Sukses

Fashion

Batik Tubo Ternate, Batik Andalan dan Super Bagus Dari Maluku Utara

Batik merupakan identitas dan warisan dari negeri ini. Banyak negara yang sudah mengenal dan mengetahui dengan baik apa itu batik. Bahkan, beberapa wisatawan senang mengenakan batik saat jalan-jalan ataupun acara lain. Rupanya, tak hanya batik Jawa saja yang disukai. Kini, Maluku Utara juga mempunyai batik yang diberi nama batik Tubo - Ternate.

Sejak tahun 2010, masyarakat Maluku Utara telah menciptakan batik yang tidak kalah bagusnya. Prosesnya pun sama dengan batik pada umumnya, seperti menggunakan centing dan cap. Meski baru lima tahun diciptakannya batik Tubo - Ternate, saat ini banyak orang yang mencintai kain batik dari Maluku Utara ini.

Batik Tubo - Ternate memiliki beragam warna dan motif | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"Malaku Utara punya batik, yaitu Tubo - Ternate. Arti Tubo sendiri adalah sebuah kampung Ternate. Dan Tubo sendiri dibuat sejak tahun 2010 oleh seorang Bapak di Ternate. Banyak yang suka dengan batikĀ  Tubo ini," kata Jun salah satu penjual batik Tubo dalam acara pameran Indonesian Inspiring Women Day (IIWD 2015) di Kelapa Gading Jakarta Utara pada Kamis 28 Mei 2015.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, proses pembuatan satu kain batik Tubo - Ternate hanya memakan waktu satu hari saja. Namun yang berbeda dari batik pada umumnya adalah motif dari Tubo - Ternate. Ciri khas dari batik Tubo - Ternate ialah cengkeh, pala, peta Maluku Utara, kelapa, ikan serta karang.

"Motif dari batik Tubo ciri khasnya dari kehidupan Indonesia bagian Timur, seperti cengkeh, pala, kelapa, ikan dan karang. Bahkan, peta Maluku Utara ada di batik Tubo," jelasnya.

Selain motif dan warna yang beragam, batik ini cukup halus dan nyaman saat dikenakan sebagai pakaian | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Warna-warna batik Tubo - Ternate pun beragam. Warna itu mulai dari warna hijau, merah, orange, kuning dan sebagainya. Dengan membeli kain yang berukuran 2 meter lebih, Anda bisa membuatnya menjadi dress cantik, bawahan ataupun atasan. Harganya pun sangat murah yakni mulai dari 250 ribu.

Gimana Ladies? Ingin mencoba buat pakaian Anda dari batik Tubo - Ternate? Jangan lupa untuk segera beli kain batik ini dan dapatkan busana yang super cantik, bagus serta anggun darinya. :)



(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading