Masih Sering Bingung dengan Dress Code? Ini Panduan Lengkap Memahami Maknanya

Annissa Wulan25 Nov 2018, 10:00 WIB
Ilustrasi pakaian

Fimela.com, Jakarta Dress code menjadi satu kebiasaan yang saat ini sering digunakan, entah untuk acara pernikahan, ulang tahun, pesta, atau acara kasual lainnya. Namun ternyata, tidak semua orang memahami makna di balik masing-masing dress code yang digunakan.

Jangan khawatir, dilansir dari stylecaster.com, Minggu (25/11/2018), berikut ini adalah makna dari masing-masing dress code yang sering digunakan. Penasaran?

1. Black Tie

Dress code ini jelas ditujukan bagi para pria untuk mengenakan tuksedo. Dress code ini juga sedikit rumit untuk diterjemahkan bagi kaum perempuan, mereka bisa mengenakan apa saja, mulai dari gaun panjang, hingga gaun cocktail yang formal.

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang bisa digunakan adalah dengan melihat kembali acara yang akan diadakan. Pesta pernikahan mewah? Kenakan gaun.

2. Black Tie Optional

Dress code ini memberikan pilihan bagi para pria apakah akan mengenakan tuksedo atau setelan berwarna gelap dengan dasi. Karena para pria diberi pilihan berpakaian yang lebih santai, makan begitu juga untuk pasangan perempuannya.

3. Creative Black Tie

Dress code ini sebenarnya mengajak para tamu undangan untuk berkreasi dengan busana mereka. Pikirkan busana yang tetap layak digunakan ke acara yang diadakan.

 

 

Cocktail, Festive, Business Formal

Ilustrasi pakaian
Ilustrasi pakaian. Sumber foto: unsplash.com/Joshua Adam Nolette.

4. Cocktail

Untuk pria, dress code ini cenderung berarti jas hitam dengan dasi. Untuk kaum perempuan, gaun pendek yang biasa digunakan saat pesta dengan perhiasan yang membuat tampilan semakin menyenangkan. Pilihlah warna-warna yang cerah dan feminin.

5. Festive

Dress code ini sering muncul ketika musim liburan, gunakan gaun cocktail dengan payet berkilauan atau rok merah satin untuk perempuan. Sedangkan untuk kaum pria, gunakan dasi bertema liburan yang terlihat menyenangkan dan tidak membosankan.

6. Business Formal

Dress code ini biasanya banyak digunakan untuk acara semi formal di siang hari, seperti makan siang kantor atau koferensi. Dress code mengharapkan para pria menggunakan jas dan dasi, sedangkan para perempuan menyesuaikan busananya dengan gaun atau celana panjang.

Business Casual, Casual Dressy, Casual

Ilustrasi pakaian
Ilustrasi pakaian. Sumber foto: unsplash.com/Alex Iby.

7. Business Casual

Sebagian besar acara ada yang menggunakan dress code ini, mengharapkan para perempuan menggunakan celana dan blazer atau rok pensil dengan blouse. Sedangkan para pria diharapkan menggunakan celana panjang atau chino dengan kemeja berkerah. Tidak ada celana jeans atau sneakers!

8. Casual Dressy

Dress code ini dimaksudkan untuk penampilan terbaik dari versi kasual yang biasa dikenakan sehari-hari. Untuk kaum perempuan, kenakan celana dengan sepasang sepatu boots atau celana jeans dengan high heels atau jumpsuit dengan kemeja berkerah. Sedangkan untuk kaum pria, kenakan celana jeans favorit dengan blazer.

9. Casual

Sedangkan dress code yang satu ini memang dimaksudkan untuk tampilan yang paling santai dan membuat pemakainya merasa nyaman. Busana yang paling membuat nyaman, namun tidak terlalu bergaya.

Lanjutkan Membaca ↓