Review: Novel Before 30 Karya Nina Ruriya

Fimela25 Sep 2018, 18:45 WIB

Judul: Before 30
Penulis: Nina Ruriya
Editor: Ruth Priscilia Angelina
Proofreader: Nur Aini Fajria
Desain sampul: Desy Setyowati
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Kalau menurut wasiat sang nenek, sebelum usia 30, Sondra Smith memang diharuskan menemukan Mr. Right dan menikah. Tetapi, selama bertahun-tahun, pria potensial di dekatnya hanya Kevin Herral, bosnya, yang selalu memerintah dan membuatnya menjadi workaholic. Masa iya ia harus mengakhiri masa lajangnya dengan pria otoriter begitu? Beruntung Sondra bertemu Raymond Leighton di Gordon & Theo. Pria tampan itu membuatnya langsung jatuh hati pada pandangan pertama.

Tetapi, benarkah keluarga Leighton yang kaya bertanggung jawab atas kekacauan yang terjadi pada keluarga Michelle, sahabat Sondra? Haruskah ia menyerahkan sisa hidupnya kepada Ray setelah masa lalu kelam pria itu terkuak? Atau Kevin yang menyebalkan justru adalah jawaban dari pencarian panjang Sondra?

***

Sudah hampir kepala tiga tapi belum juga menikah, situasi seperti ini memang sering bikin wanita merasa dilema. Begitu pula dengan Sondra Smith, seorang Arsitek Senior dan Desainer Interior Home & Garden Solutions yang berusia 29. Neneknya pun meninggalkan wasiat agar Sondra bisa menikah sebelum berusia 30 tahun.

 

 



Cantik dan punya karier bagus tak lantas membuat Sondra bisa cepat-cepat menemukan jodohnya. Setelah putus dari Jonas, sosok pria yang paling dekatnya hanyalah Kevin Herrall. Kevin adalah atasan yang selalu merepotkan Sondra, bahkan Sondra sampai sulit untuk bisa cuti karena Kevin sering melimpahkan banyak pekerjaan padanya.

Suatu malam, saat menikmati waktu bersantai di bar Gordon & Theo bersama teman kerjanya, Michelle, Sondra terpana dengan sosok pria misterius. Sebuah insiden yang cukup mengerikan terjadi tak lama kemudian yang membuat Sondra berkesempatan berbincang sebentar dengan si pria misterius tersebut. Kejadian tersebut memang sangat mengejutkan sekaligus membuat Sondra makin penasaran dengan pria misterius tersebut.

 



Di tempat kerjanya, Sondra makin dibuat stres dengan perlakuan Kevin padanya. Ada proyek baru yang dilimpahkan pada Sondra. Tapi siapa sangka, Sondra kemudian bertemu dengan pria misterius yang ternyata bernama Raymond Leighton. Benih-benih cinta muncul, namun ternyata situasi yang tengah mereka hadapi jauh lebih kompleks dan rumit dari kelihatannya. Terlebih ketika Kevin akhirnya mengakui sesuatu yang sudah bertahun-tahun dipendamnya sendiri kepada Sondra.

 

 



Latar novel di New Orleans digambarkan dengan begitu baik. Bahkan kita seakan-akan ikut dibawa jalan-jalan dan menikmati pemandangan serta sudut-sudutnya yang menarik. Before 30 bukanlah novel romance biasa. Ada misteri, pengkhianatan, balas dendam, dan kelamnya masa lalu yang terungkap dari karakter-karakternya. Orang-orang di sekeliling Sondra ternyata punya kisah masa lalu yang membuat kehidupan Sondra jadi jungkir balik.

Before 30 ini memang tak berfokus pada wasiat nenek Sondra. Tetapi lebih pada kisah Sondra berusaha menemukan jodoh sejatinya di tengah masalah-masalah baru yang dihadapinya. Jadi, apakah Sondra bakal menikah sebeluam usia 30 tahun? Langsung saja baca novelnya, ya ladies.

(vem/nda)