Makna di Balik Aturan Fashion Para Anggota Kerajaan Inggris

fitriandiani29 Jan 2019, 10:00 WIB
Gaya Kate Middleton dan Meghan Markle Saat Natal

Fimela.com, Jakarta Menjadi anggota kerajaan tak semudah yang dibayangkan. Untuk menjaga citra mereka di hadapan publik, ada sederet aturan ketat termasuk dalam hal fashion. Meghan Markle, Kate Middleton, dan para perempuan lain di kerajaan harus melaksanakannya.

Selain itu, di balik aturan fashion mereka ada juga pesan-pesan tersembunyi dan apa arti dari setiap pergerakan mereka. Untuk lebih lengkapnya, simak di bawah ini yuk mengenai aturan fashion para anggota Kerajaan Inggris!

Menggantung tas di tangan kiri

Mungkin ini terlihat sepele, namun bagi para anggota kerajaan cukup esensial. Menggantung tas di tangan kiri dimaksudkan agar tangan kanan mereka bebas untuk berjabat tangan, atau melambai untuk menyapa publik.

Cat kuku berwarna nude

Entah apa tujuan pastinya, namun para perempuan anggota kerajaan ini dilarang mengenakan cat kuku berwarna mencolok. Ratu Elizabeth II sendiri memakai cat kuku dari Essie shade "Ballet Slippers" selama 28 tahun belakangan. Well, Meghan Markle sempat buat heboh karena tampil dengan cat kuku warna gelap beberapa waktu lalu. Apakah itu artinya ia melanggar aturan kerajaan?

Mahkota hanya untuk acara mewah

Meski mereka anggota kerajaan Inggris, tak berarti mahkota yang sesungguhnya harus selalu melekat di kepala mereka. Benda berharga ini hanya akan dikenakan di acara-acara mewah kerajaan, itupun hanya yang sudah menikah yang boleh mengenakannya. Mereka akan pertama kali mengenakan mahkota di hari pernikahannya.

Ratu Elizabeth pakai handbag untuk beri kode

Ratu Elizabeth
Fashion Ratu Elizabeth II dan handbag-nya. (HENRY NICHOLLS/ POOL/AFP)

Membawa tas ke mana-mana bukan semata karena fashion. Bagi sang Ratu, tasnya juga berfungsi untuk memberi kode. Contoh, jika ingin mengakhiri sesi dinner, ia akan meletakkan tasnya di atas meja sebagai tanda ia akan bersiap pergi. Atau jika ia memindahkan tasnya dari tangan satu ke tangan lain ketika sedang berbicara, itu artinya ia ingin mengakhiri percakapan.

Ratu Elizabeth II selalu pakai baju warna cerah

Warna-warni baju Ratu tak jarang membuat takjub, tapi itu ternyata memiliki tujuan khusus. Ratu memakai baju warna super cerah dengan alasan agar orang-orang mengetahui keberadaannya. Penulis biografi Ratu, Robert Hardman, sebagaimana dikutip dari Cosmopolitan, menuliskan perkataan ratu soal ini, "Aku tidak akan menggunakan warna beige karena tidak ada yang akan tahu siapa aku."

Dilarang pakai wedges di hadapan Ratu

Ratu Elizabeth II sangat tidak menyukai model hak wedges, karena itu para perempuan kerajaan tak ada yang mengenakannya jika akan bertemu dengan sang Ratu.

Ratu punya staff khusus untuk memakai sepatu barunya

Resmi Restui Pernikahan Harry, Ratu Elizabeth II Rilis Dokumen Ini
(Foto: © AFP via Kapan Lagi) Ratu Elizabeth II

Sang Ratu punya banyak agenda dan di setiap agenda tersebut ia pasti mengenakan pakaian dan sepatu yang berbeda. Menariknya, kapanpun ia perlu sepatu baru, sepatu tersebut akan dikenakan terlebih dahulu oleh staff-nya agar sepatu baru itu lebih nyaman dikenakan.

Tak jarang memang sepatu baru terasa kaku dan kurang nyaman dikenakan. Sang Ratu harus menghindari hal tersebut, karenanya ia punya staff khusus untuk mengenakan sepatu barunya terlebih dahulu agar lebih nyaman saat dikenakan.

Lanjutkan Membaca ↓