Pakaian Kelunturan? Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

Nabila Mecadinisa26 Okt 2020, 12:30 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 12:30 WIB
Ilustrasi luntur

ringkasan

  • Alkohol dan aseton bisa bantu atasi pakaian luntur saat dicuci.
  • Cuka dan air panas juga bisa jadi alternatif untuk atasi pakaian luntur saat dicuci.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Pakaian yang luntur saat proses pencucian bukanlah hal yang jarang terjadi. Justru seringkali, baju kesayangan luntur akibat proses pencucian yang salah. Daripada panik tanpa solusi, ada sejumlah cara yang bisa jadi siasat terbaik untuk atasi pakaian kesayangan yang luntur.

Dilansir dari Zoereport.com, simak langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan pakaian kesayangan yang luntur.

1. Gunakan baking soda dan detergen

Baking soda dan detergen berguna untuk atasi noda luntur yang ringan. Cek apakah noda pekat atau hanya samar-samar. Jika tidak pekat, maka campurkan baking soda dan detergent, dan cuci area luntur pada pakaian hingga noda hilang sempurna. 

2. Air panas, cuka, dan detergen

Ilustrasi detergen
Ilustrasi detergen

Campurkan cuka dan detergen dengan rasio yang sama, larutkan ke dalam air panas. Jika sudah, rendam pakaian selama 30 menit. Langkah ini efektif atasi noda luntur pada pakaian.

3. Detergen dan air panas

Jika di rumah hanya memiliki detergen, maka rendam pakaian selama 30 menit di dalam air panas yang dicampur detergen. Jika sudah bilas, ulangi proses beberapa kali maksimal selama 3 jam agar noda hilang dan serat pakaian tetap terjaga.

4. Alkohol

Ilustrasi alkohol
ilustrasi alkohol

Alkohol berguna untuk atasi noda tinta pada pakaian. Caranya sangat mudah. Cukup gosok alkohol pada pakaian, dan jika sudah rendam dlam detergen selama 15 menit, lalu bilas. Cara ini sangat efektif untuk atasi noda pada pakaian.

5. Aseton

Sedangkan aseton juga bsa dipakai untuk atasi noda luntur pada pakaian. Tuang aseton pad noda lalu diamkan 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓