Sukses

Fashion

Punya Banyak Baju Tak Terpakai? Ini Tips Marie Kondo untuk Memanfaatkannya

Fimela.com, Jakarta Jika kamu sudah menonton serial "Tidying Up with Marie Kondo" tentu sudah tak asing lagi dengan sosok wanita Jepang yang satu ini. Ya, reality show mengenai problematika membereskan rumah yang banyak dialami oleh sebagian besar orang di dunia ini.

Marie Kondo selalu memberikan tips utama dalam membereskan rumah adalah dengan membagi kategori barang-barang yang akan dibenahi, dan langkah utama ialah untuk membereskan pakaian-pakaian yang menumpuk dan menyortirnya serta melipatnya secara tertata lewat metode khusus.

Langkah utama ini menjadi cara yang paling mengejutkan, karena rata-rata pakaian yang dimiliki sangat menumpuk dan banyak yang sudah tidak terpakai lagi.

Marie Kondo mengatakan bahwa tidak semua pakaian yang tidak terpakai akan menjadi sampah. Tapi, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar baju tersebut bisa memiliki manfaat. Penasaran bagaimana?

 

Memanfaatkan pakaian bekas

1. Jual

Opsi menjual pakaian yang sudah terpakai menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan baju-baju yang tidak terpakai. Sekarang ini sudah banyak cara untuk menjualnya, selain dengan melakukan garage sale, kamu juga bisa menjual secara online dengan aplikasi-aplikasi atau market place tertentu. Dengan cara ini, setidaknya baju yang tak terpakai akan memberikan sedikit manfaat dalam kehidupanmu.

 2. Sumbangkan

Mungkin bagi kita pakaian tersebut adalah sampah yang sudah tidak terpakai. Namun bagi sebagian orang, hal tersebut bisa menjadi hal yang sangat berarti. Pilih kembali pakaian-pakaian layak pakai dan kamu bisa menyalurkan pakaian tersebut untuk yayasan atau sebagai bantuan bencana alam yang dapat bermanfaat bagi banyak orang.

 3. Daur ulang

 Ya, sebelum membuang baju yang tak ingin kamu gunakan lagi, ada baiknya untuk mendaur ulang agar jadi sesuatu yang bermanfaat. Mungkin sebelum dibuang, kamu bisa memanfaatkannya menjaadi lap atau keset untuk di rumah.

 Nah dengan cara di atas, maka tak ada pakaian yang terbuang sia-sia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading