Sukses

Fashion

Tetap Tampil Stylish Saat New Normal dengan Masker Kain Bernuansa Indonesia

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 secara global berdampak pada banyak sektor bisnis, tak terkecuali industri fashion. Namun, kondisi tersebut tidak menghalangi kreativitas para desainer Indonesia untuk tetap berkarya agar bisnis dapat tetap berjalan.

Dengan diterapkan physical distancing dan diberlakukan aturan Pemerintah untuk selalu menjaga jarak dan memakai masker guna mengurangi penyebaran Covid-19, masker kain telah menjadi bagian penting dalam gaya hidup masyarakat. Para desainer di tanah air pun berupaya menciptakan kreasi baru dalam masker kain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa pandemi dan menghadapi era new normal. Salah satunya desainer tanah air Ferry Sunarto.  

“Pandemi ini mempengaruhi semua lini usaha. Tetapi kita tidak boleh patah semangat. Dalam situasi ini tetap ada peluang untuk mengembangkan bisnis dan tangan-tangan terampil di rumah produksi kita masih bisa bekerja. Kita harus yakin pandemi ini akan berlalu. Indonesia harus bangkit, Indonesia harus maju, didukung bangga pakai produk dalam negeri. Dengan kekompakan dan kreativitas, kita bisa menghasilkan sesuatu yang di luar dugaan,” kata Ferry Sunarto.

Desainer asal Bandung ini membuat masker reversible atau bisa digunakan bolak-balik untuk dipakai selama menjalani new normal. Masker didesain dengan potongan bahan yang terbagi menjadi beberapa bagian yang berjarak, namun dipadukan dengan komposisi teknik jahit khusus sehingga menjadi sesuatu yang harmoni.

Ferry merancang dua koleksi masker kain untuk menjalani new normal dengan mengangkat identitas Indonesia. Koleksi pertama adalah masker kain berwarna merah putih dengan logo Burung Garuda yang melambangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mengingatkan kita agar lebih mencintai Indonesia. Tersedia dua pilihan warna logo, yaitu merah dan emas. Khusus warna emas untuk kalangan terbatas.

Koleksi kedua adalah masker kain dengan menggunakan keindahan wastra Nusantara yang telah diakui oleh dunia, yaitu kain batik dalam beragam pilihan motif, mulai dari klasik hingga kontemporer. Kain batik yang digunakan merupakan hasil kerjasama dengan generasi penerus Ondomohen Batik, brand batik Jawa Timur yang berkualitas dan telah berdiri sejak tahun 1952.

“Indonesia kaya akan budaya. Batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah mendapatkan apresiasi dunia harus kita kembangkan bukan hanya sebagai busana, melainkan bermacam produk pendukung fashion, seperti masker. Dengan membuat masker, kami berharap dapat memberikan dampak yang positif terhadap new normal yang selalu mewajibkan penggunaan masker sebagai protokol kesehatan,” papar Ferry.

 

Bantuan untuk penanganan virus corona

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap ekonomi dunia. Mengakibatkan banyak orang yang kehilangan pekerjaan sehingga hidup semakin kekurangan. Ferry bersama Ondomohen Batik berkomitmen untuk mendonasikan sebagian hasil penjualan masker kepada pihak yang sangat membutuhkan berupa sembako dan kebutuhan lainnya.

Aksi kemanusiaan juga telah dilakukan Ferry dengan membuat Alat Pelindung Diri (APD) serta mengalang donasi untuk kebutuhan tenaga medis. Sekitar 30.000 APD telah disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Jakarta dan Bandung yang menangani Covid-19.

 

Koleksi khusus untuk new normal

Terinspirasi pula oleh pandemi global ini, Ferry terus berinovasi dengan segera meluncurkan sebuah label Pandemio x ferrysunarto yang ditujukan untuk kaum urban modern yang sangat mengerti pentingnya menjaga kesehatan dalam memasuki era new normal.

Koleksi ini terdiri dari masker, jaket, dan topi yang akan dirancang fashionable dengan harga yang terjangkau. Serta menggunakan bahan kreasi tekstil Jawa Barat yang memenuhi standar kesehatan, seperti bahan antibakteri dan tahan air. Tentunya kita sangat menunggu koleksi ini segera hadir.

Ferry berharap dalam situasi pandemi ini, muncul kesadaran lebih dari masyarakat untuk menjalani anjuran Pemerintah agar selalu memakai masker di tempat umum, menjaga jarak, dan mencuci tangan, untuk menjaga kesehatan kita dan orang-orang tercinta di sekitar kita.

“Dengan kesadaran ini, kita bersama menopang Indonesia agar segera bangkit dari pandemi di tanah air yang kita cintai. Roda ekonomi akan kembali pulih jika kita semua sadar mengikuti himbauan Pemerintah,” tutupnya.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading