Kim Kardashian Menangi Kasus Gaun Emas Raup Ganti Rugi Rp38 Miliar

Novi Nadya05 Jul 2019, 10:00 WIB
[Fimela] Kim Kardashian

Fimela.com, Jakarta Kim Kardashian kembali menghasilkan pundi-pundi dengan meraup 2,7 juta Dolar AS sebagai ganti rugi pada merek fashion asal Inggris Missguided yang melakukan aksi plagiat pada gaun emasnya. Dalam gugatannya, istri Kanye West tersebut menyebut merek fast fashion tersebut menjual gaun versi tiruan banyak penampilan selebritas, tak hanya dirinya.

Kasus gaun emas ini berawal pada Februari 2019 saat Kim Kardashian mem-posting foto dirinya memakai gaun gold rancangan Kanye West. Rupanya foto tersebut bukan hanya bermaksud mempromosikan, namun memberi teguran pada Missguided yang terlihat pada caption.

Dalam foto dress yang memiliki aksi cutout pada bagian abs dan super high-slit tersebut ia menyindir retailer fast fashion untuk tidak meniru dress dan menjualnya dengan harga murah. Bahkan sebelum dress tersebut dirilis secara resmi baik online atau offline.

"P.S, fast fashion brands, can you please wait until I wear this in real life before you knock it off?" begitu caption Kim Kardashian. Lantas bagaimana reaksi Missguided?

 

Tak Terima Ditantang Balik

[Bintang] Kim Kardashian
Ini adalah tahun kedua Kim Kardashian hadir tanpa Kanye West secara berturut-turut. (JAMIE MCCARTHY / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Sayangnya peringatan tersebut juga tidak diindahkan oleh Missguided. Sebaliknya, melansir dari bussinessinsider, mereka malah menantang balik ibu tiga anak tersebut karena secara terang-terangan tetap memproduksi dan menjualnya tanpa permisi. 

Atas upaya plagiat secara sengaja, perusahaan fast-fashion yang bermarkas di Manchester itu diganjar memberikan ganti rugi 2,7 Dolar AS atau sekitar Rp38 miliar serta tambahan biaya hukum 59 ribu Dolar AS oleh Hakim Virginia A. Phillips dari Pengadilan Disktrik AS untuk Distrik Tengah California. Serta memutuskan Missguided terlarang menggunakan merek dagang Kardashian West.

"Sehubungan dengan penjualan, pemasaran, atau distribusi produk-produknya," ujarnya.

 

 

Ganti Rugi Lebih Kecil dari Tuntutan

Awalnya Kim Kardashian menggungat dan menuntut brand fast-fashion tersebut senilai 10 juta Dolar AS. Kim geram dengan unggahan Missguided yang menyinggung langsung dirinya saat mereka memasarkan gaun emas jiplakan.

"The devil works hard but Missguided works harder @kimkardashian you've only got a few days before this drops online," tulis Missguided di akun Instagramnya yang kini sudah dihapus. 

#GrowFearless with FIMELA 

Lanjutkan Membaca ↓