Sukses

Fashion

Peran Penting Robby Tumewu Babat Alas Fashion Indonesia di Era 80an

Fimela.com, Jakarta Robby Tumewu, desainer, komedian, dan aktor kawakan meninggal dunia pada usia 65 tahun, dini hari tadi (14/1). Sebelum dikenal sebagai aktor dan komedian lewat Lenong Rumpi dan Keluarga Van Danoe, ia lebih dulu berkiprah sebagai desainer fashion Indonesia.

Melansir dari berbagai sumber, Fashion show pertama yang diikuti pria kelahiran Bandung, 4 Desember 1953 ini berlangsung pada tahun 1973. Debut peragaan busananya mendapat respons positif hingga direkrut sebagai asisten perancang busana Henry Passage di Bandung pada tahun 1976.

Setelah merasa cukup modal baik ilmu dan uang, Robby Tumewu hijrah ke Jakarta. Keputusannya pun tepat, namanya semakin besar dan ia bergabung dalam Ikatan Perancang Mode Indonesia (IMPI) yang didirikan pada tahun 1986.

"Mas Robby itu dari tahun 80an ya (bergabung jadi anggota), kalau saya dari tahun 99. Jadi beliau jadi salah seorang yang babat alas (membuka lahan baru-red) fashion Indonesia bareng senior yang lainnya," ujar desainer dan Creative Director Iwan Tirta Batik Era Soekamto saat dihubungi Fimela, (14/1).

 

Rancangan Robby Tumewu Menggambarkan Karakternya

Era Soekamto juga pernah menjadi satu dari 10 desainer yang membuat karya tribute to Robby Tumewu di event Jakarta Fashion Week 2012. Kala itu, mereka membuat rancangan bertema Color Me Life With Love Dedicated to Robby Tumewu.

Tema besar warna dipilih karena Robby Tumewu dikenal dengan ciri khas busana colorful. Selain warna menjadi signature style-nya, Era Soekamto juga mengenang almarhum sebagai sosok yang memberi warna di industri fashion tanah air.

"Mas Robby senior saya di IPMI yang memberi warna bagi fashion Indonesia. Seperti juga karakternya, selalu happy, lucu, dan menyegarkan. Sama seperti karyanya," tutup Era Soekamto.

Selamat jalan Robby Tumewu, terima kasih untuk segala warna, karya, dan keceriaan yang menjadi inspirasi dan kenangan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading