Sukses

Fashion

Review: Buku Home Learning, Bagaimana Cara Terbaik Mendidik Anak Zaman Now?

Judul: Home Learning, Belajar Seru Tanpa Batas
Penulis: Natalia Ridwan, Ning Nathan, Yulianti Hendra
Desain sampul: Suprianto
Desain isi: Fajarianto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

“Bagaimana cara terbaik mendidik anak zaman now?”

Bagi sebagian besar orangtua, memilih metode pendidikan untuk anakanak adalah perkara yang gampang-gampang susah. Pergeseran zaman menuntut orangtua lebih kritis dan kreatif untuk menyikapi beragam pilihan yang ada.

Home Learning adalah sebuah konsep mendidik anak berbasis rumah atau keluarga yang hakikatnya adalah kemerdekaan belajar. Belajar itu asyik, tanpa batas, kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja.

***

Orangtua memegang peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang dan pendidikan anak. Peran orangtua di sini bukan sebatas pada memilihkan jenis sekolah yang baik. Lebih dari itu, orangtua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan anak bisa belajar dengan baik, menyenangkan, dan bisa jadi bekalnya untuk tumbuh dewasa. Orangtua juga punya peran penting untuk merancang rencana pola pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Pada dasarnya setiap anak itu genius. Seperti yang dipaparkan oleh Thomas Armstrong, Ph.D., setiap anak terlahir genius, tapi yang dimaksud dengan genius di sini adalah "melahirkan kegembiraan dalam belajar". Hanya saja sayangnya, kegeniusan anak bisa luntur seiring waktu karena pengaruh buruk dari lingkungan, seperti dari rumah, sekolah, hingga media. Di sinilah orangtua harus bisa berperan aktif untuk membantu anak mengeluarkan potensi dan kegeniusannya.

Cuma memang masalahnya tak semua orangtua paham cara mendidik yang benar. Tak semua orangtua punya bekal ilmu yang cukup mengenai merancang pola pendidikan yang baik di rumah. Nah, buku Home Learning ini pun bisa dijadikan salah satu acuannya. Ada banyak ilmu, petunjuk, dan arahan soal bagaimana orangtua harus mengambil peran dalam pendidikan anak.

Intinya, tanggung jawab mendidik anak sejatinya ada di pundak orangtua. Sekolah reguler dan lembaga pendidikan lainnya hanyalah pihak pendukung yang meringankan sebagian beban orangtua. Inilah yang dinamakan konsep home learning: pendidikan yang berawal dari dan berbasis di rumah.
(hlm. 19)

Buku Home Learning./Copyright Vemale/Endah

Di awal buku ini, kita akan diajak untuk memahami soal tantangan dunia pendidikan, cara anak-anak belajar, dan memilih metode pendidikan yang tepat. Di sini kita akan memahami lebih jauh soal betapa pentingnya mengawali pendidikan dari rumah. Juga jadi lebih tahu soal tantangan-tantangan yang mengintai dan mau tak mau harus dihadapi di dunia pendidikan zaman sekarang.

Lalu di bab The Learning Journey, kita akan mendapat panduan soal bagaimana memulai kebiasaan baik di rumah, pentingnya melatih keterampilan hidup, mempersiapkan anak untuk belajar membaca, menulis, dan berhitung dengan lebih terarah serta menyenangkan, dan memahami lebih dalam soal belajar untuk kehidupan. Diselingi dengan pengalaman penulisnya dalam mendidik anak, ada banyak isu dan topik yang pastinya begitu dekat dengan keseharian dan perjuangan orangtua dalam mendidik anak yang benar.

Setiap anak adalah unik. Memahami keunikan anak merupakan sebuah tantangan bagi orangtua. Selain memiliki kepribadian yang berbeda-beda, ternyata setiap anak juga melihat dan merefleksikan apa yang dipelajarinya dari sudut pandang yang berlainan.
(hlm. 157)

Ada banyak tips menarik di buku Home Learning./Copyright Vemale/Endah

Lalu di bab Homeschooling, ada panduan yang bisa dijadikan pegangan atau acuan bagi orangtua yang memutuskan anak untuk belajar dengan metode homeschooling. Dari cara memulai homeschooling, menyusun kurikulum homeschooling, dan evaluasinya. Mungkin selama ini kita mengira kalau anak yang belajar dengan cara homeschooling itu bakal hanya duduk diam di rumah dan belajar. Tapi ternyata cakupannya lebih luas dari itu. Dan orangtua punya peran yang begitu besar di sini.

Seperti yang disebutkan di buku ini, home learning hakikatnya adalah kemerdekaan belajar. Anak adalah sumber pemelajar yang mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan sesuai minatnya, dengan cara yang sesuai keunikannya, serta belajar dari sumber apa saja. Tugas orangtua adalah sebagai fasilitator,  yang memberikan ruang dan wawasan untuk memperkaya proses pendidikannya. Buku ini sangat cocok untuk dibaca semua orangtua yang ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hatinya. Apalagi tantangan dunia modern saat ini makin berat, sehingga penting untuk membekali anak dengan ilmu dan kemampuan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Kita juga akan memahami lebih jauh soal jenis-jenis gaya belajar anak, menemukan solusi untuk anak yang memiliki kesulitan belajar, dan membantu memfasilitasi anak untuk bisa melewati tahapan belajarnya dengan baik. Ada banyak tips dan metode yang bisa langsung diaplikasikan dalam merencanakan pendidikan anak. Home Learning bisa jadi salah satu referensi lengkap untuk membekali diri dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hati tercinta.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading