Cikal Bakal Desainer Lokal yang Handal Dimulai dari Pendidikan di Sekolah Fashion

Vinsensia Dianawanti06 Nov 2019, 17:00 WIB
Cetak Desainer Lokal yang Handal Dimulai dari Sekolah Fashion

Fimela.com, Jakarta Dunia fashion yang terus berkembang membutuhkan bibit desainer baru untuk bisa bersaing di pasar internasional. Pendidikan formal memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas fashion tanah air. Sehingga hadirlah Paris de la Mode Fashion School yang menjadi sekolah fashion design and business di Kota Tangerang pada awal 2019.

Hadirnya sekolah fashion seperti Paris de la Mode Fashion School bertujuan untuk menciptakan sistem pendidikan fashion dengan standarirasi industri dan teknologi terkini. Lulusannya pun disiapkan untuk menjadi profesional di bidang fashion. Mulai dari desainer, pengajar, hingga entrepreneur bidang fashion yang diarahkan untuk mengangkat budaya Indonesia yang memiliki keragaman inspirasi dan teknik. Untuk kemudian dikombinasikan dengan gaya dan teknik desain dari Paris.

“Paris de la Mode Fashion School mempersiapkan siswa sebagai sumber daya manusia yang memiliki keterampilan yang berkualitas taraf Internasional. Kami akan memastikan bahwa siswa dapat mengembangkan kedua keterampilan penting: Penciptaan dan Produksi yang merupakan keterampilan pendidikan yang komprehensif dan kompeten, serta menguasai teknologi fashion industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dan cyber,” papar Silvia Sujanto, Deputy Principal Paris de la Mode FashionSchool.

Paris de la Mode Fashion School bekerja sama dengan Paris Fashion Divison dan IFA (International Fashion Academy) yang menawarkan program edukasi fashion beserta industri bisnisnya. Sehingga memberikan peluang bagi para siswa untuk memiliki pengalaman belajar dan bekerja di tingkat internasional.

 

Materi yang diajarkan

Cetak Desainer Lokal yang Handal Dimulai dari Sekolah Fashion
Paris de la Mode Fashion School hadir sebagai sekolah fashion untuk mencetak desainer lokal handal (Foto: Paris de la Mode Fashion School)

Dalam sistem pendidikannya, para siswa diberikan pilihan program studi Fashion dan Bisnis Fashion dengan sertifikasi internasional. Fasilitas program lanjutan belajar dan bekerja di industri fashion di Paris serta menciptakan dan mengembangkan lini untuk pasar lokal maupun internasional.

Pada program studi Fashion Design & Creation misalnya, mengajarkan proses kreasi desain dari tingkat dasar. Pengetahuan teoritis dan praktis dengan teknik manual hingga teknologi digital 3D diajarkan di sini.

Ada juga Pattern Making & Production yang mengajarkan pembuatan pola untuk menerjemahkan sketsa gambar hingga menjadi pakaian jadi. Sementara pada Fashion Branding & Business Development, siswa diajarkan untuk mempelajari analisa dan proyeksi tren, menciptakan merek fashion, memulai dan mengembangkan bisnis fashion termasuk manajemen manufaktur dan hukum bisnis.

 

Kelas yang disediakan

Cetak Desainer Lokal yang Handal Dimulai dari Sekolah Fashion
Paris de la Mode Fashion School hadir sebagai sekolah fashion untuk mencetak desainer lokal handal (Foto: Paris de la Mode Fashion School)

Paris de la Mode Fashion School juga dilengkapi dengan Program Class: Intensive Class. Kelas ini terdiri dari program belajar satu tahun yang dirancang untuk para pemula atau yang ingin memperdalam bakat dan minat di bidang fashion. Selain itu, ada juga Program Class: Fashion Alternance Entrepreneur, yakni program pendidikan lanjutan ke Paris hingga magang di Paris dengan terbagi atas periode 6, 9, 12, dan 24 bulan.

Kelas kursus juga disediakan oleh Paris de la Mode Fashion School yang terdiri dari Student Weekend Class. Ini menjadi kelas akhir pekan yang ditujukan bagi siswa yang masih bersekolah namun ingin mendalami bidang fashion. Sementara Executive Class ditujukan bagi pekerja yang ingin menambah keterampilan di bidang fashion dan persiapan sebelum pensiun.

Program kursus ini difokuskan pada materi tentang Fashion Design & Creation serta Pattern Making & Production. Sistem pembelajaran secara one on one dan jumlah siswa dibatasi maksimal 10 siswa perkelas.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

FIMELA FEST 2019 hadir kembali dengan berbagai talk show dan kelas inspiratif, 16-17 November 2019. Daftar untuk mengikuti berbagai kelasnya di sini.

Lanjutkan Membaca ↓