5 Cara Mudah Memilih Sepatu Boot yang Nyaman dan Stylish

Vinsensia Dianawanti12 Jan 2019, 16:00 WIB
5 Cara Mudah Memilih Sepatu Boot yang Nyaman dan Stylish

Fimela.com, Jakarta Memasuki 2019, ini saatnya Sahabat Fimela memperbaharui penampilan dengan sesuatu yang segar seperti, sepatu boot. Sebenarnya sepatu boot merupakan fashion item yang cukup fleksibel untuk dipadupadankan dengan jenis pakaian lain. Bisa digunakan untuk gaya formal maupun informal.

Untuk itu harus memilih sepatu boot yang nyaman di kaki agar pemakai bisa menggunakannya ke manapun. Kenyamanan sepatu boot yang digunakan juga akan menunjang kesehatan. Timberland ingin berbagi tips seputar memilih sepatu yang nyaman namun tetap terlihat stylish. Penasaran?

1. Ukuran yang tepat

Setiap kaki bisa berubah ukuran akibat berat badan yang naik atau turun. Sebaiknya ukur panjang, lebar dan lengkungan kaki agar benar-benar mengetahui ukuran kaki yang tepat. Ukuran kaki kanan dan kiri juga tidak selalu sama.

Dan sebaiknya mencoba da membeli sepatu di sore atau malam hari karena kaki akan sedikit membesar setelah seharian beraktivitas. Ketika mencoba sepatu boot lebih baik gunakan kaus kaki untuk memastikan sepatu tetap nyaman walaupun ada lapisan kaus kaki yang tebal.

2. Insole yang nyaman

Insole merupakan bagian dalam sepatu yang menyentuh telapak kaki. Insole yang baik mampu menyangga setiap bagian kaki namun tetap fleksibel mengikuti pergerakkan kaki. Saat mencoba sepatu boot, cobalah untuk berjalan di sekitar toko agar bisa merasakan seberapa nyaman kaki saat bergerak menggunakan sepatu.

Selain berjalan, berdirilah di ujung jari kaki utnuk mengetahui apakah jari-jari kaki mempunya ruang untuk merenggang keluar atau malah terbentur dengan ujung dan atas sepatu. Kemudian naikkan tumit seperti hendak naik tangga untuk memeriksa apakah tumit bergeser di dalam sepatu. Sepatu boot yang baik akan mencengkera, tumit dengan pas.

 

Cara memilih sepatu boot yang nyaman

5 Cara Mudah Memilih Sepatu Boot yang Nyaman dan Stylish
Simak cara memilih sepatu boot yang nyaman dan stylish (Foto: Timberland)

3. Empat macam tes

Ketika hendak membeli sepatu boot, lakukan tes fleksibilitas dari bagian luar dan atas boot karena berpengaruh dengan kenyamanan. Tes bisa dilakukan dalam empat cara, yakni menekuk ke atas bagian depan sepatu tempat jari-jari. Sepatu boot harus cukup fleksibel untuk menekuk sedikit.

Kemudian periksa juga apakah ada penyangga untuk bagian lengkukan kaki, pilih sepatu boot yang memiliki hak lebar, dan tebal karena akan membantu menjaga keseimbangan.

4. Bagian luar yang tahan air

Jika memilih sepatu boot karena menyukai aktivitas di luar ruangan, pilihlah yang memiliki tahan air di bagian luar. Keliman sepatu juga harus rapat sehingga mampu melindungi kaki dari basah dan lembap.

5. Bahan pembuatnya

Pilihlah sepatu boot bukan hanya sekedar untuk memenuhi gaya hidup, namun kesediaan kita untuk merawat bahan tersebut. Bahan kulit akan menyesuaikan dengan kaki namun harus dirawat agar tidak kering dan pecah. Sementara, bahan sintetis lebih mudah dirawat namun tampilannya tidak akan seelegan sepatu boot klasik.

Lanjutkan Membaca ↓