Desain Busana 2020, Tren dan Warna Fashion Ini Cocok Dijadikan Sumber Inspirasi

Iwan Tantomi29 Jan 2020, 13:00 WIB
Desain Busana 2020, Tren dan Warna Fashion Ini Cocok Dijadikan Sumber Inspirasi

Fimela.com, Jakarta Desain busana terus berkembang dari waktu ke waktu. Apalagi hampir setiap tahun, selalu ada saja tren baru. Nggak hanya soal desain busana, warna pun turut memengaruhi bagaimana perkembangan dunia mode saat ini. Meski begitu, ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu ketahui, terutama yang berkaitan dengan desain busana di tahun 2020 ini.

Tren Desain Busana 2020

Tren Desain Busana 2020
©Shutterstock

Sebelum mulai desain busana yang ingin kamu pakai, ketahui tren fashion yang sedang berkembang dan berpeluang bakal booming di tahun 2020. Berdasarkan koleksi spring/summer 2020 berikut beberapa tren desain busana 2020 yang bisa jadi sumber inspirasimu:

1. Crochet

Crochet merupakan istilah untuk pakaian yang dirajut. Banyak sekali koleksi spring/summer 2020 yang mengadopsi desain busana crochet ini. Jika crochet digunakan untuk sweater maupun pakaian yang lebih tertutup saat musim dingin, maka kamu bisa mengaplikasikan crochet dengan desain busana yang lebih terbuka untuk summer.

2. Kerah Super Panjang

Tahun lalu tren ini sempat ramai, untuk menghidupkan unsur retro dan disko, tetapi tren desain busana dengan kerah super panjang diprediksi bakal makin hits di tahun 2020. Kamu bisa memadukannya dengan pattern pants dan statement sunglasses untuk menghidupkan kesan edgy dalam penampilanmu menggunakan pakaian dengan kerah super panjang.

3. Short Pants

Selain atasan, bawahan juga masuk dalam daftar tren desain busana 2020. Salah satunya adalah short pants. Uniknya, di 2020 ini short pants justru hadir sangat pendek. Ini untuk menghidupkan kesan 'berani' bagi perempuan, di samping juga tampak catchy saat dipadukan dengan oversized blouse maupun sweatshirt.

4. Maxi-skirt

Demi menghidupkan kesan simple tetapi tetap elegan, maxi-skirt menjadi salah satu tren desain busana yang digadang hits di 2020. Boleh dibilang maxi-skirt sebenarnya pengembangan dari tulle skirt yang ngetren tahun lalu. Maxi-skirt memberikan kesan rok yang lebih bervolume dan flowy.

5. Polka dot Maxi-dress

Tren desain busana yang juga bakal booming di 2020 adalah polka dot maxi-dress. Motif polka dot sendiri sudah lebih dulu ngetren beberapa tahun terakhir. Selain bisa menghadirkan kesan retro dan timeless, polka dot yang diaplikasikan pada maxi-dress juga bisa bikin kamu makin stylish.

Tren Warna Pendukung Desain Busana 2020

Tren Warna Pendukung Desain Busana 2020
©Shutterstock

Selain desain busana, tren warna juga ikut mengiringi perkembangan fashion tahun ini. Di tahun 2020 ini warna-warna terang dan neon menjadi tren yang mendukung desain busana terbaru. Kamu bisa memilih warna-warna, seperti kuning, biru, oranye, hingga hijau terang untuk padu padan outfit yang kamu kenakan.

Selain itu, warna-warna neon seperti hot-pink juga cocok diaplikasikan untuk blazer dan bermuda pants. Kombinasi tersebut bisa memberimu kesan perempuan yang percaya diri sekaligus playful.

Tips Desain Busana 2020

Tips Desain Busana 2020
©Shutterstock

Setelah mengetahui tren dan warna untuk desain busana di 2020, kamu bisa mulai belajar bikin desain busana sesuai keinginan. Nggak masalah pemula atau bukan, yang terpenting ada kemauan untuk mencoba. Berikut tips belajar desain busana 2020 yang bisa kamu coba.

1. Kuasai Kemampuan Dasar Desain Busana

Hal pertama yang perlu kamu pahami, sekaligus kuasai untuk mulai desain busana adalah hal-hal mendasar seperti menggambar, memahami teknik desain, hingga memahami jenis-jenis mode terkini.

2. Imajinasikan Desain Busana yang Ingin Kamu Rancang

Selain memahami beberapa teknik dasar, kamu juga perlu membiasakan diri untuk mengimajinasikan desain busana yang ingin kamu rancang. Awali dengan menggali inspirasi, kemudian perhatikan jenis kain yang diaplikasikan, baru kemudian sesuaikan dengan warna dan pola pada desain busana yang ingin diterapkan.

3. Gambar Desain Busana Pada Sketsa Orang

Apapun jenis desain busana yang ingin kamu buat, langkah yang nggak kalah penting adalah menerapkannya pada sketsa orang. Inilah yang lazim dilakukan oleh banyak perancang busana. Bikin sketsa dulu, pertebal dengan pena hitam, kemudian warnai desain busana yang sudah dibuat.

4. Mulai Coba Menjahit Desain Busana Sendiri

Setelah desain busana dianggap fix, langkah berikutnya adalah mulai menjahit. Kamu bisa memanfaatkan manekin, untuk mengaplikasikan gambar desain busana dengan ukuran rasional sesuai bentuk tubuh. Supaya lebih gampang, gambar pola pada kertas roti yang lebih lebar. Buat ulang pola tersebut pada kain muslin, lalu jahit rancangan baju sementara tersebut. Lakukan evaluasi, benahi mana yang kurang. Jika desain busana dirasa sudah benar-benar pas, kamu bisa mengaplikasikannya ke kain yang sudah disiapkan.

Aplikasikan Teknologi dalam Desain Busana

Aplikasikan Teknologi dalam Desain Busana
©Shutterstock

Membuat desain busana secara manual di atas kertas memang diperlukan, tetapi ada baiknya kamu juga belajar memanfaatkan beragam teknologi penunjang desain busana. Di samping lebih hemat kertas dan warna, membuat desain busana secara digital juga lebih mudah diedit.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain Adobe Photoshop dan Illustrator. Namun begitu, butuh proses belajar yang intens, dan kadang lama, agar benar-benar bisa menjalankan aplikasi penunjang desain busana tersebut secara lancar. Apalagi jika desain busana ini kebutuhannya mendesak sekali untuk acara tertentu.

Bila sudah begitu, kamu bisa mengandalkan jasa desain busana dari Fastwork untuk sementara waktu, sembari terus mengasah kemampuan desain busana sendiri. Situs tersebut menghadirkan jasa desain busana, kaus, maupun baju dengan motif custom.

Dengan freelance designer yang berpengalaman dan jago banget urusan visual desain busana, Fastwork akan membantumu mewujudkan desain busana yang kamu harapkan. Terlebih harga yang ditawarkan juga kompetitif, jadi kamu bisa pilih mana yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Selain itu, beberapa keuntungan memanfaatkan jasa desain busana di Fastwork adalah barang dijamin 100% selesai. Selain itu, kamu bisa tahu dengan jelas berapa lama waktu pengerjaan dan banyaknya antrean yang sedang dikerjakan freelance designer tersebut, sehingga kamu bisa menentukan pilihan secara tepat.

Paling penting lagi, Fastwork menghadirkan fitur chat & nego untuk memudahkanmu diskusi dengan perancang desain busana yang kamu minati. Di samping itu, Fastwork juga akan memberikan uang kepada freelancer jika pekerjaannya selesai, sehingga transaksi di Fastwork terjamin keamanannya.

Buruan temukan perancang desain busana terbaik di Fastwork lebih lanjut di https://fastwork.id/fashion-design