Ada Waktu Tertentu Kamu Sebaiknya Tidak Pakai Setelan Jas untuk Wawancara Kerja

Annissa Wulan31 Okt 2019, 11:30 WIB
Ilustrasi setelan jas

Fimela.com, Jakarta Wawancara kerja menjadi momen yang paling menantang, karena kamu harus memberikan kesan pertama yang baik dan berkesan. Banyak hal yang kamu ketahui terlebih dahulu sebelum berangkat wawancara kerja, seperti wawasan seputar perusahaan yang dilamar, juga tentang penampilan terbaik untuk menyesuaikan diri.

Pergi wawancara kerja tidak mengharuskanmu memberikan tampilan yang sangat formal dengan setelan jas, kemeja putih, dan celana kain. Terkadang, tampilan kasual justru sesuai dengan budaya di beberapa perusahaan, seperti perusahaan yang berkaitan dengan bidang kreatif.

Beberapa perusahaan yang inovatif bahkan menganggap setelan jas sebagai tanda ketinggalan zaman. Ketika memilih tampilan saat wawancara kerja, pikirkan juga tugas sehari-hari yang akan kamu lakukan jika diterima bekerja di perusahaan tersebut, seperti dilansir dari huffpost.com, Kamis (31/10/2019).

 

Tips berbusana saat menghadiri wawancara kerja

Perempuan Bekerja
Ilustrasi perempuan bekerja/copyright shutterstock

Selain setelan jas, kamu bisa mencampur antara pakaian formal dan kasual. Untuk perempuan, gunakan blazer di atas blouse sutra, dan padukan dengan jeans solid, serta sepatu flat yang bagus.

Sedangkan untuk pria, gunakan polo berlengan panjang, celana panjang wol, dan sepatu kets putih yang bersih. Penting diingat untuk menggunakan warna-warna netral, seperti biru tua, abu-abu, hitam, dan putih, serta jangan ragu untuk menambahkan aksesori pada tampilanmu.

Intinya, tampilkan sesuatu yang akan memberi kesan pada perusahaan saat kamu melakukan wawancara kerja. Pakaian memang menjadi pertimbangan tersendiri, namun bukan bagian yang paling penting.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Lanjutkan Membaca ↓