11 Cara Terbaik Mempertahankan Warna Pakaian Putih

Annissa Wulan27 Nov 2019, 08:00 WIB
Ilustrasi pakaian

Fimela.com, Jakarta Pakaian putih mungkin adalah salah satu fashion item yang paling kamu hindari, benar? Namun, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir jika memahami cara mencuci yang tepat.

Dilansir dari purewow.com, Senin (25/11/2019), berikut ini adalah beberapa cara terbaik mempertahankan warna pakaian putih. Penasaran?

1. Menggunakan Oxiclean

Oxyclean adalah produk yang bisa membantumu melawan noda pada pakaian. Kamu bisa mengaplikasikan Oxyclean dengan beberapa cara, seperti mencampurkannya dengan air hangat hingga menjadi teksur pasta dan gosokkan ke noda pada pakaian.

Biarkan setidaknya selama satu jam sampai semalaman. Karena tidak mengandung klorin, Oxyclean memiliki tekstur yang lebih lembut untuk pakaian.

2. Menggunakan cuka putih

Cuka putih dapat bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian putih. Jika kamu terganggu dengan aromanya, coba campurkan setengah cangkir cuka putih dengan deterjen biasa.

3. Menggunakan deodoran alami

Salah satu penyebab noda kuning di ketiak adalah karena kandungan aluminium pada antiperspiran yang bercampur dengan protein keringat. Bergantilah dengan deodoran alami yang tidak mengandung aluminium untuk memperlambat proses penguningan.

4. Menggunakan perasan buah lemon

Mengaplikasikan perasan buah lemon segar pada area yang terkena noda dapat membantu memecah kotoran dan keringat yang tersisa. Atau rendam pakaian di perasan air lemon untuk membantu mengurangi tampilan pakaian yang telah berubah warna.

5. Menggunakan deterjen khusus untuk pakaian berwarna putih

Kandungan khusus pada deterjen seperti boraks sangat baik untuk menghilangkan residu yang tidak diinginkan, seperti kotoran, keringat, dan pewarna. Carilah produk deterjen dengan kandungan boraks, natrium bikarbonat, atau soda kue untuk mencuci pakaian putih.

 

6. Menggunakan sabun cuci piring

Ilustrasi pakaian
Ilustrasi pakaian. Sumber foto: unsplash.com/Lauren Fleischmann.

Ini tidak disarankan untuk dilakukan secara rutin, namun sangat baik dilakukan sebagai pra perawatan. Basahi area pakaian yang terkena noda dan gosok sedikit menggunakan sabun cuci piring, biarkan selama 15 sampai 20 menit.

7. Menggunakan pemutih kapas 100%

Terlalu banyak menggunakan pemutih pakaian sebenarnya bisa menyebabkan pakaian tersebut justru menguning dan memburuk.

8. Menggunakan penghapus

Ada produk penghapus untuk membantu menghilangkan noda seperti tinta atau tumpahan anggur merah atau kopi.

9. Selalu memisahkan pakaian putih dengan pakaian lainnya

Warna dari pakaian lainnya bisa bocor dan mengenai pakaian putihmu. Jika kamu terbiasa mencuci pakaian putih bersama pakaian berwarna lainnya, jangan kaget jika tiba-tiba pakaian tersebut terlihat kusam.

10. Mencuci sedikit demi sedikit

Semakin banyak pakaian yang kamu cuci ke dalam mesin cuci, semakin banyak kotoran yang dilepaskan ke air. Usahakan untuk tidak mencuci terlalu banyak pakaian jika kamu sedang mencuci pakaian putih.

11. Biarkan pakaian kering dengan sendirinya

Jangan pernah melemparkan pakaian putih ke dalam mesin pengering, hindari kebiasaan buruk ini. Biarkan pakaian putih mengering dengan sendirinya.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓