Yes! Beli Tiket Mudik Makin Mudah Lewat Blibli.com

Fimela16 Jun 2017, 10:31 WIB
Blibli.com/Blibli.com

Jika biasanya layanan e-commerce hanya melayani penjualan barang kebutuhan semata, kini pelayanan itu semakin merambah sektor lain. Blibli.com contohnya, mereka kini melayani online travel untuk pemesanan tiket pesawat terbang, kereta, bahkan pemesanan hotel. Ini bisa terjadi karena Blibli.com baru saja mengakusisi e-commerce travel ternama, Tiket.com.

Kerja sama kedua pihak ini resmi diteken pada Senin (12/6) di mana Blibli.com mengakusisi 100% Tiket.com Blibli.com akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com dari sisi share inventory, program penjualan, promosi termasuk penetrasi ke sosial media, serta memperkuat tim atau sumber daya manusia.

"Kami ingin ekspansi yang bertumbuh di mana tahun ini Blibli.com ekspansi ke bidang travel. Booking hotel, tiket pesawat, dan kereta api jadi semakin mudah," ujar Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com dalam jumpa pers' Aksi Korporasi Blibli.com-Tiket.com', Kamis (15/6) di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Target dari akusisi ini adalah kenyamanan dari pengguna dalam pembelian tiket. Pelayanan pun akan lebih ditingkatkan. Dikatakan Gaery Undarsa selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com bahwa pihaknya juga akan berusaha membuat pejalan Indonesia mendapat best deal, best akses, dan best product dalam melakukan pelancongan.

CEO Blibli.com Kusumo Martanto (kanan), CEO Tiket.com baru George Hendrata (tengah), dan Co-founder Tiket.com Gaery Undarsa (kiri)

Namun belum akan ada perubahan dari sisi tampilan aplikasi, mobile, dan situs Tiket.com karena harus mempertimbangkan beberapa faktor. "Ke depannya (situs kami) akan customer centric, di mana jika ada perubahan (tampilan) itu tergantung dari data, riset yang ada, survei, dan input dari setiap customer," ujar Gaery.

Meski demikian, tambah Gaery, pihaknya sudah mengidentifikasi beberapa hal yang baik untuk diimplementasikan. "Di Tiket.com sendiri secara produk pasti akan mengalami pengingkatan yang cukup signifikan," tuturnya.

Atas akusisi ini maka George Hendrata menjadi CEO Tiket.com yang baru. George memulai karirnya di divisi paging Motorola di Florida, AS, dan kemudian divisi telepon seluler di Chicago, AS. Ia memiliki gelar Bachelor of Science dari Columbia University dan MBA dari Harvard Business School dan menjabat sebagai Presiden Harvard Alumni Club Indonesia.

Tiket.com sendiri diketahui menjadi salah satu online travel yang memudahkan pejalan Indonesia. Di mana pada tahun 2013 Tiket.com berhasil menjadi partner online utama dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang saat itu baru mulai menerapkan sistem penjualan tiket daring. Tiket.com juga diketahui menjual lima macam produk travel; tiket pesawat, hotel, kereta api, sewa mobil, dan event/tiket hiburan.

(vem/zzu)