Sukses

Fashion

Tidak Lagi Bersinar, Ini 5 Tips Cegah Perhiasan Mutira Jadi Kusam

ringkasan

  • Mutiara merupakan salah satu perhiasan berharga, setelah emas dan berlian.
  • Tak kalah indah dengan perhiasan lain, mutiara disenangi karena sinar dan kemilaunya.
  • Namun, tanpa perawatan tepat, mutiara juga bisa menjadi kusam.

Fimela.com, Jakarta Mengenakan perhiasan terbuat dari mutiara memang memberikan kesan keanggunan. Mutiara merupakan salah satu perhiasan mahal. Dahulu, mutiara didapatkan dengan cara menyelam ke dasar laut. Para penyelam pada waktu itu tidak memiliki alat khusus untuk bertahan di dalam dasar laut. Karena itulah, mutiara pada masanya merupakan perhiasan yang sangat istimewa dan indah. 

Seiring berjalannya waktu, dunia modern dan kecanggihan teknologi mendorong produksi perhiasan mutiara semakin banyak. Meski begitu, bukan berarti mutiara tidak lagi menjadi perhiasan yang terlupakan. 

Kerap diwariskan turun temurun, keindahan perhiasan mutiara terpancar dari kemilauannya. Namun, tanpa perawatan yang baik, mutiara tersebut bisa saja menjadi kusam. Karena itu, jangan sampai kamu membiarkan mutiaramu yang berharga kehilangan kemilaunya, dengan beberapa langkah perawatan berikut ini. 

Jangan Simpan di Dalam Plastik

Ketika kamu menyimpannya, usahakan kalung, gelang, atau anting mutiaramu berada di dalam sebuah kotak khusus. Permukaan mutiara sangat gemilau, namun mudah tergores. Untuk menghindarinya, simpan di dalam kotak khusus. 

Selain itu, jangan simpan mutiara asli di dalam sebuah plastik. Karena mutiara membutuhkan kelembapan. Plastik akan membuat udara sangat kering dan lama kelamaan membuat mutiara retak. 

Jangan Dipakai Saat Berenang

Mutiara memang sangat keras dan sulit untuk rusak. Namun, jangan pernah mengenakan perhiasan mutiara saat kamu berenang. Kandungan klorin yang ada di dalam kolam renang bisa merusaknya. Selain itu, klorin juga biasanya terdapat di pantai. Selain klorin, jauhkan perhiasanmu dari hairspray, parfum, dan kosmetik lainnya agar tidak cepat rusak. 

Jangan Sampai Terkena Air

Air bukan teman yang baik untuk mutiara. Dengan kata lain, jangan pakai perhiasan mutiaramu pada saat mandi, mencuci piring, berenang, atau bahkan pada saat hujan turun. 

Mutiaramu Perlu Beristirahat

Bukan cuma kamu, perhiasan mutiara juga perlu diistirahatkan. Jadi, kalau kamu mengenakan perhiasan mutiaramu seminggu sekali, istirahatkan paling tidak setiap 2-3 tahun atau setahun sekali. Caranya dengan melepas setiap mutiara dari talinya satu persatu dan simpan di atas kain sutra. Pastikan masing-masing mutiara tidak bersentuhan satu sama lain. 

Cara Membersihkan

Meskipun tidak kotor, kamu juga tetap harus membersihkannya secara berkala. Caranya, dengan mengelap satu per satu mutiaramu menggunakan kain yang lembut. Sehingga, mutiaramu akan selalu bersinar dan tidak pernah kusam. 

Selamat merawat mutiaramu, Sahabat Fimela!

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading