Jangan Asal, Begini Cara Merawat Gaun Linen Agar Tidak Cepat Rusak

Vinsensia Dianawanti28 Jun 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi gaun linen

Fimela.com, Jakarta Cuaca hangat yang belakangan ini terjadi menjadikan gaun linen dibutuhkan. Gaun linen sendiri menjadi salah satu kain favorit di musim panas karena dikenal ringan. Terbuat dari tanaman rami, serat linen kuat dan tahan lama. Inilah yang membuat gaun ini membantu tubuh mengatur suhumnya.

Sayangnya, banyak orang tidak memahami cara merawatnya dengan benar. Melansir dari Real Simple, perlu kecermatan ketika merawat gaun linen. Seperti apa cara yang tepat?

1. Gunakan air dingin

Ketika mencuci gaun linen, gunakan air dingin. Ini juga biasanya tertera pada tag pakaiannya. Jika tidak terlalu kotor, kamu bisa menggunakan steamer atau dijemur begitu untuk menyegarkan pakaian.

Cara merawat gaun linen

Ilustrasi gaun linen
Ilustrasi gaun linen (Foto: instagram.com/hoomaniceclt)

2. Jangan dikeringkan menggunakan pengering

Jangan pernah mengeringkan gaun atau pakaian berbahan linen dengan pengering dalam mesin cuci. Ini bisa merusak pakaian yang membuatnya menjadi mengerut. Lebih baik celupkan pakaian pada cairan sabun selama 10 menit. Kemudian gantung hingga kering. Kain akan terasa lebih lembut.

3. Setrika dalam ke luar

Ketika menyetrika gaun atau pakaian berbahan linen, jangan pernah langsung dikenakan pada setrika. Ini bisa menghilangkan kilau dan mematenkan tekstur yang tidak sempurna oada kain. Tempatkan kain di antara pakaian dan setrika untuk menghindari membuatnya terbakar. Setrika sebentar ketika kain masih sedikit basah untuk menghilangkan kerutan membandel.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓