Sukses

Fashion

Masih Muda Foya-Foya, Saat Tua Tetap Bahagia Dengan Perlindungan Asuransi Sejak Dini

Saat mendengar kata asuransi, yang langsung terlintas di pikiran adalah menyetorkan uang atau premi secara rutin pada agen asuransi. Lalu jika suatu saat sakit, meninggal, rumah rusak dan sebagianya, akan ada perlindungan dana dari perusahaan asuransi. Hal tersebut tidak salah, karena fungsi asuransi memang memberikan perlindungan bagi nasabahnya dari berbagai resiko. 

Di usia saya yang memasuki angka 27 tahun, saya sering melihat kecenderungan rekan seusia saya bahkan mereka yang jauh lebih tua memiliki pengetahuan yang kurang mengenai asuransi. Banyak yang berpikir bahwa asuransi adalah kewajiban pemberi kerja. Sedangkan jika ingin ikut asuransi secara mandiri, harus jadi orang kaya dulu karena preminya sangat mahal, sementara kebutuhan hidup lain tidak bisa ditunda. Sebuah pemikiran yang patut disayangkan.

Dari data yang saya ambil dari  mudahberasuransi.com, mengacu pada data Allianz Life Indonesia dan beberapa sumber lainnya di tahun 2014, kesadaran warga Indonesia untuk berasuransi masih sangat rendah. Bisa dilihat dari grafik di bawah ini:

Gambar: copyright mudahberasuransi.com/allianz

Bisa dilihat bahwa mayoritas masyarakat di negara kita memang belum sadar akan pentingnya asuransi. Bahkan jika mereka sudah tahu berbagai manfaat asuransi, ada saja alasan untuk menolak ikut asuransi secara individu (yang saya maksud secara individu adalah asuransi dengan kesadaran sendiri, terlepas dari asuransi yang diberikan oleh pemberi kerja).

Dari hasil obrolan dan pengamatan saya pada beberapa orang, alasan-alasan mereka menunda atau menolak asuransi sangat beragam. Bisa Anda lihat pada halaman selanjutnya.

(vem/yel)

Berbagai Alasan Menolak Dan Menunda Asuransi

Selalu ada alasan untuk menolak ikut asuransi. Dari obrolan ringan dan pengamatan rekan-rekan saya yang usianya tidak terpaut jauh, ada saja alasan untuk menolak atau menunda-nunda ikut asuransi. Beberapa alasan yang paling sering adalah:

Masih Muda Foya-Foya Dulu Lah!

Inilah alasan yang banyak sekali dilakukan mereka yang masih muda. Biasanya mereka ada di usia produktif (18-30 tahun), sudah punya penghasilan yang mencukupi, tetapi kesadaran untuk melindungi kesehatan dan properti yang dimiliki masih sangat kecil. "Foya-foya dululah, nggak perlu mikir asuransi. Nanti saja kalau sudah agak tua, baru ikut asuransi," demikianlah fakta pemikiran beberapa warga usia muda.

Padahal semakin muda usia seseorang ikut asuransi, semakin ringan premi yang dibayarkan. Menikmati hidup di masa muda memang tak salah, namun akan lebih bijak jika Anda mulai membangun perlindungan di masa yang akan datang, terutama perlindungan finansial. Tidak apa-apa menikmati hidup di masa sekarang, namun pastikan Anda juga menikmati hidup pada 20 bahkan 40 tahun yang akan datang dengan perlindungan yang sudah Anda bangun sejak usia muda.

Gajiku Nggak Cukup Untuk Ikut Asuransi

“Gajiku mana cukup untuk ikut asuransi. Asuransi mah untuk orang-orang kaya, preminya kan mahal,” inilah alasan utama seseorang mengesampingkan asuransi. Penghasilan setiap bulan memang menjadi pertimbangan saat seseorang akan ikut asuransi atau tidak. Namun tahukah Anda, premi asuransi tidaklah semahal yang Anda bayangkan. Bahkan sudah banyak agen asuransi yang memberikan kemudahan premi dengan perlindungan maksimal.

Misalnya salah satu produk dari Allianz Life Indonesia, dengan menabung uang Rp 10.000 setiap hari, Anda sudah bisa mendapatkan perlindungan hingga Rp 700 juta. Perlindungan yang diberikan mulai dari warisan, pengobatan penyakit kritis, cacat karena sakit atau kecelakaan, hingga resiko meninggal dunia. Bisa Anda lihat data, tabel di bawah ini.

Gambar: copyright mudahberasuransi.com/allianz

Rasanya menabung Rp 10.000 per hari untuk membayar premi tidaklah berat. Jika Anda bisa rutin membeli pulsa, Anda pasti bisa menyisihkan Rp 10.000 per hari sebagai perlindungan di masa yang akan datang.

Aku Sehat-Sehat Aja Kok, Nggak Perlu Asuransi

“Aku sehat belum butuh asuransi,” adalah alasan yang juga sering dipakai seseorang untuk tidak ikut asuransi. Tubuh yang sehat adalah investasi Anda. Bekerja dan menikmati hidup akan lebih bermakna jika tubuh Anda sehat. Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan sakit, dan seringkali sakit datang tanpa Anda undang sebelumnya.

Kita tahu bahwa biaya berobat makin hari makin besar, maka akan lebih bijaksana jika Anda sudah memiliki perlindungan saat tubuh masih sehat. Mereka yang sudah merasakan manfaat asuransi kesehatan biasanya bisa bernapas lega ketika klaim dibayarkan. Jangan sampai Anda menjual aset atau properti untuk membayar uang kesehatan. Asuransi bisa memberikan jaminan perlindungan, maka manfaatkanlah hal itu dengan bijak.

Gambar: copyright mudahberasuransi.com/allianz

Untuk asuransi jiwa, memang benar bahwa mereka yang membayar premi asuransi jiwa kemungkinan tidak akan menikmati klaim yang dibayar saat dirinya meninggal. Namun yang mendapat manfaat adalah keluarga atau ahli waris yang ditinggalkan. Uang memang tidak akan dibawa mati, namun saya ingat kata-kata seorang sahabat, “Lebih baik mati meninggalkan harta daripada mati meninggalkan hutang,”. Sepertinya saran itu ada benarnya, terlebih jika Anda akan menjadi tulang punggung keluarga.

Tidak perlu menunggu hingga tua untuk ikut asuransi. Pada halaman selanjutnya Anda bisa membaca beberapa jenis asuransi yang umumnya ada di Indonesia.

Asuransi Apa Yang Cocok Untuk Saya?

Sebagai pemula, Anda pasti bingung melihat tabel-tabel asuransi dan banyaknya jenis asuransi yang ditawarkan. Anda tidak perlu ikut semuanya, karena memilih asuransi yang bijak adalah memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa jenis asuransi yang umumnya ada di Indonesia antara lain:

Asuransi Kesehatan

Bila Anda sudah bekerja, biasanya pemberi kerja memberikan asuransi sebagai jaminan kerja. Namun pelajari lagi kebijakan asuransi kesehatan yang diberikan kantor Anda. Jika dirasa kurang memberi perlindungan atau bahkan tidak memberikan asuransi kesehatan, maka sudah saatnya Anda melindungi diri dengan ikut asuransi kesehatan. Mengapa asuransi kesehatan begitu penting? Karena biaya pengobatan dan perawatan medis selalu naik setiap tahun, bahkan sering melebihi inflasi. Maka pastikan Anda tidak pontang-panting berhutang atau menjual aset di saat kesehatan membutuhkan banyak dana.

Miliki asuransi kesehatan sejak dini karena tidak bisa instant | Gambar: copyright mudahberasuransi.com/allianz

Carilah perusahaan asuransi yang bisa memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan Anda. Setiap agen memiliki klaim berbeda untuk penyakit-penyakit kritis tertentu. Bacalah dengan teliti dan pastikan Anda mendapat semua perlindungan yang dibutuhkan, mulai dari biaya pengobatan, rawat inap, pembedahan, juga saat masa pemulihan. Biasanya asuransi kesehatan memiliki level-level berbeda, pilihlah yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Asuransi Jiwa

Ada yang merasa tidak butuh asuransi jiwa, karena pembayaran klaim tidak akan dinikmati pembayar premi. Padahal faktanya, ketika seseorang meninggal dunia, terutama tulang punggung keluarga, akan ada kepanikan dalam hal finansial pada keluarga yang ditinggalkan. Jika seseorang memiliki asuransi jiwa, uang yang akan dibayarkan pemberi asuransi bisa meringankan beban keuangan keluarga selama beberapa waktu ke depan. Keluarga yang sudah terlindungi asuransi jiwa seringkali terbantu untuk memenuhi biaya hidup, melindungi aset dan biaya pendidikan anak lebih terjamin selama beberapa waktu ke depan.

Dana Pensiun

Semua orang pasti ingin menikmati masa tua dengan nyaman, tanpa terlilit hutang, menikmati semua aset hasil kerja keras dan tidak membebani kehidupan anak. Hidup yang nyaman ini bisa terwujud dengan memiliki asuransi berupa dana pensiun. Banyak orang melupakan hal ini saat masih aktif bekerja dan menikmati masa muda. Jika pemberi kerja tidak menjamin dana pensiun Anda, maka mulailah menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan di hari tua. Jika masa muda bisa dinikmati dengan foya-foya, seharusnya masa tua Anda juga bisa dinikmati dengan jaminan keuangan yang mencukupi.

Tentunya masih banyak lagi jenis asuransi yang bisa Anda miliki, misalnya saja asuransi kendaraan, asuransi properti dan sebagainya. Jika Anda sudah tertarik akan memiliki asuransi, bagaimana cara memilih perusahaan  asuransi yang aman?

Bagaimana Memilih Perusahaan Asuransi Terpercaya dan Aman?

Saat Anda mempercayakan uang kepada pihak lain untuk menjamin kesehatan, hari tua dan properti, tentunya sangat penting menyerahkannya kepada pihak yang terpercaya. Lalu bagaimana memilih perusahaan asuransi yang bisa menjamin keamanan premi-premi yang dibayarkan? Inilah beberapa tips untuk Anda.

Lihat Reputasinya

Semakin lama usia sebuah perusahaan asuransi, semakin banyak pengalaman yang mereka miliki. Maka carilah perusahaan asuransi yang sudah memiliki nama baik dan terpercaya. Biasanya perusahaan-perusahaan asuransi tersebut sudah memiliki banyak cabang di beberapa kota di Indonesia bahkan dunia. Anda bisa membaca di berbagai media tentang reputasi berbagai perusahaan asuransi, baik dari produk yang ditawarkan, kemudahan melakukan klaim, termasuk laporan keuangan mereka setiap tahun. Memilih perusahaan dengan reputasi baik tentunya sangat penting, karena hubungan Anda dengan mereka akan berlangsung dalam waktu yang panjang.

Gambar: copyright allianz.co.id

Salah satu perusahaan asuransi yang bisa Anda pertimbangkan adalah Allianz Life Indonesia. Perusahaan asuransi ini sudah dibangun sejak tahun 1971. Data yang kami ambil dari allianz.co.id  menuliskan bahwa Allianz telah memiliki 83 juta nasabah pribadi dan korporasi di 70 negara. Di Indonesia, Allianz telah memulai bisnisnya sejak tahun 1981. Saat ini Allianz Life Indonesia telah tersebar di 46 kota dan melayani lebih dari 4 juta tertanggung. Berbagai penghargaan dari tahun ke tahun telah membuktikan bahwa Allianz Life Indonesia bisa menjadi salah satu perusahaan asuransi yang bisa Anda pertimbangkan.

Cari Tahu Bagaimana Mereka Menangani Klaim Nasabah

Setelah rutin membayar premi, tentunya Anda berharap perusahaan asuransi akan memproses klaim dengan cepat dan sesuai janji-janjinya seperti yang tertera di dalam polis. Maka carilah banyak review tentang pengalaman para pemilik polis asuransi saat melakukan klaim. Apakah perusahaan asuransi mereka cepat memproses klaim, apakah banyak hambatan atau sengaja diulur-ulur? Semakin banyak review positif dari mereka, kemungkinan besar perusahaan asuransi tersebut memang layak untuk Anda pilih.

Anda Harus Paham Isi Polis Asuransi

Setelah memilih perusahaan asuransi terpercaya, Anda sebagai nasabah tidak bisa lepas tangan begitu saja setelah menyerahkan premi dan menandatangani polis asuransi. Polis asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah, biasanya berbentuk tertulis (dan tebal). Banyak kasus nasabah asuransi tidak membaca perjanjian yang ada di dalam polis karena malas dan sebagainya. Akibatnya, di kemudian hari saat melakukan klaim, sering terjadi masalah akibat ketidakmengertian nasabah terhadap isi polis asuransi.

Gambar: copyright mudahberasuransi.com/allianz

Memahami isi polis asuransi sangat penting, karena sebagai nasabah, Anda harus memahami apa hak dan kewajiban Anda, apa hak dan kewajiban perusahaan asuransi pada Anda sebagai nasabahnya. Jika ada bagian atau penjelasan polis yang tidak dipahami atau tidak Anda mengerti, tanyakan kepada agen asuransi atau langsung di kantor perusahaan asuransi. Mendapatkan penjelasan secara menyeluruh terhadap isi polis adalah hak nasabah. Semakin Anda memahami isi polis asuransi, semakin mudah proses klaim yang akan dilakukan suatu saat kelak.

Selalu Cek Status Polis Secara Berkala

Setelah Anda menandatangani polis asuransi dan membayar premi secara berkala, sangat penting untuk selalu tahu status polis secara berkala. Di era yang serba cepat ini, kadang mengecek status polis terlalu lama jika harus menghubungi agen atau datang ke kantor asuransi. Satu keuntungan jika Anda memilih Asuransi Allianz Life Indonesia, karena Anda bisa mengecek status polis langsung dari smartphone, tablet atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet.

Customer Online Portal  yang dimiliki Asuransi Allianz Life Indonesia  akan mendapat nasabah lebih mudah melihat dan mengawasi status pembayaran, status klaim, besar nominal manfaat, detail informasi pemegang polis dan data lainnya yang sangat mudah diakses. Kerahasiaan nasabah juga terjamin karena Customer Online Portal  dilengkapi nickname dan password. Kemudahan ini akan membuat Anda lebih nyaman dan bisa selalu mengecek data asuransi selama 24 jam setiap hari.

[startpuisi]Pada akhirnya, asuransi adalah tentang keamanan perlindungan di masa yang akan datang. Maka pilihlah perusahaan asuransi yang bisa memberikan jaminan keamanan tersebut.[endpuisi]

Semoga tulisan ini bisa membuat Anda semakin mantap untuk memulai asuransi sejak usia muda. Muda hidup enak, saat tua juga harus hidup enak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

Loading