Asian NewGen Fashion Award Siap Lahirkan Desainer Muda Bertalenta

fitriandiani17 Des 2018, 12:00 WIB
ANFA

Fimela.com, Jakarta Sebagai bentuk komitmen untuk memajukan industri kreatif Indonesia, khususnya di bidang desainer fashion, Harper's Bazaar kembali bersiap mengirimkan kandidat bertalenta ke Asia NewGen Fashion Award (ANFA).

Harper's Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) merupakan kompetisi yang telah digelar secara rutin sejak tahun 2013 di kawasan Asia, di mana Harper's Bazaar Thailand, Indonesia, Malaysia dan Singapura menggagasnya. Di tahun kelima terselenggaranya, India bahkan turut bergabung meramaikan kompetensi fashion bergengsi ini.

Di Indonesia sendiri, ANFA secara khusus menjadi wadah bagi kreativitas para calon desainer muda. Tak hanya berkompetisi dengan sesamanya, Harper's Bazaar melalui ANFA membimbing para kandidat untuk mempersiapkan diri memulai kariernya.

"Harper's Bazaar pengin desainer nggak cuma bikin baju yang laku, tapi juga bagus dipajang di majalah, ngerti bussiness plan dan lain-lain," ujar Ria Lirungan selaku Editor In Chief Harper's Bazaar Indonesia.

 

Peran ANFA Melahirkan Desainer Kenamaan Tanah Air

ANFA
Asia NesGen Fashion Awards jadi bentuk komitmen Harper's Bazaar untuk memajukan industri fashion lewat para desainer muda bertalenta. (Foto ilustrasi: unsplash.com)

Sebagai platform calon desainer muda, ANFA memang sedemikian rupa membekali para kandidat dengan ilmu di industri fashion. "Saya sebagai juri diminta untuk memberikan saran serta membantu para finalis menemukan karakteristiknya dalam dunia mode," ujar Didi Budiarjo, salah satu juri ANFA. Tak heran kalau ANFA sukses melahirkan nama-nama desainer muda yang di perhitungkan di dunia mode, khususnya di Indonesia.

Wilsen Willim, desainer yang juga lulusan ANFA tahun 2016 menceritakan bagaimana ANFA membuka peluang untuknya berkarier di bidang ini. "ANFA adalah awal dari brand dan bisnis aku sekarang. Nggak bisa dipungkiri ANFA membuka connection untuk aku," ujarnya.

Komitmen ANFA untuk perkembangan para desainer fashion muda memang tak main-main. Hal tersebut dapat terlihat dari kesuksesan desainer "lulusan"-nya dari tahun ke tahun. Selain Wilsen Willim, ada juga Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya (Sean & Sheila), Cynthia Fransisca dan Audrey Chairunnisa, William Utama yang menjadi pemenang Grand Final ANFA 2016 di Singapura serta nama-nama lainnya.

Seiring dengan tujuannya untuk menemukan serta mewadahi desainer-desainer muda berbakat di negar masing-masing, ANFA Indonesia akan terus hadir dan membawa industri kreatif Indonesia ke dunia internasional.

Lanjutkan Membaca ↓