Sukses

Fashion

Uber Perluas Lokasi Penurunan uberPOOL ke Wilayah Jabodetabek

Beberapa hari yang lalu, Uber memperluas lokasi penurunan perjalanan uberPOOL ke seluruh wilayah kota Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor, sementara lokasi penjemputan tetap berada di sebagian kota Jakarta dalam peta ini:

Foto: copyright Uber Indonesia

uberPOOL yang diluncurkan di Jakarta bulan Mei 2016 adalah pilihan ridesharing terbaru yang memasangkan Anda dengan pengguna lain yang melakukan pemesanan dari area yang sama ke tujuan yang searah.

Dengan berbagi tumpangan, masing-masing pengguna berhemat 25% dari biaya perjalanan reguler dengan uberX, sambil mengurangi kepadatan lalu lintas. Biaya perjalanan dengan uberPOOL dijamin dimuka, bahkan jika Anda tidak terpasangkan dengan pengguna lain, Anda tetap membayar biaya yang sama.

Mulai hari ini hingga 3 Juli 2016, kami memberikan perjalanan gratis senilai Rp. 35.000 bagi pengguna pertama uberPOOL dengan memasukkan kode promosi TEMANPOOL. Walau ada uberPOOL, pilihan perjalanan dengan uberX tetap tersedia untuk Anda.

Uber percaya bahwa uberPOOL adalah masa depan transportasi: mengangkut lebih banyak orang dalam jumlah mobil lebih sedikit, yang seiring berjalannya waktu akan membantu mengurangi kepadatan lalu lintas dan polusi udara. Penggunaan uberPOOL di seluruh dunia sejak pertama diluncurkan hingga awal 2016 telah berhasil mengurangi perjalanan berkendara sejauh 144,8 juta kilometer - hampir setara dengan jarak Bumi ke Matahari - menghemat konsumsi BBM sebanyak 6,8 juta liter, dan mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 16.000 metrik ton.

Foto: copyright Uber Indonesia

Untuk mengenal lebih jauh mengenai uberPOOL, silakan simak daftar pertanyaan dan jawaban berikut ini:

Apa yang membuat uberPOOL BERBEDA?

Cara kerja uberPOOL sama dengan uberX, dengan beberapa perbedaan yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih hemat:

  • Anda perlu memasukkan tujuan saat melakukan permintaan perjalanan, agar aplikasi dapat memasangkan Anda dengan pengguna lain dengan perjalanan yang searah. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui biaya perjalanan di muka sebelum melakukan pemesanan (Biaya perjalanan ini sudah dijamin meskipun Anda akan terpasangkan ataupun tidak).
  • Setiap pengguna dapat memesan 2 kursi, namun hanya dapat memilih satu tujuan dan Anda tidak dapat mengubah lokasi penjemputan atau tujuan setelah melakukan permintaan perjalanan.
  • Karena Anda mungkin akan berbagi perjalanan dengan orang lain untuk menghemat biaya, tambahkan waktu beberapa menit ke dalam rencana waktu perjalanan Anda.
  • Setelah Anda terpasangkan dengan pengguna lain, Anda akan menerima notifikasi nama pengguna tersebut dan siapa yang akan dijemput pertama. Untuk memastikan agar ruang di mobil cukup untuk semua, satu pengguna hanya diperbolehkan untuk memesan 2 kursi.

Bagaimana cara saya memesan perjalanan uberPOOL?

uberPOOL tetap menghadirkan tingkat keamanan, kenyamanan dan keandalan dari perjalanan uberX yang sudah Anda kenal dan sukai.

  • Memesan: Setelah memilih uberX, akan muncul pilihan uberPOOL. Pilih lokasi penjemputan dan juga tujuan Anda agar mendapatkan informasi harga di muka.
  • Saat di perjalanan: Anda mungkin akan dipasangkan dengan pengguna lain yang melakukan perjalanan dengan rute yang searah. Penjemputan pengguna lain mungkin akan menambahkan beberapa menit dari waktu perjalanan Anda, tetapi hal ini yang membuat biaya perjalanannya menjadi lebih hemat.
  • Bersantai: Duduk dengan tenang, apakah Anda akan terpasangkan atau tidak dengan pengguna lain, Anda tetap membayar lebih hemat hingga 25%!

Apakah saya bisa membatalkan perjalanan saya?

Saat Anda melakukan pemesanan uberPOOL, Anda telah membuat komitmen kepada pengemudi dan juga pengguna lainnya. Pembatalan akan mengganggu pengalaman dan perjalanan mereka. Jadi, jangan membatalkan dan atau membuat mereka menunggu. Jika Anda harus membatalkan pemesanan atau membiarkan mereka menunggu lebih dari dua menit, Anda akan langsung dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp.30,000.

Berapa besar biaya perjalanan uberPOOL?

Biaya perjalanan yang muncul sebelum Anda melakukan pemesanan sudah dijamin tetap, baik jika Anda terpasangkan ataupun tidak. Sehingga Anda akan tahu berapa nilai yang harus Anda bayar. Biaya perjalanan Anda dihitung secara otomatis berdasarkan tujuan yang Anda pilih dan juga kemungkinan terpasangkannya Anda pada waktu atau lokasi permintaan perjalanan.

Apakah harga ramai (surge) belaku pada perjalanan uberPOOL?

Ya. Biaya perjalanan uberPOOL diestimasi seperti biaya perjalanan uberX. Saat uberX mengalami Harga Ramai (Surge), uberPOOL juga mengalami hal yang sama. Namun, uberPOOL akan tetap lebih hemat dibandingkan uberX karena kemungkinan untuk terpasangkan akan masuk ke dalam pertimbangan saat memperhitungkan biaya perjalanan uberPOOL yang sudah dijamin.

Apakah saya dapat membawa orang lain ke dalam perjalanan uberPOOL saya?

Permintaan perjalanan uberPOOL memiliki maksimum 2 orang setiap penjemputan, yang dapat Anda pilih melalui aplikasi sebelum melakukan permintaan perjalanan. Jadi, silakan ajak 1 teman Anda, tapi Anda berdua harus memiliki lokasi penurunan yang sama.

Bagaimana cara pengguna lain dipasangkan dengan saya?

Pengguna dipasangkan dengan Anda berdasarkan lokasi penjemputan dan tujuan yang searah. Seperti biasa, kami selalu berusaha memberikan Anda rute paling efektif berdasarkan permintaan Anda. Setelah Anda memulai perjalanan uberPOOL, Anda tidak bisa meminta pengemudi untuk membatalkan permintaan pengguna lain.

Bagaimana jika saya tidak terpasangkan dengan pengguna lain?

Jika tidak ada pengguna lain di dekat lokasi Anda yang mengarah ke rute sama, Anda akan melakukan perjalanan sendiri (seperti uberX), tetapi dengan biaya perjalanan yang sama dengan nilai yang tampil sebelum Anda melakukan pemesanan di aplikasi.

Apa jenis mobil yang tersedia untuk uberPOOL?

Anda akan berbagi perjalanan menggunakan mobil yang tersedia untuk uberX.

Berapa lama perjalanan uberPOOL? Apakah saya akan keluar dari rute normal saya?

Jika Anda terpasangkan dengan pengguna lain, waktu perjalanan Anda akan bertambah dari waktu total perjalanan Anda. Namun jika tidak ada pengguna lain yang mengarah ke rute sama, Anda akan melakukan perjalanan sendiri, seperti uberX (tetapi lebih murah).

Foto: copyright Uber Indonesia

Jika saya dijemput pertama, kenapa saya diturunkan terakhir?

Kami memetakan rute seefisien mungkin. Artinya akan ada kemungkinan Anda dijemput pertama dan diturunkan terakhir.

Apakah saya bisa membawa koper?

Ya, Anda bisa membawa koper Anda. Melakukan perjalanan uberPOOL adalah salah satu cara untuk menghemat biaya perjalanan menuju ke bandara! Tetapi harap diingat bahwa pengguna lain juga mungkin membutuhkan ruang untuk barang bawaan mereka di dalam mobil.

Apakah saya bisa mengganti tujuan saat perjalanan sudah berlangsung?

Karena kami menggunakan lokasi penjemputan dan juga tujuan Anda saat memasangkan dengan pengguna lain, Anda tidak bisa menggantinya saat sudah melakukan pemesanan perjalanan.

Jika saya tinggal di Bekasi / Depok / Bogor / Tangerang / pinggir Jakarta, apakah saya bisa memesan/dijemput uberPOOL dari sana?

Saat ini belum bisa, area ini tersedia sebagai lokasi penurunan perjalanan, bukan penjemputan. Perhatikan peta penjemputan (sebagian wilayah Jakarta).

Area Bogor dan Tangerang yang mana yang bisa dijangkau?

Saat ini kami bisa menjangkau kota Bogor (bukan Kabupaten Bogor) dan kota Tangerang.

Bagaimana dengan biaya tol? Apakah termasuk dalam biaya perjalanan Uber? Apakah dibagi dengan pengemudi atau pengendara lain?

Biaya tol menuju lokasi penurunan tidak termasuk dalam biaya perjalanan Uber dan dibayarkan oleh pengguna, bukan oleh mitra-pengemudi . Anda bisa mendiskusikan dengan pengguna lain untuk kesepakatan pembagian biaya tol.

Bagaimana dengan biaya parkir jika kita harus masuk area / gedung yang mengenakan biaya parkir?

Biaya parkir tidak termasuk dalam biaya perjalanan Uber dan dibayarkan oleh pengguna yang dijemput atau diturunkan di area/gedung tersebut, tidak dibebankan pada mitra-pengemudi Uber.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading