Mengangkat Filosofi Bali, Brand Lokal Aksu Sukses Tampilkan Koleksinya di Paris Fashion Week

Nabila Mecadinisa16 Okt 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 08:00 WIB
Aksu

Fimela.com, Jakarta Akar Suara atau dikenal dengan AKSU merupakan brand karya anak bangsa yang kembali memeriahkan panggung fashion Indonesia. Kali ini, prestasi berhasil ditorehkan di Paris Fashion Week. Pekan mode dunia yang selalu jadi pusat perhatian.

Dengan koleksi ready-to-wear terbaru bertajuk "PATEH" koleksi ini hasil kegigihan dari brand yang telah dirintis selama 3 tahun. Presentasi pertama AKSU di ranah internasional digelar secara digital pada Paris Fashion Week 2020 Spring/Summer 2021 pada 5 Oktober 2020 yang lalu. Setiap tahunnya AKSU mengangkat keberagaman budaya di Indonesia. Dan pada tahun ke-4, Bali menjadi tema besar dari koleksi ini yang disebut Bali Aga.

PATEH 2020 adalah koleksi AKSU dengan konsep fashion kasual. Menampilkan 10 look pakaian perempuan, yang sudah tersedia secara Pre-Order di www.aksu.site/

Koleksi PATEH mengangkat bagaimana kehidupan Bali yang harmonis. Antara kesenangan dan kesedihan, kebaikan dan keburukan, yang berjalan dengan seimbang. PATEH adalah istilah lokal yang memiliki arti Sama. Di mana menekankan pada keseimbangan yang dijalani oleh para penduduk Bali asli, Bali Aga.

Para masyarakat Bali selalu menghargai setiap hal, tentu saja ini menjadi filosofi Bali yang disebut denga "Rwa Bhineda" yang membedakan bagaimana dua hal berbeda tercipta dalam keseimbangan kosmik. 

Bermain pada siluet dan eksentuasi detail

Aksu
Aksu mengangkat ciri khas tradisi Bali di dalam koleksinya.

Melalui desain dan siluet, terdapat aksen string, knot, dan lilitan, yang mencerminkan ciri khas orang Balikeharmonisan koneksi dan kebersamaan. Potongan dibuat rapi dan sederhana, dengan pelukan figur terus menerussiluet dan "proporsi penyeimbang" dalam estetika keseluruhan. Pengaruh tradisional juga termasuk BaliRitual Aga; “Perang Pandan” yang berkisah tentang memulihkan perdamaian dan kesucian, serta konsep simetridan kekuatan; berasal dari teknik tenun tekstil “Geringsingan” Bali Aga. Koleksinya menggambarkanwarna-warna tenang namun menarik perhatian yang melambangkan warna khas Bali, dipadukan dengan beragam kain dengan bahan kebanyakan ringan.

Sudah tersedia secara online

Aksu
Aksu mengangkat ciri khas tradisi Bali di dalam koleksinya.

Diselenggarakan oleh Fashion Division (FD) Asia. Europe dan FD Paris - Fashion Career Center pertama di Asia danpenyedia program pengayaan -, koleksi PATEH AKSU di PFW dipamerkan secara digital, bersama dengan empatmerek lokal Indonesia; Var Erte, Hanyutan, ES EM EL dan AM oleh Anggiasari. Show tersebut telah disiarkan diwww.fashionweekonline.com pada 6PM (Paris Time) / 11PM (Jakarta Time) 5 Oktober 2020,di Château de Bourron, Prancis. Sahabat Fimela juga bisa menonton secara online di Channel Youtube Fashion Division (Judul Video: FASHION DIVISION ASIA.EUROPE DIGITAL SHOW - SS2021 Château de Bourron).

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓