4 Cara Merawat Pakaian Putih agar Tidak Kusam dan Cepat Kotor

Imelda Rahma03 Jul 2020, 16:35 WIB
Pakaian Putih

Fimela.com, Jakarta Banyak orang menghindari pakaian berwarna putih karena dianggap warnanya cepat kusam dan mudah kotor. Maka dari itu, tidak heran orang akan lebih memilih warna lain seperti merah atau hitam untuk mencari aman agar tidak mudah terlihat kusam dan juga kotor. Padahal jika tahu cara merawatnya, pakaian putih tetap bisa digunakan sehari-hari dengan nyaman.

Beberapa permasalahan pakaian putih yang sering dialami banyak orang adalah warnanya yang mudah menguning sehingga terlihat tidak bersih dan cerah lagi, mudah kotor karena noda setipis apapun akan mudah terlihat di pakaian berwarna putih, belum lagi jika salah perawatan, serat kainnya juga mudah robek.

Hal-hal tersebut akhirnya membuat banyak orang malas menggunakan pakaian berwarna putih atau sekalinya dipakai pasti untuk beberapa kesempatan tertentu saja. Pakaian putih sendiri sebenarnya memberi kesan yang anggun dan elegan saat dipakai, orang yang memakai baju berwarna putih biasanya auranya lebih terpancar.

Nah, buat kamu yang malas memakai pakaian berwarna putih karena tidak tahu cara merawatnya bisa melihat ulasan berikut ini. Fimela.com akan membagikan informasi 4 cara merawat pakaian putih agar tidak kusam dan cepat kotor. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Jangan Terlalu Sering Memakai Larutan Pemutih

Jangan Terlalu Sering Memakai Larutan Pemutih
Ilustrasi Mencuci Pakaian Credit: pexels.com/pixabay

Cara merawat pakaian putih yang pertama agar tidak kusam dan cepat kotor ialah jangan terlalu sering menggunakan larutan pemutih. Ada pemahaman yang keliru soal memakai larutan pemutih yang harus selalu dipakai setiap mencuci pakaian putih. Pakaian putih yang terlalu sering dicuci dengan larutan pemutih justru akan lebih cepat menguning dan terlihat kusam.

Sebaiknya kurangi pemakaian larutan pemutih saat mencuci pakaian putih. Pakai larutan putih hanya ketika baju putih yang kamu kenakan dalam keadaan sangat kotor atau terkena noda yang sulit dihilangkan, barulah dicoba dengan larutan pemutih agar noda dapat terangkat. Memakai pemutih pakaian terlalu sering juga bisa merusak serat kain dari baju itu sendiri.

Pisahkan Pakaian Putih saat Dicuci

Pisahkan Pakaian Putih saat Dicuci
Ilustrasi Mencuci Pakaian Credit: pexels.com/pixabay

Kedua, cara merawat pakaian putih agar tidak kusam dan cepat kotor pastinya tidak boleh kelunturan warna. Kerap kali karena tidak sengaja atau lupa kamu mencampur pakaian putih dengan pakaian berwarna lainnya yang mudah luntur hingga pakaian putih yang menjadi korbannya.

Jika tidak ingin terjadi kelunturan warna pada pakaian putih maka selalu pisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna lainnya saat akan dicuci. Jangan semuanya dimasukkan ke mesin cuci karena rawan pakaian putih tercampur dengan warna lain. Pisahkan dan sebaiknya dicuci secara khusus tidak menggunakan mesin tetapi dikucek dengan tangan langsung pasti lebih aman.

Jangan Dijemur di Tempat yang Terlalu Panas

Jangan Dijemur di Tempat yang Terlalu Panas
Ilustrasi Jemuran Pakaian Putih Credit: pexels.com/Skitterphoto

Ketiga, agar warna putih pada pakaian tidak cepat menguning dan kusam ada baiknya kamu memilih tempat menjemur yang sengatan panasnya ringan saja alias tidak terlalu panas. Sengatan matahari pada pakaian putih saat dijemur bisa membuat pakaian menguning lebih cepat. Lebih baik kamu menjemurnya dihalaman belakang rumah yang atapnya tertutup setengah sehingga cahaya matahari tidak langsung mengenai pakaian secara maksimal.

Perhatikan juga gantungan ataupun kawat jemuran yang kamu pakai untuk menjrmur pakaian putih. Gantungan ataupun kawat yang sudah berkarat atau berdebu pastinya akan membuat pakaian putih menjadi kotor. Oleh karena itu, pastikan tempat menjemurnya tidak berkarat atau berdebu sehingga tidak menodai pakaian.

Disetrika dengan Panas yang Medium

Disetrika dengan Panas yang Medium
Ilustrasi Menyetrika Pakaian Putih Credit: pexels.com/pixabay

Terakhir, cara merawat pakaian putih agar tidak kusam dan cepat kotor adalah mengatur panas setrika sebelum menyetrika pakaian putih. Usahakan panas setrika dalam kondisi yang medium, artinya panasnya tidak begitu tinggi agar tidak merusak warna dan juga serat pakaian putih.

Kemudian saat menyetrika pakaian putih sebaiknya gerakannya tidak kamu tekan agar baju terlihat sangat rapih. Gerakan menekan ini yang bisa memberikan noda-noda pada pakaian putih. Setrika seperti biasa dan jangan terlalu lama membiarkan setrikaan berhenti atau menempel pada permukaan pakaian putih, dikhawatirkan panasnya dapat merusak dan merobek kain.

Lanjutkan Membaca ↓