10 Look Keluarga Kerjaan Inggris Paling Kontroversial Sepanjang Masa

Novi Nadya23 Jul 2019, 09:00 WIB
20170617-Kate Middleton di Parade Kerajaan-AFP

ringkasan

  • Putri Diana dikenal menjadi pioner busana modern yang melanggar aturan kerajaan yang diikuti dua menantunya
  • Kate Middleton dan Meghan Markle bersaing dalam urusan mematahkan aturan kerajaan, siapa paling banyak?
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Para Perempuan anggota Kerajaan Inggris masuk dalam daftar sosok yang paling banyak difoto sepanjang masa. Sebab itu, wajib hukumnya bagi mereka untuk memoles penampilan dengan profesional.

Namun, seiring bergantinya generasi, tampilan para perempuan kerajaan belakangan tampil lebih kasual. Mereka telah mengadopsi cara berpakaian era baru yang tak jarang mengabaikan aturan gaya kerajaan yang dianggap ketinggalan zaman.

Termasuk saat masuknya Meghan Markle, mantan selebritas yang menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris saat menikah dengan Pangeran Harry. Hingga kini, Meghan lebih berani melanggar aturan fashion yang dibuat Ratu Elizabeth dan pasti akan banyak lagi di masa yang akan datang.

Meski banyak orang yang senang melihat para perempuan kerajaan Inggris semakin stylish dan mengikuti mode, namun penampilan pilihan mereka telah menyebabkan kontroversi selama bertahun-tahun karena terlalu melanggar batas. Berikut 15 penampilan kerajaan paling kontroversial sepanjang masa:

10. Skinny Jeans

Kate Middleton Kunjungi Klub Aston Villa
Duchess of Cambridge, Kate Middleton mengunjungi markas klub sepakbola Aston Villa di Birmingham, Rabu (22/11). Kate tampil sporty dengan kaos hitam dan skinny jeans senada dipadu jaket ski merah yang tebal dari Perfect Moment. (AP Photo/Pool)

Kate Middleton hadir merevolusi standar mode keluarga kerajaan saat ia menjadi istri Pangeran William terutama soal pakaian kasual. Sebelum Kate, sangat langka melihat anggota keluarga Kerajaan Inggris memakai skinny jeans.

Namun, hingga kini Kate konsisten memakai skinny, ia mengakali dengan warna formal, hitam. Polesan warna gelap pelan-pelan diterima oleh kerajaan setelah sebelumnya menjadi kontroversial.

9. Gaun Hitam Putri Diana

Putri Diana
Putri Diana dan Ronald Reagan (Wikimedia.org)

Putri Diana dikenal sebagai 'People's Princess' karena sikapnya yang mudah ditemui dan penuh kasih sayang. Sebelumnya, para bangsawan dikenal sulit didekati dan selalu berjarak, sehingga kepribadian Diana membawa perubahan dalam kerajaan.

Sayangnya, dalam penampilan publik pertama Diana, ia memilih busana yang mengejutkan, terutama bagi Pangeran Charles. Dalam sebuah film dokumenter eksklusif, Diana mengakui jika Charles memarahinya karena memakai gaun tersebut dalam penampilan pertama usai pertunangan.

Bukan hanya karena pilihan warna hitam yang jarang dipakai anggota keluarga kerajaan. Namun karena belahan dada yang terlalu kelihatan.

8. Meghan Markle dalam Setelan All Black

Meghan Markle
Duchess of Sussex, Meghan Markle seusai mengunjungi Association of Commonwealth Universities (ACU) di London, Kamis (31/1). Meghan tampil dalam balutan coat hitam rancangan Givenchy untuk membungkus dress dengan rok lipit. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Meghan Markle melanjutkan warisan Putri Diana saat memakai busana serba hitam selama penampilan publiknya. Padahal, Ratu Elizabeth telah menyarankan para perempuan kerajaan harus memakai busana berwarna cerah untuk memastikan terlihat menonjol.

Padahal, hitam selalu menjadi salah satu warna modern yang paling stylish. Jadi, Meghan dan Putri Diana rasanya memutuskan untuk melanggar aturan tersebut demi memakai baju hitam. Siap takut?

7. Kostum Halloween Kate Middleton

Kate Middleton dan Pangeran William sempat menjalani fase putus cinta dalam waktu singkat pada tahun 2017 sebelum Halloween. Tiba-tiba Kate Middleton tampil dengan kostum penyihir dengan mini dress dan cape yang seksi.

Konon ide tersebut datang dari sang ibu yang menyuruhnya tampil dan memamerkan busananya pada William. Namun rencana tersebut tampaknya berhasil dan keduanya kembali bersama beberapa bulan kemudian pada Juli 2008.

6. Hemline Putri Diana

Putri Diana
Diana, Princess of Wales pada sebuah upacara untuk Palang Merah di Washington. (AFP PHOTO / JAMAL A. WILSON)

Kesederhanaan adalah aturan gaya kerajaan yang telah berlangsung selama beberapa generasi dan masih ada sampai sekarang. Namun, tingkat low-profile telah bergeser dan dipercaya jika Lady Diana menjadi pionirnya.

Busananya lebih berani ketimbang para bangsawan sebelumnya yang membuka jalan bagi hemline yang lebih trendi. Terutama setelan suit dengan rok midi yang kini jadi seragam anggota keluarga kerajaan.

 

5. Meghan Markle Messy Bun

Pangeran Harry-Meghan Markle
Calon istri Pangeran Harry, Meghan Markle merapihkan rambutnya saat menghadiri latihan tim Inggris untuk Invictus Games Sydney 2018 di University of Bath, (6/4). (AP Photo/Frank Augstein)

Berdasarkan aturan Ratu Elizabeth, penataan rambut harus dipoles sempurna dan diikuti oleh Putri Diana serta Kate Middleton. Namun Meghan Markle memutuskan untuk tampil dengan tatanan rambut berbeda.

Beberapa kali ia terlihat tampil dengan cepol yang tidak rapi dan helaian rambut berantakan yang membingkai wajahnya. Hal itu menyebabkan kontroversi dengan keluarga kerajaan dan publik.

4. Busana pertunangan Putri Diana

Biasanya para bangsawan memilik merek desainer berbasis di Inggris untuk penampilan publik. Tetapi Diana malah melanggarnya saat mengumumkan pertunangan dengan Pangeran Charles.

Dress-nya dikabarkan diambil pada menit-menit terakhir department store Harrods tutup. Kuat dugaan calon Putri tersebut mencoba mengunjungi butik kelas atas Belville Sassoon tetapi disarankan oleh sales assistant untuk mengunjungi toko lebih ramah budget.

3. Meghan Markle Pants Over Dresses

Selama beberapa dekade, para perempuan kerajaan keluar mengenakan rok atau dress untuk menghadiri acara publik. Kate Middleton mematahkan standar ini dengan jeans skinny.

Tetapi Meghan Markle memilih tampil beda, ia memakai celana dan dress secara bersamaan. Ia mengubah aturan konvensional kerajaan menjadi kontemporer yang menyebabkan beberapa kontroversi.

 
 
 
View this post on Instagram

Kate Middleton and Meghan Markle just had their second twinning moment — this time, in a retro ’90s grunge print–tartan. #katemiddletonnews On Tuesday, Middleton recycled the old favorite, a tartan coat dress by McQ by Alexander McQueen, to open the V&A Dundee design museum in Scotland. It was a fitting sartorial choice by the duchess, as the specific green, blue and black is Black Watch tartan, a heritage print from Scotland. She finished the look with a matching green scarf and Manu Atelier handbag. Middleton was first seen in the look during a 2012 to visit St. Andrew’s School in Berkshire, England, and then once more over Christmas in 2013. #katemiddletoncoat Meghan Markle's black tartan long coat is from Burberry. The retail price is US$2,895 #blackwatchtartan #meghanmarklecoat . . . . . . . #katemiddleton #replikate #replikates #katemiddletonstyle #royalfashion #duchessofcambridge #duchessonabudget #duchesskatemiddleton #katemiddletondress #duchess #duchesskate #dresslikeaduchess #britshroyalfamily #kateofcambridge #royalfashion

A post shared by Duchess On A Budget (@duchessonabudget19) on

2. Tiara Emerald Putri Diana

Dari sekian banyak busana berani yang dipakai sebagai pernyataan fashionnya, ini adalah penampilan yang paling kontroversial. Putri Diana nekat memakai kalung zamrud berkilau hadiah dari Ratu Elizabeth sebagai tiara.

Ratu Elizabeth menghadiahkan kalung tersebut pada tahun 1953 sebagai hadiah pernikahan setelah mewarisinya dari Ratu Mary. Bagaimana perasaan ratu membayangkan kalungnya dijadikan tiara?

1. Wedges Kate Middleton

Kate Middleton Main Bareng Anak-Anaknya di Taman
Kate Middleton menghadiri acara amal Kerajaan Inggris bertajuk Maserati Royal Charity Polo Trophy di Beaufort Polo Club, Gloucestershire, Minggu (10/6). Kate pun menyempurnakan penampilannya dengan sepasang wedges rancangan Russell & Bromley. (AP Photo)

Ratu Elizabeth secara terang-terangan mengakui jika membenci sepatu model wedges yang menjadi favorit Kate Middleton. Namun setelah dinasihati, Kate meminimalisir wedges-nya dan mengganti dengan stiletto sederhana.

Namun ia tetap tidak bisa menahan hasrat untuk memakainya saat musim panas. Yang penting selama tidak ada Ratu Elizabeth dalam satu acara yang sama, dia tetap memakai wedges kesayangannya.

Simak Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓