Seragam Pramugari Garuda Indonesia Kado 30 Tahun Anne Avantie Berkarya

Novi Nadya03 Jul 2019, 11:40 WIB
Seragam Pramugari Garuda Indonesia

ringkasan

  • Cita-cita setinggi langit Anne Avantie terjawab dengan rancangan seragam pramugari Garuda Indonesia
  • Seragam pramugari dinamai Kebaya Pertiwi yang memiliki makna filosofis mendalam dan pesan moral
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Anne Avantie membagikan rancangan kebaya terbaru di akun Instagram pribadinya @anneavantieheart, Rabu (3/7). Kali ini desain kebayanya akan mewakili maskapai penerbangan nasional yang dipakai para pramugari Garuda Indonesia.

Anne Avantie menamai seragam pramugari Garuda Indonesia dengan 'Kebaya Pertiwi'. Kebaya Pertiwi sekaligus menjadi kado 30 tahun berkarya Anne Avantie untuk negeri.

Sebab Anne Avantie ditunjuk langsung oleh Garuda Indonesia untuk membuat seragam pramugari bertema Ibu Pertiwi. Keduanya sepakat mengangkat kebaya nasional yang memiliki pesan kuat yang sesuai dengan visi-misi mereka.

"Kami bersama-sama mengangkat kebaya nasional sebagai sebuah pijakan. Setinggi dan sehebat apa pun kita terbang, pijakannya tetap bumi. Bumi kita pertiwi, jadi dinamai Kebaya Pertiwi," ujar Anne Avantie di saat dihubungi via telepon, Rabu (3/7).

Saat kami hubungi, Anne sedang bersiap akan menyambut penerbangan GA 238 di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Di mana menjadi debut seragam pramugari Kebaya Pratiwi yang dirancangnya persembahan karya cinta Anne Avantie untuk Garuda Indonesia. 

 
 
 
View this post on Instagram

Hari ini saya bersyukur.. bangga sekaligus bahagia atas rencana akan diluncurkan perdana KEBAYA PERTIWI persembahan karya cinta Anne avantie untuk GARUDA Indonesia 🇮🇩 . . . hari ini 3 Juli 2019 dalam penerbangan GA 238 jakarta semarang ( 13.25 wib - 14 .45 wib ). 🙏🏻 . . Sungguh saya begitu bangga ... sebuah mimpi setinggi awan akhir nya Tuhan nyatakan dalam kemuliaan Nya ..🙏🏻- . . Semoga KEBAYA PERTIWI semakin membanggakan nama Bangsa dan Tanah Air indonesia 🇮🇩 • • Fotografer : Dewandra Djelantik Make up : @amaliahariawan . . #dewandradjelantik #anneavantieheart #garudaindonesia #garudaindonesiaairlines #angkasapura #30thnapaktilasanneavantie #inspirasianneavantie #officialanneavantie #anneavantieuniform #anneavantiemall #skyteam

A post shared by Anne Avantie Heart (@anneavantieheart) on

Makna Warna Lembut di Balik Seragam Kebaya Pertiwi

Seragam Pramugari Garuda Indonesia
Seragam Pramugari Garuda Indonesia rancangan Anne Avantie (Dok. Anne Avantie)

Dalam proses kreatifnya, Anne merancang kebaya bersiluet Kartini, berwarna lembut dalam semburat merah muda, dan kain batik yang menyempurnakan look terbaru para pramugari. Kebaya Pertiwi juga dilengkapi dengan aksen obi sempur yang menjuntai dan dipermanis dengan bros.

"Dari awal saya berpikir akan merancang dengan warna soft karena secara filosofis pelayanan dengan penuh kelembutan. Saya tidak mengajukan biru seperti warna maskapai karena konotasinya langsung pria, jadi saya buat agak nge-pink," lanjutnya.

Kebaya nasional yang terkesan simpel namun diperkuat dengan filosofis dalam setiap penggarapan. Seperti pemilihan bahan brokat jadul, bordir kembang setaman, serta batik klitik boketan yang memiliki pesan moral.

 

 

Makna Kebaya dan Kain Batik Seragam Pramugari Garuda Indonesia Karya Anne Avantie

Seragam Pramugari Garuda Indonesia
Seragam Pramugari Garuda Indonesia rancangan Anne Avantie (Dok. Anne Avantie)

"Kembang setaman diharapkan menjadi doa spiritual supaya nama Garuda Indonesia selalu mengharumkan bangsa dan negara. Serta motif batik klitik boketan menggambarkan kewibawaan yang bersanding dengan kelembutan," jelasnya.

Pada akhirnya, Anne Avantie bersyukur dan berbangga karena akhirnya Garuda Indonesia memiliki seragam kebaya nasional. Kebaya ini akan melengkapi koleksi seragam pramugari Garuda Indonesia dalam penerbangan khusus.

"Kebaya ini digunakan hanya untuk penerbangan-penerbangan tertentu saja. Seperti misalnya saat melayani flight tamu-tamu domestik atau internasional yang ingin mengangkat kontek lokal. 17 Agustus nanti juga akan ada kejutan," tutupnya.

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓