Sukses

Fashion

5 Penyebab Bau Pakaian yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Meskipun telah dicuci, pakaian bisa saja tetap mengeluarkan bau-bau yang tidak sedap saat sudah mongering. Tentunya hal ini membuat kamu bertanya-tanya dan bingung. Ingat, masalah bau pakaian ini jangan dianggap sepele karena dampaknya juga besar untukmu. Pertama, kamu jadi merasa tidak percaya diri dan baunya bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman sampai menutup hidung dan menjauh.

Nah, jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, tentunya kamu harus tahu apa penyebab baju selalu mengeluarkan bau meskipun telah dicuci dengan bersih bahkan telah merendamkannya dengan pewangi pakaian. Ketika kamu mengetahui penyebabnya, kamu jadi paham untuk menghindari cara mencuci pakaian yang menyebabkan bau.

Secara umum, bau pakaian sendiri biasanya disebabkan oleh kuman dan bakteri yang menempel pada baju. Namun, sebenarnya ada kondisi atau situasi lain yang menyebabkan pakaianmu tetap bau meskipun telah dibersihkan dan sayangnya hal ini jarang disadari oleh kebanyakan orang.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab bau pakaian yang jarang disadari. Informasi ini tentunya akan sangat berguna untuk kamu yang sedang bermasalah dengan bau pakaian. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Proses Pengeringan Pakaian yang Tidak Maksimal

Pertama, penyebab bau pakaian yang jarang disadari ialah proses pengeringan pakaian yang tidak maksimal. Tentunya hal ini sering dialami saat musim hujan karena suhu yang lembap membuat pakaian jadi lebih lama mongering. Alhasil, pakaian pakaian yang belum kering rentan dihinggapi jamur dan bakteri, dan memicu bau apek.

Sebaiknya saat musim hujan, kamu memprediksi dan mengamati waktu yang tepat untuk menjemur pakaian, terutama saat sengatan matahari muncul, tentu hal ini dapat membantu mempercepat proses pengeringan pakaian. Jika pakaian belum benar-benar kering sebaiknya ditunggu dulu sampai mongering dengan sempurna untuk menghindari bau.

Proses Mencuci yang Tidak Maksimal

Kedua, penyebab bau pakaian yang jarang disadari berikutnya ialah ketika kamu tidak mencuci baju secara bersih. Maksudnya ialah saat kamu tidak membilasnya dengan bersih, bisa juga karena kamu terlalu sedikit menggunakan deterjen dan merendam pakaiannya terlalu lama sehingga menyebabkan bau pakaian menjadi tidak sedap.

Maka dari itu, cara agar menghindari bau pakaian dari proses mencuci bisa dengan memisahkan pakaian sesuai jenis bahan atau berdasarkan kepekatan noda yang ada didalam pakaian, sehingga penggunaan deterjen bisa menyesuaikan. Kemudian, untuk perendaman sebaiknya jangan terlalu lama, 15 menit sampai 30 menit saja sudah cukup.

Proses Menyetrika Pakaian yang Tidak Benar

Ketiga, faktor lain yang menyebabkan bau pakaian selain proses pengeringan dan mencuci ialah proses menyetrikanya. Kamu perlu tahu bahwa menyetrika dengan tidak tepat bisa menyebabkan pakaian menjadi bau apek. Kondisi alat setrika yang tidak bersih atau terlalu panas dapat menyebabkan pakaian mengeluarkan bau-bau yang tidak sedap.

Oleh karena itu, pada saat menyetrika, sebaiknya kamu memiliki tempat khusus agar baju menjadi lebih rapih. Pastikan juga permukaan setrika tidak kotor sehingga tidak menyebabkan bau dan usahakan atur kepanasannya sedang saja, jangan terlalu panas. Kemudian yang tidak kalah penting ialah jangan mendiamkan setrika terlalu lama di pakaian agar pakaian tidak robek atau rusak.

Penggunaan Pewangi Pakaian yang Berlebihan

Keempat, penyebab bau pakaian lainnya yang jarang disadari ialah penggunaan pewangi pakaian yang berlebihan. Memang untuk mengantisipasi bau pakaian agar lebih wangi pasti kamu akan menyemprotkan pewangi pakaian pada saat menyetrika atau merendam pakaian sesudah dicuci, namun jika penggunaannya berlebihan justru menyebabkan pakaian menjadi bau.

Maka, usahakan kamu menggunakan pewangi pakaian secukupnya saja. Kemudian, hal lainnya yang perlu diperhatikan ialah tidak menimpa pakaian yang belum kering dengan pewangi pakaian lalu disetrika, kebiasaan itu tidak akan menutupi bau pakaian malah makin memperburuk aromanya.

Cara Menyimpan Pakaian

Terakhir, penyebab bau pakaian yang jarang disadari pada urutan kelima ialah ketika kamu tidak bisa menata pakaian dengan benar. Contohnya, kebiasaan menggabungkan pakaian kotor dengan bersih pasti akan membuat pakaian jadi mudah bau. Tidak hanya pakaian kotor, mencampurkan pakaian habis pakai dengan pakaian bersih saja itu tidak baik.

Maka dari itu, sebaiknya kamu lebih teliti lagi dalam menata pakaianmu agar tidak mudah tercampur dengan pakaian bekas pakai dan pakaian kotor lainnya. Kuman dan bakteri yang ada pada baju kotor dapat mengenai pakaian yang bersih sehingga kuman pun akan ikut hinggap hingga menyebabkan bau.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading