3 Solusi Merawat Barang Agar Terhindar Dari Bau Yang Tidak Sedap

Imelda Rahma06 Jun 2020, 09:35 WIB
Barang

Fimela.com, Jakarta Pasti ada saja momen menyebalkan dimana barang-barang kesayangan kita seperti tas, sepatu, atau baju yang bermasalah dengan bau. Jika kamu mengalaminya juga maka, kamu perlu merawat barang-barang tersebut dengan cara yang tepat agar terhindar dari bau.

Permasalahan bau ini jangan dianggap sepele karena ketika barang tersebut dipakai pasti akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman karena aromanya yang mengganggu indra penciuman. Selain mengganggu saat dihirup, pastinya kamu yang sedang memakainya juga akan menjadi kurang percaya diri, begitu juga dengan orang-orang disekelilingmu yang bisa saja terganggu.

Apabila tidak dirawat dengan benar, masalah awal yang tadinya hanya aroma bau yang tidak sedap tersebut bisa menjalar hingga mengakibatkan barang tersebut rusak atau terlihat kusam. Akhirnya barang-barang kesayanganmu menjadi tidak awet dan cepat rusak.

Nah, kalau kamu tidak mau momen tersebut sampai terjadi pada barang-barang kesayanganmu maka kamu harus tahu cara merawatnya dengan tepat. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 3 cara merawat barang agar terhindar dari bau yang tidak sedap. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Merawat Sepatu

Cara Merawat Sepatu
Ilustrasi Merawat Sepatu Credit: pexels.com/Mstudio

Pertama, barang yang rawan bermasalah dengan bau adalah sepatu karena bersentuhan langsung dengan kaki dan biasanya rawan bau karena lembap. Pasti kamu pernah memiliki momen yang menyebalkan karena mencium bau-bau yang kurang sedap dari sepatu yang kamu pakai. Jika begitu, maka kamu harus merawatnya dengan cara yang tepat.

Solusi merawat sepatu agar terhindar dari bau yang tidak sedap dimulai dari kebersihan kakimu sendiri karena salah satu penyebab sepatu menjadi bau adalah kuman dan bakteri yang ada pada kaki. Pastikan kamu sudah mencuci kaki dengan benar sebelum memakai sepatu.

Kedua, gunakan antiperspiran kaki seperti, lotion atau deodoran agar aroma kaki sudah dalam keadaan wangi saat memakai sepatu. Gunakan juga bedak setiap kali akan memakai sepatu karena sudah terbukti ampuh dapat mencegah bau yang tidak sedap. Terakhir, kamu bisa menyemprotkan parfum sepatu dimalam hari sebelum kamu memakainya esok hari.

Cara Merawat Tas

Cara Merawat Tas
Ilustrasi Tas Perempuan Credit: pexels.com/Godisable

Kedua, selain sepatu, barang lain yang tidak kalah rawan dari bau yang tidak sedap ialah tas. Pastinya barang yang satu ini adalah barang yang hampir setiap hari kamu bawa, tas disini bisa tas ransel, tas kerja, ataupun tas fashion yang biasa kamu pakai untuk bepergian. Semuanya sama, bisa saja terkena masalah bau karena tidak dirawat atau dibersihkan dengan benar.

Tas yang bau dan berjamur akan mudah rusak, pertama tas akan terlihat kusam karena dipenuhi jamur, setelah itu permukaan kulitnya akan robek. Jika kamu ingin tas kesayanganmu yang biasa dipakai sehari-hari tidak mudah rusak dan tetap awet maka kamu harus merawatnya dengan benar.

Solusi untuk merawat tas agar tidak bau adalah dengan rajin mencucinya. Namun, tidak semua tas harus selalu dicuci karena beda bahan tas beda lagi perawatannya. Secara umum, terutama untuk tas ransel misalnya, kamu harus mencucinya sekiranya tas tersebut sudah sering kamu pakai dan terlihat kusam.

Cara mencuci tas yang benar dimulai dari mengosongkan isinya, sesudah itu mulai membersihkannya dari bagian luarnya dulu. Bersihkan dengan cairan sabun cuci piring dengan cuka putih, masukkan caira tersebut dalam botol semprot kecil lalu semprotkan pada tas terutama pada bagian yang ada noda membandelnya. Bilas dengan air bersih

Jika sudah, kini saatnya membersihkan bagian dalamnya, caranya balikkan tas sehingga bagian luarnya berada dalam dan begitu sebaliknya. Setelah itu semprotkan sedikit pewangi diseluruh bagiannya untuk menghilangkan bau. Kemudian gantungkan tas pada jemuran dan biarkan mongering.

Merawat Pakaian

Merawat Pakaian
Ilustrasi Baju Credit: pexels.com/Kai

Ketiga, selain sepatu dan tas, barang yang sering kamu gunakan adalah pakaian atau baju. Jangan salah, biarpun kamu sudah mencucinya dengan deterjen di mesin cuci atau kamu cuci dengan tangan, pakaian masih bisa berbau. Bahkan bau dari pakaian ini sangat menyengat dan pasti membuatmu yang memakainya tidak merasa nyaman dan percaya diri.

Bau yang ada pada pakaian itu karena adanya bakteri dan jamur yang menempel. Selain itu, pakaian yang belum terbilas dengan bersih sehingga sisa deterjen masih menempel juag bisa menyebabkan bau. Kondisi yang paling rawan membuat pakaian menjadi bau apek juga bisa disebabkan karena kita mencuci malam hari sehingga tidak mendapatkan banyak sinar matahari dan baju kita belum kering sepenuhnya.

Nah, jika sudah begitu maka kamu harus tahu solusi yang tepat agar pakaianmu terbebas dari bau yang tidak sedap. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan baking soda. Mudah saja kamu hanya perlu menaburkannya pada pakaian yang berbau apek lalu diamkan semalaman. Sesudahnya, cuci baju tersebut dan jemur.

Cara lainnya bisa dengan menggunakan cuka karena pakaian yang direndam pada rendaman air cuka bisa menghilangkan bau. Campurkan dua sendok makan cuka dengan satu sendok makan deterjen dan air hangat. Rendam pakaian yang berbau selama 15-30 menit. Jika sudah cuci seperti biasa lalu keringkan.

Lanjutkan Membaca ↓