Isabel Toledo, Desainer Favorit Michelle Obama Tutup Usia

Nabila Mecadinisa27 Agu 2019, 13:00 WIB
Isabel Toledo

Fimela.com, Jakarta Berita mengejutkan baru saja datang dari Industri fashion. Satu lagi insan berbakat, sang perancang handal Isabel Toledo, tutup usia akibat kanker payudara yang dideritanya. Meninggal di usia 59 tahun, semasa hidupnya, sang desainer ini telah banyak mewarnai industri fashion dunia. Lahir di Kuba pada tahun 1961, dan pindah ke New York, serta menghabiskan masa remajanya di New Jersey, sejak kecil ketertarikan di industri fashion sudah menjadi passion-nya.

Untuk menyempurnakan impiannya tersebut, ia mengemban pendidikan di Institute of Technology and Parsons School of Design, namun sayang ia tidak menyelesaikan studinya tersebut. Ia berhasil mempresentasikan koleksi pertamanya di tahun 1985. Bahkan di awal kariernya ia ikut bersama label fashion ternama Fiorucci dan Bergdorf Goodman.

Isabel Toledo

Isabel Toledo
Isabel Toledo (Foto: Instagram/@Toledox2)

Seperti yang dilansir dari Vogue.com, Toledo cepat belajar dan berhasil membuat namanya terkenal di circle fashion dengan keunggulan pada fokus rancangan berbasis craft. Ia selalu menghadirkan permainan teknik yang dipadukan dengan material drapping, yang ditata sedemikian rupa secara elegan dengan teknik jahit dan keahlian lainnya sehingga rancangannya benar-benar melahirkan karya seni yang nyata.

Di tahun 1990, Toledo memamerkan karyanya di sebuah museum. Sebuah konsep unik dan berbeda dari bisanya dengan karya yang lagi-lagi mengedepankan teknik dan individual konsep yang menarik perhatian. Di tahun 2003 karyanya jadi sorotan di ajang karpet merah, sederet selebritas ternama seperti Demi Moore, Debi Mazar, dan Debra Messing, tampil menawan dengan gaun hasil kreasi Toledo.

Tak sampai di situ saja. di tahun 2009 prestasinya semakin nyata! Karyanya dipilih Michelle Obama untuk dikenakan pada upacara inagurasi dengan dress bernuansa lemongrass yellow berpadu material wool serta lace yang sangat cantik.

 

Isabel Toledo

Isabel Toledo
Isabel Toledo (Foto: Instagram/@Toledox2)

Isabel Toledo dan suaminya merupakan pasangan yang sangat cinta dengan dunia seni. Keduanya kerap berkolaborasi menghasilkan karya-karya indah, menjadikan keduanya sebagai artisan favorit di New York. Karya mereka berhasil meraih prestasi dalam menyabet penghargaan Cooper Hewitt National Design Award untuk karyanya di bidang fashion pada tahun 2005.

Keduanya berhasil menghadirkan sebuah pameran yang merupakan paduan antara fashion dan art bertajuk Labor of Love dengan menghadirkan sejumlah instlasi, lukisan, scluptures, yang sangat menginspirasi. Namun kini, seluruh karyanya hanya menjadi sebuah kenangan indah, dan kontribusinya dalam industri fashion akan selalu jadi inspirasi yang sangat berharga.

 

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓