Review: Buku Semua Bisa Bahagia Karya Dr. Usman Jasad

Fimela11 Sep 2018, 19:30 WIB
Semua Bisa Bahagia./Copyright Vemale

Judul: Semua Bisa Bahagia
Penulis: Dr. Usman Jasad
Penyunting: Fajar Kurnianto
Penyelaras aksara: Lya Astika, Agus Susanto
Penata aksara: Leli
Perancang sampul: Fahmi Ilmansyah
Cetakan ke-1, Mei 2018
Diterbitkan oleh Noura Books (PT Mizan Publika)

Seorang anak kecil mengintip rumah tetangganya dari balik kaca jendela.

“Ibu kenapa rumah tetangga kita kotor?” tanya anak tersebut.

Tanpa mengucapkan sepatah kata pun, si ibu membersihkan kaca jendela. Kemudian, dia meminta anaknya untuk kembali melihat lewat kaca jendela tersebut. “Wow ternyata rumah tetangga kita sangat indah ya, Bu,” seru sang anak terkejut.

Kebahagiaan tidak ditentukan oleh peristiwa-peristiwa di luar diri kita. Jika Anda tidak merasa bahagia, cobalah berhenti sejenak dan menyelam ke dalam batin untuk memeriksa “kaca jendela” Anda.

Dr. Usman Jasad mengajak kita mengindentifikasi kebahagiaan sejati melalui catatan-catatan pendeknya dalam buku ini.

***

Apa sih bahagia itu? Bagaimana caranya agar bisa bahagia? Apa yang perlu dilakukan untuk menghadirkan perasaan bahagia? Selama ini kita mungkin sering mendengar kalau bahagia itu harus kita ciptakan sendiri. Hanya saja belum semua orang tahu dan paham cara menciptakan kebahagiaan itu.

Melalui buku Semua Bisa Bahagia, kita akan mendapat banyak sekali pesan dan cara untuk bisa bahagia. Semua orang bisa bahagia. Masing-masing dari kita punya kesempatan untuk bahagia. Hanya saja memang mungkin cara untuk menggapai kebahagiaan itu bisa berbeda satu sama lain.

Buku ini terdiri dari tujuh bagian, antara lain:
1. Hidup BAHAGIA
2. Bahagia Bersama Allah
3. Bahagia dengan Diri Sendiri
4. Bahagia Saja Sekarang
5. Bahagia Saat Menghadapi Kesulitan
6. Perasaan Beracun
7. Praktik Kebahagiaan

Semua Bisa Bahagia./Copyright Vemale

Masing-masing bagian terdiri dari sejumlah tulisan yang dibuat dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Kita bisa membaca buku ini dari awal hingga akhir. Bisa juga memilih judul yang sekiranya sangat sesuai dengan yang paling kita butuhkan.

Ada banyak makna soal kehidupan dan kebahagiaan di buku ini. Ada berbagai pembahasan yang begitu dekat dengan keseharian dan hal-hal yang dialami oleh masyarakat modern. Begitu banyak nasihat yang bisa langsung kita aplikasikan di kehidupan kita sehari-hari.

Semua Bisa Bahagia bisa jadi pencerah kita saat kita merasa hidup sudah tidak memberi harapan lagi. Buku ini akan memberi banyak pemahaman yang membuat kita bisa menemukan kebahagiaan kita kembali dengan cara yang mungkin tak pernah kita duga sebelumnya.

 

 

(vem/nda)