Sukses

Fashion

Ternyata, Kebiasaan Berbelanja Fashion di Dominasi Lewat Aplikasi Mobile

Fimela.com, Jakarta Seiring meningkatnya jumlah transaksi online secara eksponensial, online shopping telah menjadi bagian dari gaya hidup para konsumen. Kemudahan dalam mencari, membeli dan menerima barang melalui berbagai metode pengiriman, serta banyaknya pilihan yang tersedia mendorong konsumen untuk melakukan lebih banyak transaksi secara online daripada sebelumnya. Mengacu pada data yang telah dikumpulkan dari bulan Januari hingga Juni 2019, platform online fashion dan gaya hidup terkemuka, Zilingo, membagikan beberapa hasil penemuannya mengenai kebiasaan belanja pelanggannya pada paruh pertama 2019.

Zilingo berkomitmen untuk menempatkan pelanggan kami sebagai pusat dari bisnis kami. Melalui laporan ini, kami ingin membagikan hal yang telah kami pelajari mengenai pelanggan kami dan berharap untuk dapat mengeksplorasi bagaimana kami dapat memenuhi kebutuhan mereka denganlebih baik,” ujar Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing, Zilingo. “Kami juga ingin berterimakasih kepada para pelanggan kami Zilingo sebagai platform pilihan untuk kebutuhan fashion dan gaya hidup mereka.”

Kebisaan berbelanja online didominasi melalui aplikasi mobile

1. Produk fesyen tetap menjadi kategori yang paling banyak dibeli

Sebagai destinasi utama dalam hal fashion dan gaya hidup, tidak mengejutkan jika pakaian dan aksesoris fashion menjadi prioritas utama pelanggan kami ketika mengunjungi dan berbelanja di Zilingo. Lima kategori teratas yang terjual pada semester pertama 2019 adalah pakaian (31,11%), sepatu (20,23%), kebutuhan rumah tangga (11,46%), pakaian Muslim(9,19%), serta tas dan dompet (5,43%). Selain itu, data juga menunjukkan bahwa parapelanggan mulai membeli lebih banyak barang untuk kebutuhan rumah mereka seperti keperluan kamar tidur, dekorasi rumah serta penyimpanan untuk pakaian dan sepatu, yang menjadikan Zilingo sebagai platform lengkap untuk memenuhi kebutuhan fashion dan gaya hidup mereka.

2. Pelanggan laki-laki semakin peduli dengan penampilan

Lebih dari 40% pelanggan Zilingo adalah pria dengan pilihan busana paling digemari, yaitu kaos dan kemeja polo (14,75%), sandal (8,34%), sepatu (8,14%), pakaian kasual (7,39%),dan kemeja formal (5,95%).Sebagai perbandingan, hampir 60% pelanggan Zilingo adalah wanita dan lima produk yangpaling banyak dibeli adalah flat shoes (7,84%), sepatu kasual (7,81%), sandal (6,81%),atasan dan tunik (6,72%), serta legging (6,63%).

Hasil survey terhadaap kebiasaan berbelanja

3. Ponsel dan tablet semakin populer untuk keperluan belanja online

Smartphone dan tablet kian memudahkan pembeli untuk mencari produk dan menemukan ulasan dari pelanggan lain sebelum melakukan transaksi. Tren ini juga populer diantara para pelanggan Zilingo yang 85% diantaranya melakukan transaksi langsung melalui aplikasi mobil eZilingo. Sebagian besar transaksi juga terjadi saat istirahat makan siang antara jam 12 - 2 siang atau selepas jam kerja antara jam 6 sore - 8 malam. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi sebuah rutinitas yang pelanggan lakukan dalam waktu luang mereka.

4. Pelanggan dari pulau Jawa mendominasi pembelian

Lebih dari 50% transaksi di Zilingo berasal dari pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat.Menyusul di tempat kedua dan ketiga adalah Sumatera dan Sulawesi. Jika ditelaahberdasarkan kota, Medan berada di posisi pertama sebagai kota dengan jumlah pesanan terbesar, diikuti oleh Surabaya, dan Bekasi.

5. Pelanggan lebih memilih fitur pembayaran ‘Cash on Delivery’

Sebagai salah satu dari sebagian kecil platform e-commerce yang menawarkan layanan 'Cashon Delivery' (COD), Zilingo meringankan salah satu tantangan pelanggan ketika berbelanjasecara online. Fitur COD ini terbukti diterima dengan baik oleh pelanggan Zilingo karenasebagian besar pembelian di Zilingo menggunakan fitur pembayaran ini. Melalui COD,pelanggan yang minim atau tanpa akses ke bank tetap dapat membeli keperluan fesyen favoritmereka dimanapun mereka berada. Pelanggan juga dapat memeriksa produk yang dibelisecara langsung sebelum membayarnya. Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan tingkatpemahaman yang lebih tinggi antara Zilingo dan pelanggannya.

Kebiasaan berbelanja online

Sarah menambahkan, “Paruh pertama tahun 2019 merupakan waktu yang mengasyikkan bagi pelanggan kami di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa kampanye terbesar pada tahun 2019termasuk #BelanjaVersiGue di Ramadan Ini untuk para pelanggan kami di Indonesia, kami berharap dapat terus meningkatkan pengalaman belanja pelanggan kami melalui penawaran dan inisiatif pemasaran kami. Kami optimis untuk menyambut paruh kedua tahun 2019 yang akan datang!”Mengawali paruh kedua tahun ini, Zilingo kembali hadir untuk merayakan musim panas Anda dengan penuh gaya.

Pelanggan dapat menantikan promosi yang luar biasa di setiap minggu pada bulan Juli Flash Sale “Happy Hour” dari Zilingo akan berlaku setiap hari Senin dari jam 1 siang sampai dengan 4 sore dengan diskon epik hingga 50% (hingga Rp 50 ribu). Semakin banyak berbelanja, semakin tinggi kesempatan Anda untuk memenangkan uang tunai dengan total Rp 10 juta, voucher Zilingo,dan 3 iPhone XR!Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.zilingo.com/id-id dan unduh aplikasi seluler resmi untukperangkat berbasis Android dan iOS di Singapura, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading