Sukses

Fashion

Synchronized, Kolaborasi Menawan Spring/Summer PURANA x Hakim Satriyo Bersama Jakarta Fashion Hub

Fimela.com, Jakarta Biarpun di rumah aja selama masa pandemi Covid-19 seperti yang terjadi setahun belakangan ini, bukan berarti nggak ada cara untuk menghasilkan kreasi baru. Banyak inovasi yang bisa dihasilkan seiring dengan waktu yang lebih banyak di rumah saja. Bahkan, perubahan gaya hidup dan kebiasaan baru bisa menjadi ide kolaborasi yang menawan.

Hal ini juga yang dihadirkan lewat koleksi Spring/Summer Synchronized yang merupakan kolaborasi PURANA x Hakim Satriyo yang diluncurkan pada Senin (1/3/2021) di Jakarta Fashion Hub. Menampilkan koleksi unik dengan menggabungkan desain baju dan karya seni fotografi kontemporer, Spring/Summer Syncronized menjelma menjadi koleksi fashion yang layak dinantikan di era new normal seperti sekarang ini.

Inspirasi dari Berkarung-karung Kain Perca

Kolaborasi Nonita Respati bersama fotografer fashion ternama Hakim Satriyo ini bisa dibilang menghasilkan sebuah karya yang terbilang mindblowing. Siapa sangka, ide menciptakan setiap items-nya terinspirasi dari berkarung-karung kain perca yang dilihat Nonita saat mereka melakukan sesi brainstorming.

“Awalnya kami ingin menjadikan potongan kain perca menjadi motif kain baru, namun cara ini tidak akan menghasilkan cukup banyak kain untuk membuat koleksi utuh. Kami lalu memberikan ide kepada Hakim untuk merangkai kain tersebut menjadi sebuah komposisi material untuk difoto dan hasil fotografi tersebut dipakai sebagai motif kain,” cerita founder sekaligus creative director PURANA, Nonita Respati.

Kolaborasi ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Hakim Satriyo. Dikenal sebagai fotografer dengan signature black and white, Hakim dituntut untuk keluar zona nyaman dan bermain dengan sentuhan yang lebih colorful.

Proses Pengolahan Kain Unik untuk Hadirkan Signature Style

Kolaborasi ini bisa dikatakan seru banget karena melibatkan proses pengolahan kain yang nggak biasa. Hakim mengembangkan lagi ide tersebut dengan membekukan kain di lemari es, menyiramnya dengan minyak, menggoreng, merebus, hingga menyobek demi mendapatkan signature pattern untuk karya tersebut. Secara umum, Hakim menjelaskan jika karya Spring/Summer Synchronized ini terbagi atas 4 elemen alam, yaitu air, api, angin, dan bumi.

Fashion Items yang Menyesuaikan Kebutuhan New Normal

Koleksi Spring/Summer Synchronized yang dihadirkan PURANA x Hakim Satriyo ini bisa dibilang sangat relevan dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. Di tengah kebiasaan baru di rumah aja, koleksi tersebut nyaman dipakai untuk beraktivitas di rumah tapi tetap stylish.

Keahlian PURANA dalam meramu homewear leisure ini terlihat dari koleksi kimono dress dan summer coat dress yang bisa digunakan sebagai outerwear maupun gaun. Bagi pecinta motif kalem, PURANA menghadirkan wrap dress bergaya santai dengan detail permainan panel dan pipping yang dipadukan dengan kain tekstur bergaris serta atasan multifungsi yang dipadukan dengan bahan denim.

PURANA juga menghadirkan atasan off shoulder dengan warna pink yang manis dengan paduan ikat pinggang. Ada juga jumpsuit khas PURANA yang nyaman tapi tetap stylish. Semuanya bisa jadi outfit yang nyaman dipakai di rumah, tapi tetap stylish jika akan dipakai keluar rumah setelah pandemi berakhir nanti. Ada juga koleksi unisex yang bisa digunakan perempuan dan laki-laki, lho.

Partnership dengan Asia Pacific Rayon dan Jakarta Fashion Hub

Keunggulan koleksi Spring/Summer Synchronized ini makin menonjol dengan penggunaan bahan utama serat viscose-rayon yang diproduksi oleh Asia Pacific Rayon (APR). Serat yang dihasilkan oleh perusahaan yang berbasis di Provinsi Riau ini 100% berasal dari serat alami, biodegradable, nyaman, dan bertekstur lembut.

Viscose-rayon sendiri memang jadi bahan yang tengah naik daun untuk pembuatan pakaian leisure wear dan diprediksi masih terus menjadi tren selama beberapa musim ke depan.

“Memang pada akhirnya kita harus realistis. Sebenarnya saya juga kangen berkreasi dengan detail dan potongan yang lebih rumit dan baju-baju yang lebih formal. Tapi pengalaman masa awal pandemi mengajarkan kami untuk lebih berfokus pada apa yang dibutuhkan, gaya seperti apa yang menjual dan demand-nya tinggi, namun sekaligus keluar dari tren pajama look yang sudah terlalu marak,” lanjut Nonita.

Kolaborasi PURANA bersama Asia Pasific Rayon (APR) dan Jakarta Fashion Hub sendiri memberikan pengalaman tersendiri sekaligus membuka informasi untuk industri fashion lokal tanah air lainnya. Dijelaskan oleh Head of Marketing Communication APR, Sheila Rachmat, kehadiran Jakarta Fashion Hub yang diinisiasi oleh Asia Pacific Rayon ini bertujuan untuk mendukung ekosistem industri fashion di tanah air.

“Supaya lebih dekat dengan para konsumen, kita dirikan Jakarta Fashion Hub. Ini adalah tempat kolaborasi untuk para pekerja kreatif di industri fashion. Ada coworking space yang bisa digunakan untuk ide awal sampai eksekusi. Kita sediakan meja besar, mesin jahit, mesin obras, sampai kain yang bisa dibeli mulai dari 1 meter aja. Ada juga mini studio untuk foto-foto lookbook. Secara keseluruhan Jakarta Fashion Hub ini Instagramable, jadi spot mana pun menarik untuk foto,” ungkap Sheila.

PURANA menjadi salah satu brand yang datang ke ruang kolaborasi setelah mendengar kerja sama yang dilakukan EUREKA pada acara virtual fashion show yang diinisiasi Jakarta Fashion Hub.

“Aku sangat terbantu karena industri fashion lokal daya belinya masih berimbas. Kita dipersulit dengan aturan nggak bisa bikin offline event. Thanks God, aku pakai semua kain dari APR yang juga one stop shopping. Yang aku suka adalah semua komposisi kainnya ada. Jadi, saat aku ingin impor ke market tertentu itu memudahkan karena ada beberapa market yang minta detail fabric originalnya,” cerita Nonita.

Setelah koleksi Spring/Summer 2021 Syncronized ini rampung, Jakarta Fashion Hub juga menyediakan fasilitas lokasi peluncuran koleksi. JFH sendiri membuka diri untuk berkolaborasi nggak hanya dengan para desainer saja, tapi juga fashion enthusiast lainnya seperti sekolah desain, pelaku startup, bahkan kalangan umum. Tertarik untuk berkarya dan berkolaborasi bersama Jakarta Fashion Hub? Informasi partnership ini bisa diakses di website www.jakartafashionhub.com atau kontak via DM di Instagram @jakartafashionhub.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading