5 Cara Terbaik untuk Memperpanjang Usia Pakaian di Lemari

Vinsensia Dianawanti08 Sep 2019, 11:00 WIB
Program Daur Ulang Pakaian Girlfriend Collective Kurangi Limbah Tekstil

Fimela.com, Jakarta Banyaknya koleksi pakaian dan sepatu tentu akan memenuhi isi lemarimu. Saking banyaknya, beberapa koleksi sempat tidak terpakai karena sudah sempit bahkan rusak.

Memang, memasukkan pakaian yang banyak dalam lemari bisa membuat pakaianmu menjadi cacat dan umurnya menjadi tidak panjang. Melansir dari Real Simple pada Minggu (8/9/2019) kamu bisa melakukan beberapa cara ini agar usia pakaianmu bisa lebih lama di dalam lemari.

1. Pembersihan dengan sangat teliti

Periksa pakaian satu per satu dan putuskan mana yang hendak disimpan dan dibuang atau disumbangkan. Pertimbangannya bisa dilihat melalui ketahanan material kain, model, ukuran, warna, hingga merek pakaiannya.

2. Sewa atau pinjam

Namanya perempuan tidak akan pernah puas untuk memiliki pakaian. Daripada membeli baru dan kembali memenuhi isi lemari kamu, lebih baik pinjam teman atau sewa. Kini banyak layanan sewa pakaian secara online dengan harga yang terjangkau.

 

3. Dijual

Ilustrasi pakaian
Ilustrasi pakaian. Sumber foto: unsplash.com/Lauren Fleischmann.

Dari pakaian dan sepatu yang sudah tidak ingin disimpan, bisa kamu jual dengan harga di bawah standar. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tambahan uang untuk keperluan lainnya. Banyak situs yang menyediakan jasa penampung tas dan pakaian bermerek untuk kemudian dijual kembali atau dijadikan bahan daur ulang.

4. Bersihkan dan perbaiki

Karena penumpukkan pakaian yang terlalu banyak, bisa membuat pakaianmu menjadi ternoda atau kancing yang longgar. Jika kamu masih ingin menyimpan pakaian tersebut, lebih baik perbaiki segera sebelum kamu lupa.

5. Belanja dengan kualitas

Ketika hendak membeli pakaian, jangan sembarangan. Periksa dulu dari segi ukuran, jahitan, kancing, hingga material kain yang digunakan. Jika dirasa semua sudah sempurna dan bisa digunakan dalam waktu panjang, putuskanlah untuk membelinya.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓