak indah dan dramatis. 

Selengkapnya
short desc
short desc
5Y Ago

Saatnya Anda mengenal pakaian dalam pembentuk tubuh yang terbaru! 

Selengkapnya
short desc