Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pakai dengan Baju Adat Sabu NTT

Nabila Mecadinisa14 Agu 2020, 12:30 WIB
Jokowi Serahkan Nota Keuangan dan RUU APBN 2020 kepada DPR

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi yang terjadi, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menggelar sidang tahunan di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Jakarta, pada Jumat (14/8/2020).

Seperti yang dikutip dari Liputan6.com, Jokowi menghadiri sidang tahunan dengan menggunakan baju adat daerah Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada kesempatan ini, Jokowi akan berpidato sebanyak dua kali. Pertama, di sidang bersama DPR RI dan DPD RI dan juga akan pidato kenegaraan Presiden Jokowi bakal digelar lebih sederhana dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini mengingat masih mewabahnya virus corona di Indonesia.

Mengenakan baju adat

Jokowi menggunakan baju adat NTT saat menghadiri Sidang Tahunan MPR.
Jokowi menggunakan baju adat NTT saat menghadiri Sidang Tahunan MPR. (Istimewa)

Pakaian adat yang dikenakan oleh Jokowi berasal dari Suku Sabu, NTT. Aksen selendang tenun di bahu membuat busana khas pria ini terlihat mewah. Tak ketinggalan, dester pengikat kepala yang terbuat dari tenun memiliki makna tersendiri.

Destar ikat kepala tersebut melambangkan kebesaran atau kehormatan. Jokowi juga mengenakan ikat pinggang khas, yang melengkapi baju adatnya kali ini.

Di tengah pandemi virus corona yang melanda, Jokowi juga menerapkan protokol kesehatan, dengan mengenakan masker yang kini jadi aturan wajib untuk dipakai saat beraktivitas.

 

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menghadiri sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓