Sukses

Fashion

"Retrospection" by Up2date, Kilas Balik Trendsetter Fashion Muslim di Indonesia

Pesatnya perkembangan fashion muslim di Indonesia menimbulkan harapan baru bagi para desainer brand lokal dan para pelaku industri lainnya, bahwa bukan tidak mungkin suatu saat Indonesia akan dikenal sebagai pusat fashion muslim dunia. Hal ini pula yang menjadi visi dari brand fashion muslim ternama, Up2date, yang baru saja melangsungkan peragaan koleksi terbarunya "Retrospection", Selasa (8/1) lalu.

"Retrospection" yang dimaknai sebagai "kenangan kembali; pandang balik" ini mengajak kita bernostalgia dan melihat kembali koleksi yang pernah ditampilkan pada masa awal eksistensinya di tahun 2005-2006. Para muslimah pencinta fashion mungkin sudah mengetahui bagaimana populernya tren bahan spandex atau nyamannya busana muslim dengan bahan kaos yang dipelopori oleh Up2date di tahun itu. "Chic, Comfort, Covered Up", tiga prinsip desain itulah yang membawa Up2date menjadi trendsetter fashion muslim hingga kini.

Tema besar "Retrospection" ini merupakan interpretasi dari koleksi retrospektif Up2date pada tahun 2005-2006 yang dilatarbelakangi unsur-unsur mode pada era tahun 1950-1960an yang kemudian tersublimasi menjadi sebuah gaya terkini.

Peragaan yang terdiri dari 60 koleksi set busana dan 4 sub tema, (Ocean Motion, Country Retreat, Femme Valiant, dan Luxury Looks) desainer fashion muslim terkemuka yang juga owner dari Up2date, Irna Mutiara, beserta tim desainnya menciptakan tampilan busana yang ringan dan casual, yang bahkan bukan hanya menarik di mata para hijabers, tapi juga para wanita yang tidak menggunakan hijab.

Bukan hanya fashion show saja, Up2date juga meluncurkan buku serial yang berjudul "CLOTH TALK - things you need" yang menampilkan tips untuk tampil stylish dalam berbusana muslim dan juga must-have-items untuk para hijabers. Dan keesokan harinya (9/11),Up2date pun baru saja membuka store ke-26 nya di Alam Sutera, BSD.

"Di 2013 saya ingin Up2date bisa punya concept store di luar negri," ujar Irna Mutiara yang juga terkenal dengan koleksi busana pengantin khusus muslimnya, Irna La Perle.

Harapan Irna ini pun didukung penuh oleh pemerintah. "Kami percaya Up2date adalah lokomotif, yang dapat mengajak 'gerbong-gerbong' yaitu brand fashion lainnya untuk terus maju dan mengikuti jejak Up2date." ujar Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementrian Perindustrian, Euis Saidah. 

(vem/cey dan diy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading