Pahami Selera Orang Rusia, Ferry Sunarto Kembangkan Fashion Indonesia

Vinsensia Dianawanti08 Jul 2019, 14:00 WIB
Pahami Selera Orang Rusia, Ferry Sunarto Kembangkan Fashion Indonesia

Fimela.com, Jakarta Indonesia yang kaya akan tradisi dan budaya membuat Ferry Sunarto tergerak untuk membawanya ke luar negeri. Sehingga semakin banyak orang yang mencintai budaya Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan membawa UMKM Indonesia untuk mengikuti Festival Indonesia Rusia.

Sudah tiga kali dilaksanakan sejak 2016, Ferry Sunarto membina UMKM Fashion Indonesia agar membuat produk yang sesuai dengan selera orang Rusia. Menurut Ferry Sunarto, banyak orang Rusia yang mencintai Indonesia. Dengan mengangkat bidang fashion, bisa semakin memperkenalkan budaya Indonesia yang begitu banyak.

Dari tahun ke tahun, Ferry Sunarto pun mempelajari bagaimana selera dan karakter orang Rusia dalam dunia fashion. Dari hasil pengamatannya, orang Rusia lebih menyukai pakaian sophisticated.

Berbeda dengan Amerika Serikat yang identik dengan street style, Rusia justru lebih suka dengan pakaian yang fashionable namun tidak terlalu berat ketika digunakan. Baik dari segi warna, potongan, hingga bahan yang digunakan.

 

Selera orang Rusia yang simple namun memiliki filosofis

Pahami Selera Orang Rusia, Ferry Sunarto Kembangkan Fashion Indonesia
Ferry Sunarto melakukan riset soal selera orang Rusia untuk hadirkan fashion terbaik di Festival Indonesia (Foto: Ferry Sunarto)

Untuk warna sendiri, orang Rusia tidak suka warna cerah. Mereka cenderung lebih melirik warna pastel yang lebih soft dengan nuansa yang romantis. Sementara dari segi bahan, orang Rusia justru tidak menyukai bahan yang terlalu berat. Padahal di Rusia memiliki musim dingin yang cukup panjang.

Dari segi potongan pun, orang Rusia menyukai potongan yang simple dengan tidak terlalu banyak detail namun tetap berkelas. Akan lebih digemari lagi jika pakaian tersebut cukup fungsional.

Tradisi dan budaya Indonesia yang sarat akan makna membuat orang Rusia tertarik. Karena pada dasarnya, mereka akan merasa kagum dan takjub dengan kesenian etnik yang memiliki sesuatu yang filosofis. Sehingga membawa batik dan tenun ke Rusia menjadi pilihan yang tepat.

Di Festival Indonesia Rusia kali ini, Ferry Sunarto mengambil nuansa Sulawesi Tenggara yang belum banyak diketahui orang Rusia. Mereka lebih akrab dengan Bali dan Batik. Sehingga Festival Indonesia Rusia tahun ini menjadi momen yang pas untuk semakin memperkenalkan ragam tradisi di Indonesia.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓