Tips Membersihkan Jaket Kulit dengan Cara yang Tak Biasa

Annissa Wulan22 Feb 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 22 Feb 2020, 12:00 WIB
Ilustrasi jaket kulit

Fimela.com, Jakarta Jaket kulit telah menjadi satu fashion item populer, apa kamu suka mengenakan jaket kulit sehari-hari? Satu hal yang harus diperhatikan dari perawatan jaket kulit adalah cara mencuci atau membersihkannya.

Mungkin kamu juga sudah tahu bahwa jaket kulit tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Sebelum mulai membersihkannya, pastikan jenis jaket kulit yang kamu miliki dengan memeriksa label fabrikasinya, seperti dilansir dari purewow.com, Sabtu (22/2/2020).

Jika jaket kulitmu terkena noda karena produk pewarna atau pemutih, segera bawa ke profesional untuk dibersihkan, secepat mungkin. Profesional selalu memiliki kemungkinan yang jauh lebih besar untuk membersihkan jaket kulit dengan cara yang tepat, daripada ketika kamu melakukannya sendiri di rumah.

Jika tidak ada noda pada jaket kulit, namun kamu sudah merasakan bau yang melekat, ada sebuah cara yang bisa kamu lakukan. Simak ini.

 

Menyemprotkan cuka

Ilustrasi jaket kulit
Ilustrasi jaket kulit. Sumber foto: unsplash.com/Flemming Fuchs.

Yang kamu butuhkan di sini adalah cuka putih, air, dan botol semprotan. Campurkan semua bahan yang ada, jumlah air yang digunakan harus sama dengan jumlah cuka yang kamu masukkan ke dalam botol.

Semprotkan campuran tersebut ke area jaket kulit yang terkena noda, jangan sampai basah atau lembab, semprotkan tipis-tipis saja. Setelah itu, gantungkan jaket kulit tersebut sampai kering.

Ulangi langkah tersebut sebanyak yang diperlukan. Jika kamu masih merasa ada bau yang tertinggal, ulangi langkah-langkah di atas.

Jika kamu menemukan noda kecil ada di jaket kulit, cobalah untuk melakukan satu cara di bawah ini. Penasaran?

Menggunakan sabun

Ilustrasi jaket kulit
Ilustrasi jaket kulit. Sumber foto: unsplash.com/Flemming Fuchs.

Yang kamu butuhkan adalah sabun, dua buah kain yang lembut, dan air. Basahi kedua kain hanya sampai keduanya lembab, bukan basah.

Gosokkan salah satu kain pada permukaan sabun. Setelah itu, gosokkan kain tersebut di area jaket kulit yang terkena noda dengan gerakan memutar dan tidak terlalu keras.

Gunakan kain bersih lainnya untuk membersihkan sisa kotoran jika ada. Terakhir, biarkan jaket kulit tersebut benar-benar kering.

Penting untuk mengingat beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan pada jaket kulit, seperti jangan pernah menggunakan baking soda, jangan mencelupkan jaket kulit langsung ke dalam air, jangan menunda-nunda untuk membersihkan jaket kulit ketika terkena noda, dan jangan takut untuk menyerahkan proses pembersihkan kepada profesional. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓