Sukses

Fashion

4 Cara Mencuci Sepatu yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Fimela.com, Jakarta Sepatu adalah alas kaki yang memiliki berbagai macam jenis, seperti heels atau sneakers, yang terdapat tali, hak, sol dan lidah. Karena sering digunakan sebagai alas kaki, maka sepatu akan lebih mudah kotor dan warnanya bisa berubah menjadi kusam. Sehingga harus sering dibersihkan atau dicuci.

Untuk membersihkan sepatu juga harus menggunakan cara yang benar. Karena proses mencuci sepatu yang salah, bisa menyebabkan warna sepatu menjadi luntur dan bahannya menjadi rusak. Cara mencuci sepatu harus disesuaikan dengan bahan dari sepatu.

Setiap bahan pada sepatu memiliki cara mencuci dan perawatan yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar sepatu tidak mudah rusak. Berikut cara mencuci sepatu yang benar:

1. Cara Mencuci Sepatu Kulit

Cara mencuci sepatu yang pertama adalah mencuci sepatu yang terbuat dari bahan kulit. Cara mencuci sepatu bahan kulit bisa dengan menggunakan kain lap berbahan katun. Karena jika menggunakan sikat akan merusak tekstur kulit.

Jika terdapat kotoran yang menempel di kulit sepatu, bersihkan dengan sabun atau sampo. Sabun atau sampo memiliki deterjen yang lebih lembut dari pada deterjen biasanya. Selain itu, menggunakan shoe polish juga bisa membantu menghilangkan goresan, yang terdapat pada sepatu berbahan kulit.

Cara mencuci sepatu kulit juga bisa menggunakan bahan dapur. Salah satunya adalah menggunakan air dan cuka. Setelah itu, celupkan kain atau lap pada campuran air tersebut, lalu keringkan dengan dilap kain kering.

 

2. Cara Mencuci Sepatu Patent Leather

Patent Leather adalah jenis sepatu yang berbahan lak atau berbahan mengkilap. Walaupun bahannya hampir sama dengan bahan kulit, tetapi patent leather memiliki bahan yang lebih lembut dan mengkilap. Sehingga cara mencuci sepatu bahan ini harus diperhatikan dengan benar.

Untuk mencuci sepatu berbahan patent leather, gunakan lap yang berbahan lembut agar permukaan sepatu tidak rusak. Lap bisa membantu membersihkan kotoran yang bentuknya besar. Bisa juga menggunakan cotton bud untuk membersihkan area yang kecil atau sempit.

Saat membersihkan kotoran, kamu bisa menggunakan petroleum jelly yang lembut dan membuat sepatu tetap mengkilat. Selain itu, menggunakan spray khusus sepatu atau spray cairan pembersih kaca juga bisa digunakan untuk membuat bahan sepatu tetap mengkilat.

3. Cara Mencuci Sepatu Suede

Mencuci sepatu dengan bahan suede atau bludru harus dengan cara yang hati-hati. Karena bahan bludru ini, sangat mudah rusak dan rontok. Pastikan mencuci sepatu dengan sangat lembut.

Gunakan sikat yang bahannya halus dan lembut untuk mencuci sepatu. Lalu gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung alkohol berlebih. Agar lebih aman, gunakan sikat gigi yang bulunya halus.

Pada saat menyikat, gosokkan sikat dengan gerakan satu arah. Hal ini dilakukan agar tekstur bludru tidak rusak. Untuk kotoran yang membandel, kamu bisa membersihkan dengan air cuka putih.

4. Cara Mencuci Sepatu Kanvas

Sepatu sneakers adalah sepatu yang sering digunakan. Sepatu ini memiliki bahan yang terbuat dari kain kanvas. Bahan ini sangat mudah untuk dibersihkan, seperti kain yang biasanya.

Namun untuk membuat kanvas lebih awet, sebaiknya gunakan air hangat yang di campur dengan sabun. Lalu rendam sepatu sebentar saja. Setelah itu gosok dengan sikat halus secara perlahan.

Sepatu dengan bahan kain kanvas ini juga sangat mudah untuk di keringkan. Bagian sol sepatu bisa dibersihkan dengan diberi air hangat saja. Kemudian keringkan sepatu dengan dijemur, tapi jangan terkena sinar matahari.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading