Simak 8 Tips Mengenakan High Heels Tanpa Rasa Sakit

Annissa Wulan19 Feb 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi high heels

Fimela.com, Jakarta Apa kamu termasuk orang yang tidak bisa hidup tanpa mengenakan high heels? High heels memang menjadi satu fashion item yang secara instan dapat membuat penggunanya merasa percaya diri, benar?

Sayangnya, mengenakan high heels dalam jangka waktu panjang tidak mudah, banyak orang merasakan rasa sakit pada bagian tumit. Namun, kamu tidak perlu khawatir, dilansir dari stylecaster.com, Sabtu (9/2/2019), berikut ini adalah beberapa tips mengenakan high heels tanpa rasa sakit, penasaran?

1. Pastikan kamu mengenakan ukuran sepatu yang tepat

Kesalahan utama yang mungkin dilakukan perempuan ketika mengenakan high heels adalah tidak mengenakan ukuran yang tepat untuk diri mereka. Ukuran kaki seseorang akan berubah-ubah seiring berjalannya waktu, terutama setelah memiliki anak.

Ukur lagi kakimu setiap satu tahun sekali dan lakukan lagi jika belum pernah melakukannya. Lakukan pengukuran ulang setiap kali membeli sepatu dari label yang berbeda.

2. Pahami jenis kakimu sendiri

Memahami jenis kaki diri sendiri berarti mengetahui apakah kamu memiliki kaki yang rata atau melengkung tinggi. Basahi kakimu dan melangkahlah ke atas selembar kertas konstruksi.

Cara ini akan menunjukkan apakah kakimu termasuk jenis yang rata atau seberapa tinggi lengkungan yang dimiliki. Atau yang paling mudah adalah menemui profesional.

3. Semakin tebal tumit sepatu, semakin baik

Hindari mengenakan sepatu dengan tumit yang tipis, seperti stiletto. Sepatu ini akan menyebabkan kaki terasa sakit jika dikenakan dalam waktu yang lama.

4. Hindari sol sepatu yang tipis, pilihlah platform

Sol sepatu yang tipis hampir selalu membuat kakimu sakit. Pilihlah high heels yang memiliki sol lebih tebal atau sedikit platform untuk mengimbangi tekanan saat kamu berjalan.

 

Tidak disarankan menggunakan high heels setiap hari, biarkan kaki istirahata

Ilustrasi high heels
Ilustrasi high heels. Sumber foto: unsplash.com/Caitlyn Wilson.

5. Istirahat

Jangan berusaha mengenakan high heels setiap hari, berikan waktu untuk kakimu beristirahat.

6. Mereggangkan kaki setelah melepas sepatu

Peregangan yang dilakukan seharusnya menargetkan bagian depan dan pergelangan kaki, seperti dengan mengarahkan jari-jari kaki ke bawah dan atas.

7. Pilih sepatu yang bisa menutupi bagian atas kaki

Semakin luas bagian atas kaki yang dicakup, semakin baik. Jika kakimu selalu lecet karena mengalami gesekan, sepatu dengan cakupan di bagian atas adalah yang terbaik.

8. Bantalan kaki dapat membantu

Bantalan ini biasanya berbentuk oval, berada di bawah bola kaki, dan terbuat dari gel silikon. Gunanya menggunakan bantalan kaki adalah untuk melawan rasa sakit yang sering terjadi di bagian bawah bola kaki.

Bahan silikon juga membantu menahan kaki agar lebih mantap di dalam sepatu, sehingga kaki tidak terlalu banyak bergerak ke depan, melindungi jari-jari kaki dari gesekan dan lecet. Sering pakai bantalan kaki juga ketika mengenakan high heels?

Lanjutkan Membaca ↓