Rama Dauhan Apresiasi Intuisi Perempuan di Plaza Indonesia Fashion Week 2019

Vinsensia Dianawanti26 Mar 2019, 16:00 WIB
Rama Dauhan Apresiasi Intiuisi Perempuan di Plaza Indonesia Fashion Week 2019

Fimela.com, Jakarta Rama Dauhan menjadi salah satu desainer yang meramaikan panggung Plaza Indonesia Fashion Week. Kali ini, Rama Dauhan merespon tema Women Empowerment sebagai inspirasi rancangan koleksinya. Sosok pelukis perempuan asal Jerman bernama Paula Modersohn Becker dipilih sebagai sumber inspirasinya.

Sang pelukis menunda kehamilannya untuk berkarya. Namun masa Paula berkarya terbilang singkat. Ia meninggak setelah melahirkan anak pertamanya. Paula memiliki semangat luar biasa untuk berkarya namun juga harus melawan gejolak kepedihan hati seorang istri yang ingin menjadi seorang ibu. Semangat itulah yang membuat Rama Dauhan terinspirasi membuat koleksi ini.

Ia mengungkapkan bahwa perempuan memiliki peranan yang kuat untuk membagi dirinya dalam banyak identitas. Sebagai istri, bisa menjadi pria yang mampu melindungi, sebagai kaum feminis yang memperjuangkan pendidikan hingga berani berkarya. Hingga akhirnya Rama Dauhan mengusung koleksi busana bertajuk "Intuisi" yang berarti bisikan hati.

Koleksi ini menampilkan ragam motif bordir yang terinspirasi dari Rajasthan, Jaipur. Motif yang menarik ini terdiri dari motif merak, sapi, permainan warna dan garis putih. Warna-warna yang digunakan melambangkan kemurnian dan kesucian dengan putih, ivory, lavender, dan abu-abu muda.

 

Detail unik dan aesthetic

Rama Dauhan Apresiasi Intiuisi Perempuan di Plaza Indonesia Fashion Week 2019
Intip koleksi terbaru Rama Dauhan untuk Plaza Indonesia Fashion Week 2019 (Foto: Plaza Indonesia)

Ciri khas rancangan dari seorang Rama Dauhan pun tidak terlewatkan. Di mana Rama memadukan segala jenis bahan, seperti katun ramie, katun voal, katun doby, linen, organdi, lace, dan tulle menjadi satu kesatuan yang cantik dan unik.

Beragam volume nyaman khas Rama Dauhan juga mendominasi koleksi ini. Bahan yang digunakan cukup sejuk di kulit dan mudah menyerap keringat sesuai dengan kondisi iklim tropis di Indonesia. Beberapa koleksi dihias dengan payet mutiara, batang, padi, dan kristal yang menguatkan konsep peremuan memiliki banyak identitas dalam kehidupan sosial.

Dari segi potongan, Rama Dauhan menampilkan berbagai macam kemeja dengan volume yang berbeda-beda, dress, celana, rok dengan detail unik dan manis, jaket dengan ragam ukuran, serta jas yang bisa dijadikan outer wear. Detail seperti pita, ruffle, renda, patch embroidery, pleats matahari, pleats ombak, dan pleats lipit kecil menjadi detail unik yang menarik perhatian. Sentuhan detil kecil pada setiap koleksi ready to wear ini membuat kesan yang muda namun tetap aesthetic.

Lanjutkan Membaca ↓