Sukses

Fashion

5 Jenis Jam Tangan Wajib Punya Sesuai Fungsi dan Gaya

Fimela.com, Jakarta Jam tangan jadi aksesori yang menyempurnakan penampilan dalam berbagai kesempatan. Sebab itu diciptakan dalam berbagai jenis, seperti untuk melengkapi gaya formal sampai kasual.

Selain model, jam tangan juga mengikuti teknologi yang semakin canggih. Jadi bukan hanya sekadar gaya, namun menunjang kebutuhan si pemakainya.

 

Enggak heran kalau banyak orang yang menjadikan jam tangan sebagai koleksi aksesori. Karena memang punya banyak model dan jenisnya sendiri.

Nah, setidaknya ada lima jenis jam tangan yang penting untuk kita miliki. Apa saja, sih?

1. Jam Tangan Chronograph  

 

Jam Choronograph mempunyai desain yang terlihat rumit namun itu yang membuatnya menjadi lebih menarik dan beda dibandingkan jam klasik biasa. Selain bentuknya yang unik, jam chronograph ini memiliki perbedaan dengan jam pada umumnya.  

Karena  jam  jenis  ini   memadukan   antara   penunjuk   waktu  dan stopwatch, ciri khasnya memiliki 3 tombol disamping kanan sebagai pengendali stopwatch, yaitu tombol start, stop, dan zero-reset yang ada pada sisi samping case. Tipe jam seperti ini sangat pas menemani aktivitas olahraga, kegiatan ekstrem atau menjelajahi hutan, namun tetap cocok diajak belanja ke mal.

2. Jam Tangan Quartz

 

Quartz itu ternyata bukan merek melainkan teknologi yang digunakan pada jam untuk menunjukkan jika jam tersebut menggunakan mesin yang berbasis elektronik. quartz berasal dari sebuah nama mineral kristal, silikon dioksida, yang ditemukan berlimpah dalam kerak bumi dan merupakan komponen utama dari pasir disebut kuarsa dalam bahasa Indonesia.

Jam tangan quartz merupakan teknologi yang dapat menghemat daya baterai yang bertahan sampai 100 tahun. Jam tangan yang pas dipakai dalam segala jenis suasana ini juga dikenal memiliki tingkat akurasi tinggi.

3. Jam Tangan Digital

Jam tangan jenis digital menggunakan sistem numerisasi atau angka, sehingga informasi yang didapatkan akurat. Jam tangan ini juga menggunakan sistem LCD (liquid crystal display) sehingga memudahkan kita untuk melihat waktu. 

Biasanya juga dilengkapi penunjuk hari, tanggal dan waktu siang dan malamn. Bahkan ada yang memiliki fitur lampu sehingga jam ini juga cocok untuk berpergian seperti mendaki gunung.

Jam Digital juga sangat cocok untuk berolahraga, karena memiliki fitur stopwatch juga. Selain berolahraga, jam tangan yang punya bentuk kokoh ini juga jadi teman setia gaya kasual kita.

4. Jam Tangan Pintar (Smartwatch)

Smartwatch adalah salah satu jam tangan paling diminati saat ini yang memiliki banyak fitur dari smartphone. Di awal kemunculannya smartwatch hanya bisa digunakan sebatas untuk mendengarkan lagu saja. 

Namun seiring perkembangan zaman, smartwatch pun memiliki banyak kelebihan lagi. Jam ini dapat melakukan browsing, memesan taksi online, dan semua fitur yang ada di smartphone bisa diaplikasikan di jam ini sehingga Kita tidak perlu lagi repot-repot membuka smartphone yang tersimpan di saku atau dalam tas.

Termasuk untuk ntuk melihat pesan, e-mail atau panggilan telpon masuk. Begitu juga dengan pecinta olahraga yang memakai smartwatch untuk menunjang aktivitasnya seperti mengecek tekanan darah dan jantung.

5. Jam Tangan Otomatis (Self Winding Watch)

 

Jam tangan tipe ini juga disebut dengan nama self-winding watch, yaitu jam tangan mekanik yang tidak memerlukan baterai untuk sumber tenaga penggerak jam tersebut. Jam tangan ini bekerja saat dipakai dari gerakan tubuh kita yang dapat menggerakkan komponen yang bernama Rotor (piringan).

Rotor akan menghasilkan tenaga yang kemudian disalurkan pada per untuk menyimpan tenaga, sehingga jam tangan tersebut akan selalu bekerja selama masih dikenakan. Daya hasil putaran rotor disimpan pada mainspring, yang kemudian disalurkan ke roda-roda gir sehingga jarum jam bergerak menunjukkan waktu.

Jam tangan ini juga dapat menyimpan tenaga jadi pada saat tidak digunakan dapat tetap hidup dan akan mati ketika tenaga yang tersimpan telah habis dan semuanya dilakukan secara mekanikal, tanpa bantuan energi listrik.

Nah, gimana? Sudah makin tahu mau beli jam jenis apa? Kita bisa cek juga ragam jam di Instagram @digitecwatchofficial atau langsung cek di market place favorit kamu.

Simak video berikut ini

#ChangeMaker 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading