Sukses

Fashion

Fendi Hingga Chanel, Lihat Sejarah Perjalanan Karir Karl Lagerfeld

Fimela.com, Jakarta Desainer ikonis dunia, Karl Lagerfeld meninggal dunia di usia 85 tahun, setelah berkarir di industri mode selama 60 tahun. Karl menutup usia di Paris, Selasa (19/2). Sederet karya-karya Karl telah menghiasi tren mode dunia.

Bebagai pencapaian penting juga telah diraih desainer asal Jerman ini selama perjalanan karirnya. Termasuk bergabung dengan rumah mode kenamaan dunia mulai dari Chloé, Fendi, hingga akhir hayatnya di Chanel.

Bagi kamu yang penasaran dengan perjalanan karir creative director Chanel ini, berikut momen-momen penting bagi karir Karl Lagerfeld berkelana di industri fashion dunia yang dirangkum Fimela, Rabu (20/2).

1. Tahun 1954

Setelah memenangkan penghargaan kategori coats di International Secretariat, Karl Lagerfeld dipekerjakan sebagai asisten Pierre Balmain. Ia menggeluti pekerjaan ini hingga tahun 1958.

2. Tahun 1958

Pada tahun ini Karl bergabung dengan Jean Patou. Ia berhasil mendesain 10 koleksi couture selama lima tahun bekerja di label tersebut.

3. Tahun 1963

Karl Lagerfeld pindah ke Chloé sebagai desainer. Ia bekerja bersama dengan desainer lainnya yang dibawa oleh sang founder Gaby Aghion yaitu Graziella Fontana, Tan Giudicelli dan Michèle Rosier.

4. Tahun 1965

Karl Lagerfeld bergabung dengan Fendi sebagai kepala desainer untuk koleksi ready to wear dan bulu.

5. Tahun 1966

Setelah tiga tahun bekerja bersama desainer lain di Chloé, Karl mengambil kendali sebagai creative director brand tersebut.

6. Tahun 1983

Dengan berakhirnya kontraknya, Karl Lagerfeld meninggalkan jabatannya sebagai creative director Chloé dan pindah ke rumah mode Chanel sebagai couturier.

7. Tahun 1984

Karl Lagerfeld meluncurkan dan memperkenalkan labelnya yang mengambil dari namanya, Karl Lagerfeld.

 

Perjalanan karir Karl Lagerfeld

8. Tahun 1987

Selain dari desainnya yang indah, Lagerfeld semakin terkenal karena ia memotret sendiri untuk Fendi dan Chanel. Dia juga mengambil gambar untuk editorial majalah, seperti V Magazine, Harper’s Bazaar, dan Vogue versi Jerman dan Rusia.

9. Tahun 1988

Bermitra dengan Steilmann, grup manufaktur pakaian terbesar di Eropa, Lagerfeld menciptakan brand KL by Karl Lagerfeld, label terbarunya dengan harga yang lebih terjangkau.

10. Tahun 1992

Karl Lagerfeld bergabung kembali dengan Chloé untuk kedua kalinya sebagai desainer. Ia menciptakan kampanye iklan yang mengesankan dengan model Linda Evangelista.

11. Tahun 1997

Karl Lagerfeld meninggalkan Chloé dan digantikan oleh Stella McCartney.

12. Tahun 1999

Karena cintanya pada buku, fotografi, dan seni, Lagerfeld membuka toko buku, bernama 7L, di Paris. Toko ini menawarkan banyak buku tentang mode, arsitektur, hingga fotografi.

13. Tahun 2017

Karl Lagerfeld menerima kehormatan tertinggi Paris di acara couture Chanel. Walikota Paris saat itu, Anne Hidalgo menghadiahkan Lagerfeld dengan medali Grand Vermeil.

14. Tahun 2019

Sebelum menutup usia, awal tahun ini Karl Lagerfeld untuk pertama kalinya dalam 54 tahun di Fendi, mendesain busana pria untuk runway. Selamat jalan Karl Lagerfeld karya-karyamu akan tetap menjadi warisan bagi industri mode dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading