Koleksi Gaun Jumputan Palembang dengan Keindahan Warna Musim Gugur

Novi Nadya28 Feb 2020, 11:30 WIB
Gaun Jumputan Palembang Riris Ghofir

Fimela.com, Jakarta Meski Indonesia tidak memiliki musim gugur, namun keindahan warna khasnya terwakili lewat koleksi gaun dari kain Jumputan Palembang rancangan Riris Ghofir. Lewat tema "Autumn Foliage", sebanyak 13 look kain jumputan dalam siluet modern dan aksen dramatis dipresentasikan di Fashion Rhapsody, di Jakarta, Kamis (27/2).

Gradasi pada kain jumputan Palembang yang menjadi material utama mengakomodir inspirasi sang desainer dalam memvisualisasikan keindahan musim gugur.

"Jadi pada musim gugur terjadi proses momiji di mana daun-daun pepohonan berubah warna dari hijau tua, orange, kuning, merah, dan kecokelatan seperti warna dalam koleksi saya," ujar desainer asal Surabaya tersebut.

Salah satu inspirasi Riris adalah warna pohon maple yang memiliki karakteristik unik. Karakteristik dan keunikan dedaunan pohon maple tersebut juga menginfusi koleksinya dengan polesan aksen ruffle di beberapa bagian.

Gaun Jumputan Palembang Riris Ghofir
Desainer Riris Ghofir memoles kain Jumputan Palembang menjadi gaun indah dengan tema "Autumn Foliage"

Zero Waste

Gaun Jumputan Palembang Riris Ghofir
Desainer Riris Ghofir memoles kain Jumputan Palembang menjadi gaun indah dengan tema "Autumn Foliage"

"Seperti pada lengan, dada, badan, dan siluetnya sendiri. Lalu saya juga menambahkan layering dan aksen payet serta bordir bagi yang mendambakan tampilan stunning," lanjutnya.

Untuk mewujudkan tampilan menonjol, ia juga memaduka kain jumputan Palembang dengan permainan tile, organza, silk, dan dejes. Kreasi bahan tersebut dimanipulasi membentuk lengan balon, lengan lonceng, dan dramatisasi pada bagian bahu.

Di balik keindahan koleksinya, Riris juga menerapkan karya fashion yang peduli lingkungan dengan menerapkan zero waste. Bahan yang tersisa, ia buat menjadi tas yang disesuaikan dengan desain busana.

 

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓