Sukses

Fashion

Tips Membersihkan Tas dan Sepatu Berbahan Suede serta Cara Menyimpannya

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia fashion, terdiri dari berbagai macam model fashion, yang terbuat dari bahan yang beda-beda. Mulai dari bahan jeans, katun, kulit, suede dan lain sebagainya.

Bahan yang digunakan untuk membuat item fashion, dapat memberikan kesan penampilan yang berbeda-beda. Ada bahan yang membuat penampilanmu terlihat lebih formal ataupun formal.

Bahan suede adalah salah satu bahan untuk membuat item fashion seperti tas dan sepatu, yang bahannya halus, tetapi lumayan susah untuk dibersihkan. Agar kualitas bahan suede tetap terjaga dengan baik dan awet, berikut cara membersihkan tas dan sepatu berbahan suede, serta cara menyimpannya, yang dilansir dari Brilio.net:

Mengenal Bahan Suede

Bahan suede merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat sepatu, tas, jaket dan topi, yang banyak digemari para pecinta fashion.

Hampir sama dengan bahan yang terbuat dari kulit hewan, sebenarnya bahan suede ini juga terbuat dari kulit hewan bagian dalam yang disamak dan diberi warna, yang menyebabkan tekstur bahan suede ini menyerupai kain berbahan beludru.

Bahan suede memiliki tekstur yang lembut dan tidak tebal, sehingga harus berhati-hati jika terkena air. Bahan suede akan mudah rusak saat terkena air.

Bahan suede bisa membuat penggunanya terasa lebih nyaman, karena bahan suede ini tipis, elastis dan memiliki sirkulasi udara yang baik daripada bahan kulit. Namun bahan suede ini sangat mudah kotor tetapi susah untuk dibersihkan.

Cara Membersihkan Tas dan Sepatu Berbahan Suede

Bahan suede memiliki banyak penggemar, karena bahannya tipis dan tidak membuat gerah saat dikenakan. Bahan suede memiliki tekstur lembut, yang harus dibersihkan dengan sangat hati-hati agar tidak mudah rusak. Berikut cara membersihkannya:

Gunakan Sikat Gigi

Jika memiliki tas atau sepatu yang berdebu, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang teksturnya lembut, untuk menyapu debu atau pasir yang menempel. Usahakan dalam keadaan kering tanpa menggunakan air.

Penghapus Khusus Suede

Sebenarnya ada penghapus khusus untuk membersihkan bahan suede, atau yang bisa disebut dengan rubber eraser. Alat ini dapat menghapus noda pada tas dan sepatu berbahan suede. Kamu juga bisa menggunakan penghapus pensil untuk menghapus noda.

Cuka Putih

Cuka putih adalah bahan dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan bahan suede, dengan cara oleskan cuka putih sedikit demi sedikit, ke bagian noda yang menempel pada bahan suede, lalu lap dengan kain yang bahannya lembut.

Bedak

Bedak bisa membantu membersihkan kotoran pada bahan suede, yang terkena cairan atau air, untuk melindungi tekstur suede tetap awet. Caranya dengan menaburi beda bayi di area noda yang basah, diamkan semalaman dan bersihkan setelah mengering.

Cara Menyimpan Bahan Suede

Item fashion yang terbuat dari bahan suede dapat memberikan kesan klasik pada gaya fashion kamu. Selain tas dan sepatu, bahan suede sering digunakan untuk membuat jaket atau topi.

Agar item fashion yang berbahan suede tetap awet dan tahan lama, simpanlah di ruangan yang sejuk dan kering, yang memiliki sirkulasi udara yang baik, agar kelembapan udara dalam ruangan tersebut tetap terjaga.

Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung, dan hindari penggunaan bahan kimia untuk membersihkan bahan suede, agar teksturnya tidak mudah rusak atau mengelupas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading